√Cara Membuat Kisah Inspiratif
Header catatantirta.com

Cara Membuat Kisah Inspiratif

Apa Itu Menulis?

Hai Sahabat,

Menulis merupakan aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Setiap hari pasti ada masanya kita menulis. Apalagi sekarang komunikasi daring terasa lebih menyenangkan. Kita bisa berbincang dengan semua orang meski berbeda tempat dan waktu.

Cara membuat kisah inspiratif berdasarkan fakta dan fiksi

Selain menulis dalam bentuk komunikasi dengan orang lain, banyak juga yang memilih menulis sebagai bagian dari passion. Menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Setiap orang bisa menulis. Dapat dipastikan setiap orang berbakat menulis. Selebihnya yang perlu dipelajari adalah teknik menulis, penggunaan kata yang tepat, merangkai bahasa yang sesuai dengan naskah yang kita tulis.

Menulis itu beragam jenisnya dan setiap orang memiliki motivasi yang berbeda dalam hal menulis. Apapun alasannya, semuanya boleh saja sepanjang tujuannya baik. Semua orang bisa menulis tetapi untuk bisa menulis dengan baik harus belajar dan berproses. Karena proses menulis butuh waktu dan ketekunan. Tidak terjadi dalam semalam.

Manfaat Menulis

Manfaat membuat kisah inspiratif yang menyentuh

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari aktivitas menulis yang terus menerus , konsisten dan berkelanjutan.
  • Mendatangkan kebahagiaan
  • Menuangkan ekspresi
  • Menghasilkan rupiah
  • Meningkatkan daya ingat
  • Hidup lebih produktif

1. Mendatangkan Kebahagiaan

Menulis bisa mendatangkan kebahagiaan lahir batin. Kepuasan datang karena bisa menghasilkan sebuah berkarya. Karya yang membuat kita bahagia.

2. Menuangkan Ekspresi

Menulis dapat membantu kita untuk meluapkan emosi yang sedang dirasakan dan pendam. Sahabat bebas membuat tulisan ketika sedang sedih, senang, galau, marah atau lainnya saat tidak bisa bercerita kepada orang lain. Percaya atau tidak, cara ini sangat manjur untuk menuangkan emosi sehingga tidak ada lagi rasa yang terpendam.

3. Menghasilkan Rupiah

Saat ini banyak terbuka peluang untuk menjadikan menulis sebagai profesi yang menghasilkan materi. Pundi-pundi rupiah masuk ke rekening pribadi dari hasil menulis.

4. Meningkatkan daya ingat

Saat proses membuat tulisan, tidak hanya tangan dan mata saja yang bekerja melainkan otak manusia juga ikut bekerja. Otak bekerja mulai saat mencari ide tulisan, penyusunan kerangka tulisan dan sampai tulisan tersebut selesai.
Jika sering digunakan maka otak akan terus bekerja dan menerima banyak informasi baru. Dengan begitu, otak akan selalu aktif sehingga daya ingat juga akan tetap aktif. Otak manusia ibarat seperti otot yang perlu dilatih setiap saat agar tetap kuat. Dengan sering menulis maka bisa terhindar dari penyakit pikun di usia muda.

5. Hidup lebih produktif

Menulis memiliki manfaat yang besar terutama membantu otak manusia lebih fokus untuk merencanakan sebuah kegiatan. Menulis bisa menjadi pemanasan otak sebelum memulai bekerja, jadi saat bekerja otak manusia sudah siap. Tidak perlu menulis yang berat- berat, cukup menulis kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu sampai menjelang tidur kembali.

Menulis Kisah Inspiratif

Kisah inspiratif adalah salah satu dari banyak bentuk tulisan. Jika mengacu pada dua jenis genre besar. yaitu fiksi dan non fiksi maka kisah inspiratif ada di antara keduanya. Ada yang menyebutkan Faksi.
Tulisan faksi dibuat berdasarkan kisah nyata, tetapi dituliskan dengan sentuhan gaya fiksi.
Secara sederhana, kisah inspiratif adalah cerita yang membuat pembaca terinspirasi, termotivasi dan tersentuh.

Secara sederhana pengertian inspiratif adalah sesuatu yang bisa memberikan inspirasi, motivasi atau dorongan untuk mengubah pandangan, perilaku atau melakukan sesuatu. Bisa juga memberikan pemikiran baru atau menyadarkan pembaca akan nilai-nilai kehidupan.

Definisinya adalah sesuatu yang memberikan pengaruh berupa semangat dan kekuatan. Menyadari jika manusia membutuhkan panutan, teladan atau contoh akan nilai kehidupan, akan sesuatu yang terlupakan atau kesadaran tentang banyak hal, maka kisah inspiratif menjadi jenis tulisan yang penting.

Inspirasi bisa juga menjadi ilham, buah dari berbagai pemikiran, dan menyampaikan suatu pemikiran. Pembaca biasa akan menangkap hikmah yang tersirat dari kisah yang dituliskan.

Jadi,

Kisah inspiratif adalah kisah yang ditulis berdasarkan kisah nyata dengan gaya penulisan fiksi dengan membawa pesan moral yang ingin disampaikan.
"Kisah inspiratif ini memberikan inspirasi pada pembaca tentang nilai-nilai posistif, unsur keteladanan, memberikan motivasi, dan membuat pembaca tersentuh."

 

Teknik dan Cara membuat kisah inspiratif

Cara Membuat Kisah Inspiratif

Untuk membuat sebuha kisah inspiratif, sahabat bisa melakukan teknik berikut ini.

1. Sumber Kisah

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat kisah inspiratif adalah menentukan sumber kisah. Sebuah kisah inspiratif bisa berasal dari diri sendiri, orang lain yang kita kenal, atau pihak ketiga.

2. Meminta Ijin

Apabila sumber kisah inspiratif berasal dari orang lain maka sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu.

3. Mengembangkan Kisah

Setelah menentukan sumber yang akan dipakai untuk membuat kisah inspiratif, sahabat bisa mengembangkan kisah tersebut dengan melakukan beberapa improvisasi.

4. Menentukan Sudut Pandang

Cari sudut pandang yang menarik dan mengandung pesan dari sebuah kisah. Karena kisah inpisratif bukan biografi maka tidak perlu semua hal harus tuliskan dengan detail. Ambil satu sisi saja, lalu fokus, dalami, dan gali lalu tuliskan dengan lebih bermakna sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa tercapai.

5. Buat Premis

Premis menjadi dasar pemikiran yang akan menentukan sebuah ide dan tema. Dari premis juga bisa menentukan judul yang tepat dan menarik.

6. Hadirkan Perasaan

Membuat kisah inspiratif akan menarik jika kita menuliskannya dengan sepenuh hati. Hadirkan perasaan dalam rangkaian kata dan kalimat sehingga kisah yang disampaikan bisa menyentuh jiwa pembaca.

7. Rajin Membaca

Sebagai seorang penulis, membaca adalah kunci dari keberhasilan sebuah karya. Dengan banyak membaca maka akan memperbanyak kosakata dan meluaskan wawasan.

Manfaat Membuat Kisah Inspiratif

Sebaik-baiknya tulisan adalah yang bermanfaat bagi orang lain (pembaca). Begitu pula sebuah kisah inspiratif yang tujuan utamanya adalah menebarkan makna positif. Kisah inspiratif diharapkan bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi orang lain. Para pembaca diajak untuk belajar dari sebuah kisah dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.

Melalui inspiratif diharapkan akan lahir ide dan pemikiran baru tentang sebuah kisah kehidupan. Belajar dari kisah orang lain, lalu mengubahnya menjadi pengalaman dan termotivasi untuk melakukan kebaikan-kebaikan

4 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. tulisannya mba tirta mengingatkan saya beberapa tahun lalu, gimana ya cara menulis kisah inspiratif.. eh baru ketemu jawabannya.. thanks mba..

    BalasHapus
  2. mantaaap ilmunya masuk nih...

    BalasHapus