√7 Manfaat Ngeblog Buat Yang Hobi Menulis
Header catatantirta.com

7 Manfaat Ngeblog Buat Yang Hobi Menulis

 Manfaat ngeblog buat yang hobi menulis


Hai Sahabat,

Kalian sudah tahu belum ada manfaat Ngeblog buat yang hobi menulis. Dari hobi menulis, lalu disajikan di blog maka akan melahirkan banyak manfaat loh.

Apa saja manfaat ngeblog buat yang hobi menulis?

Ayo kita obrolin bareng di sini.

Tentang Menulis

Menurut Wikipedia,

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.

Pada awalnya, kegiatan menulis dilakukan menggunakan media kertas dengan menggunakan alat tulis seperti pena atau pensil. Namun, seiring perkembangan jaman dan teknologi, aktivitas menulis bisa dilakukan melalui berbagai media elektronik. Ada berbagai media sosial yang bisa dijadikan media menulis, ada blog, website, dan lain sebagainya. Semua media elektronik tersebut membantu para penulis menghasilkan berbagai karya yang bisa tersimpan dengan mudah. Asalkan ada internet, maka semua bisa diakses dengan sekali sentuh.

Aktivitas menulis bukan hanya merangkai kata-kata menjadi kalimat, rangkaian kalimat menjadi paragraf, dan barisan paragraf menjadi artikel utuh. Seseorang yang punya hobi menulis akan menuangkan isi pikirannya melalui kata-kata. Bahkan seorang penulis menggunakan rangkaian kata sebagai alat komunikasi dengan pembacanya.

Jadi,

"Menulis merupakan kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi dengan menggunakan berbagai media sebagai tempat menuangkan isi pikiran dan komunikasi dengan para pembacanya."

Tentang Blog

Blog merupakan platform online yang bisa kamu gunakan untuk menulis, menyimpan dan menyebar luaskan hasil karya mu. Bukan hanya tulisan, tetapi juga produk atau jasa lainnya.

Seseorang yang senang menulis di blog biasa disebut Blogger. Sedangkan semua aktivitas yang berkaitan dengan blog disebut dengan Blogging atau Ngeblog.

Blogging atau Ngeblog bisa dilakukan oleh perorangan maupun kelompok. Banyak platform atau media online yang memanfaatkan blog sebagai media usaha, seperti iklan, branding, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis blog yang biasa dipakai oleh para blogging untuk berkarya yaitu blogspot, wordpress.com, tumblr, dan lainnya. 

Setiap blogger punya kesukaan platform yang berbeda sebagai media catatan dan publikasi karyanya. Tinggal bagaimana memilih dan mengelolanya dengan baik agar blog yang sudah ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan sesuai tujuan awal pembuatan blog.

Baca lengkap tentang Blog sebagai media catatan online

Manfaat Menulis di Blog

Buat kalian yang punya hobi menulis harus tahu nih kalau ada banyak manfaat menulis di blog. setiap tulisan yang kita buat tentu saja memiliki tujuan dan harapan yang ingin dicapai. Ketika tulisan yang telah kita buat hanya tersimpan untuk diri sendiri, maka akan menjadi tulisan yang biasanya saja. Lain cerita apabila tulisan yang dibuat bisa dibaca dan dinikmati oleh orang lain. Terlebih lagi jika tulisan tersebut bisa memberi kebermanfaatan bagi yang membaca. Maka tulisan kita memiliki arti yang berbeda.

Selain memberi manfaat bagi yang membaca, tulisan yang dipublikasikan juga bisa menghasilkan rupiah apabila di tulis pada media yang tepat. Nah, salah satu media tersebut adalah blog. Ngeblog bagi yang hobi menulis bisa memberikan banyak manfaat loh.

Ini nih 7 manfaat ngeblog buat yang hobi menulis.

7 manfaat ngeblog buat yang hobi menulis


1. Sebagai Tempat Menuangkan Isi Pikiran

Ngeblog bisa menjadi tempat menuangkan isi pikiran dan ide-ide kreatif. Sahabat bisa menulis berbagai informasi. Setiap isi pikiran ini akan tercatat dan terrangkum rapi di blog. Sahabat juga bisa mengolah tulisan tersebut jadi lebih menarik dan membawa manfaat.

Terkadang apa yang kita anggap biasa bisa jadi merupakan sesuatu yang dibutuhkan orang lain. Melalui tulisan kita di blog dan dipublikasikan maka kemungkinan bisa menjawab kebutuhan seseorang. Informasi dan pengetahuan yang kita tuliskan bisa dipakai oleh orang lain yang membutuhkan hal yang tersebut.

Coba juga Cara Membuat Kisah Inspiratif .

2. Meningkatkan Skill Menulis

Seiring kebiasaan ngeblog, maka skill menulis sahabat bisa semakin terasah. Dengan rutin ngeblog, kemampuan menulis sahabat akan semakin meningkat. Tulisan yang dihasilkan pun semakin baik. Komunikasi dengan pembaca juga bisa terjalin lebih baik. 

3. Media Portofolio Online

Blog juga bisa menjadi media portofolio online yang kelak akan diwariskan pada anak cucu. Bahkan sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan jejak digital sebagai bagian dari CV yang diperhitungkan keberadaannya. Rekam jejak digital tersimpan aman di dalam blog.

4. Meluaskan Jaringan

Aktivitas ngeblog bisa membawa kebermanfaat bagi orang lain. Ketika pembaca merasa terbantu dari apa yang kita tulis, maka mereka akan berterima kasih dan mengenal kita lebih dekat. Perkenalan ini menjadi jalan pembuka jaringan yang lebih luas. Bertambah pertemanan, maka membuka peluang untuk meluaskan jaringan dengan orang lain.

5. Menghasilkan Rupiah

Sekarang ini blog menjadi media online yang bisa menghasilkan rupiah. Blog yang sahabat miliki bisa menjadi media iklan dan promosi dari klien dimana akan ada komisi yang didapat dari pemasangan iklan tersebut.

6. Tempat Menjual Produk

Selain iklan, blog juga bisa menjadi tempat untuk menjual produk. Baik itu produk kita sendiri atau produk yang dititipkan oleh klien. Kerja sama yang saling menguntungkan dan tentunya membawa pemasukan bagi blogger.

7. Membangun Rasa Percaya Diri

Ketika tulisan yang sahabat buat memberikan manfaat bagi orang lain kemudian mendapat respon yang baik, maka rasa percaya diri bisa semakin meningkat. Membangun rasa percaya diri ini memang tidak mudah. Perlu usaha yang terus menerus sehingga banyak orang mengakui dan merasakan manfaat tulisan yang kita buat. Maka jangan berhenti menulis dan terus berkarya sebab setiap kata yang disampaikan bisa menjadi ladang pahala yang mengalir terus menerus.

Komitmen 7 manfaat ngeblog buat yang hobi menulis

Komitmen Ngeblog di catatantirta.com

Sebagai blogger pemula, Tirta mulai serius menekuni dunia blogging ketika bergabung dengan Blogspedia Coaching 4. Di sana Tirta belajar semua tentang blogging dari coach Marita Ningtyas dan coach lainnya. Banyak hal baru yang Tirta dapat selama mengikuti kelas coaching tersebut. Bahkan blog catatantirta.com ini merupakan hasil dari belajar di Blogspedia.

Kisah perjalanan Tirta menemukan blog catatantirta.com bisa sahabat intip di tulisan : Akhirnya Aku Menemukan Kalian, Sahabat Tirta.

Buat teman-teman blogger pemula yang bingung harus mulai dari mana untuk ngeblog, kalian bisa dengan konsisten menulis dan gabung di Blogspedia Coaching sesi berikutnya. manfaat ngeblog akan mulai terasa ketika kita konsisten dan terus berusaha menjadi lebih baik.

Saat ini, Tirta masih terus berusaha untuk menghasilkan tulisan yang baik dan bermanfaat. Meningkatkan kualitas dan skill menulis dengan terus belajar dan membiasakan diri untuk konsisten ngeblog. Tirta tidak ingin berhenti belajar dan cepat puas atas apa yang sudah didapat saat ini.

"Jangan Berhenti Belajar Sebab Ilmu Terus Berkembang Sesuai Jaman"  


Seperti yang pernah disampaikan ketika coaching di Blogspedia bahwa pengetahuan di dunia blogging itu selalu berubah dan berkembang sesuai dengan situasi yang ada.
Jadi, jangan berhenti belajar dan mengulik semua pengetahuan tentang blogging dari para blogger senior yang berpengalaman. Jika perlu, ikuti kelas-kelas blogging untuk terus upgrade skill blog sehingga blog bisa berkembang dengan baik.

Oke sahabat, itu tadi 7 manfaat ngeblog buat yang hobi menulis. Jangan berhenti belajar untuk terus menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat. 





Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta