√Tracking Seru Ke Curug Tiris Pisan Village
Header catatantirta.com

Tracking Seru Ke Curug Tiris Pisan Village

Curug Tiris Pisan Village
Hai Sahabat,
Catatantirta mau melanjutkan pengalaman seru ke Tiris Pisan Village.

Sebelumnya sudah Tirta ulas tentang 6 Destinasi Utama di Tiris Pisan Village. Nah kali ini kita akan membagikan pengalaman Keluarga Jejak Lampah tracking ke Curug Tiris Pisan Village.

Sekilas Tentang Tiris Pisan Village

Oke Sahabat. Catatan kali ini diawali dengan sekilas tentang Tiris Pisan Village. Seperti yang sudah Tirta tuliskan sebelumnya bahwa ada 6 Destinasi Utama di Tiris Pisan Village, yaitu :
  1. Glamping
  2. Villa
  3. Camping Ground
  4. Campervan
  5. Meeting Room
  6. Padi Resto & Cafe
Enam destinasi di atas merupakan produk utama di Tiris Pisan Village. Intinya keenamnya itu berbayar dengan harga yang telah ditentukan oleh pihak pengelola. 
Camping di Tiris Pisan Village

Selebihnya adalah fasilitas-fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Umumnya tidak dikenai biaya sebab fasilitas tersebut adalah wajar disediakan oleh sebuah tempat wisata. Namun, ada juga fasilitas lain yang dikenai biaya tambahan seperti sewa bola basket, sewa ATV, belanja di TPV Mart, pemancingan dan juga panahan. Selain fasilitas itu seperti toilet, wastafel, panggung teater, musala, kolam renang, dan playground tidak dikenai biaya alias gratis.

Tiris Pisan Village menjadi objek wisata alam yang wajib banget kalian coba datangi bersama keluarga maupun teman dan sahabat. Lokasinya mudah dijangkau yaitu berada di Jalan Puncak Dua, Sukawangi Puncak 2, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 16830. Sahabat bisa langsung melakukan pencarian alamat di Google map dan akan terhubung langsung dengan rute yang tepat. Dijamin tidak akan tersasar sebab alamat tersebut akurat.

Sedikit catatan saja ketika bergerak ke Tiris Pisan Village, pastikan dulu kendaraan kalian dalam kondisi prima dan bahan bakar penuh. Hal ini berkaitan dengan kontur jalan yang berkelok, naik turun, bergelombang, dan jarang ada pom bensin.

Curug Tiris Pisan Village

Tracking seru ke Tiris Pisan Village
Dari sekian banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Tiris Pisan Village, ada satu lagi destinasi objek yang bisa sahabat sambangi ketika berada di Tiris Pisan Village. Tempat ini bisa menjadi media tracking dan menciptakan pengalaman yang seru serta menyenangkan. Tempat tersebut menjadi Hidden Gym nya Tiris Pisan Village yaitu sebuag curug alami yang ukurannya tidak terlalu besar.

Curug di Tiris Pisan Village ini bisa menjadi target atau titik akhir sebuah perjalanan tracking yang menyenangkan.

Belum ada nama khusus yang disematkan untuk curug alami ini. Kebanyakan pengunjung maupun pengelola menyebutkan Curug Tiris Pisan Village. Ya, kita anggap saja itu nama yang tepat untuk curug alami ini.

Jalur tracking ke curug Tiris Pisan Village

Lokasi curug Tiris Pisan Village sangat dekat dengan area camping. Kontur tanah menuju ke curug menurun perlahan dan tidak curam. Jalan yang harus dilalui pun mudah ditemukan dan diikuti sebab tidak ada jalan lain selain rute menuju ke curug tersebut. Sahabat yang ingin tracking turun ke Curug Tiris Pisan Village hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di curug. Sangat dekat hingga suara air terjunnya bisa terdengar hanya setelah berjalan 5 menit dari area camping.

Sedangkan untuk waktu tempuh naik kembali ke area camping membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 20-30 menit. Ini tergantung kondisi fisik dan stamina masing-masing. Meskipun begitu, sahabat tidak perlu khawatir tidak kuat turun ataupun naik dari curug sebab semua bisa dilakukan dengan santai sambil menikmati alam sekitar.

Tracking Seru Ke Curug Tiris Pisan Village

Main basket di Tiris Pisan Village

Keluarga Jejak Lampah mulai melakukan tracking ke curug Tiris Pisan Village setelah berkeliling seluruh area camping. Kami juga sempat bermain basket di lapangan yang cukup luas dengan menyewa bola basket di resepsionis. Harga sewa bola basket saat itu sebesar Rp. 15.000 / jam.

Selesai berkeliling dan main basket, Keluarga Jejak Lampah bergerak ke area belakang camping. Di sanalah jalan utama menuju curug Tiris Pisan Village. Kondisi jalannya masih berupa tanah dan batu. Dikelilingi oleh belukar dan juga beberapa kebun petani yang cukup luas. Ohya, ketika menyewa bola basket di resepsionis kami sempat menanyakan jalur tracking ke arah curug sehingga kami lebih yakin melangkah ke sana.

Tracking seru ke curug Tiris Pisan Village pun dimulai dengan penuh semangat. Melewati tanaman liar, ilalang yang tumbuh tinggi, dan pohon-pohon khas daerah pegunungan. Jalan yang kami pijak cukup aman dan kering meski telah diguyur hujan kemarin. Kami melangkah mantap untuk melihat pesona curug Tiris Pisan Village.

Sebelum sampai di curug, kami sempat bertemu dengan rombongan keluarga lain yang sudah selesai tracking. Kondisi mereka basah kuyup sebab main air di curug. Kami berbincang sejenak dan saling bertukar imformasi. Keluarga tersebut menjelaskan bahwa jalan selanjutnya harus berhati-hati sebab lebih curam dari jalan sebelumnya. Meski sudah ada tangga berundak yang memudahkan pijakan namun tetap harus melewatinya.

Jalur tracking ke curug Tiris Pisan Village

Ditambah lagi ada satu lokasi menurun tepat sebelum sampai curug yang menukik hingga harus turun dengan berpegangan pada tali. Sudah ada tali yang sengaja disiapkan sebab memang jalan menurun yang cukup tajam. Kami berterima kasih atas informasi yang disampaikan oleh keluarga tersebut. Tracking pun kami lanjutkan tanpa menunda lagi.

Benar saja ada turunan yang terjal. Kami bergantian memegang tali agar aman sampai di bawah. Posisi jalan ini yang paling dekat dengan curug. Jadi rasanya rugi jika tidak melaluinya dan sampai di curug dengan hati bahagia.

Tracking seru ke curug Tiris Pisan Village terbayar dengan keindahan alami curug. Ukurannya memang tidak besar akan tetapi deru air yang jatuh sudah membuat desiran di hati. Rasa puas dan bangga memenuhi ruang jiwa kami sekeluarga. Ini curug pertama yang kami datangi dengan berjalan kaki. Bersama melakukan petualangan kecil yang menyenangkan.

Kondisi Curug Tiris Pisan Village

Kondisi curug Tiris Pisan Village

Sejatinya tidak ada sedikit pun rasa kecewa yang kami rasakan saat tiba di curug Tiris Pisan Village. Hanya saja Keluarga Jejak Lampah memutuskan untuk menikmati curug dari kejauhan saja. Kami tidak berani terjun langsung menyentuh sejuknya air curug.

Kondisi curug Tiris Pisan Village saat itu sangat jernih dan bersih. Benar-benar kondisi curug yang masih alami. Namun justru kelamiahan curug ini yang membuat kami tidak berani menikmati air curug secara langsung. Kami khawatir ada binatang-binatang alam yang berbahaya seperti pacet dan lainnya. Kami juga tidak berani mendekati curug sebab tidak ada penjaga ataupun petugas yang mengawasi pengunjung curug.

Sejujurnya ada rasa yang besar ingin bercengkrama di bawah curug. Sayangnya dengan kondisi dan situasi yang ada rasanya lebih aman jika kami menikmati pesona curug Tiris Pisan Village dari jarak yang aman.

Andai saja curug ini sudah dikelola dengan maksimal, sepertinya akan menjadi keunggulan dari Tiris Pisan Village yang akan menarik minat para pengunjung. Semoga pihak pengelola bisa melihat peluang destinasi menarik dari curug ini.

Pesona Curug Tiris Pisan Village

Pesona curug Tiris Pisan Village

Buat sahabat yang berkunjung ke Tiris Pisan Village wajib banget tracking ke curugnya. Sangat mudah dicapai dan tidak berbayar. Ditambah lagi pesona curug Tiris Pisan Village yang masih alami sangat cocok dinikmati untuk melepas beban-beban di jiwa. Deru air terjun yang turun tanpa henti seolah menjadi aliran rasa atas segala penat yang ada. Irama dan senandung air terjun berkolaborasi dengan binatang-binatang hingga menciptakan harmoni yang indah.

Sahabat akan merasakan kedamaian jiwa ketika menatap curug Tiris Pisan Village. Apalagi jika berani merasakan airnya yang jernih, sejuk, dan bersih. Pasti akan mendapat kepuasan yang tak bisa diungkapkan.

Setelah selesai menikmati keindahan curug Tiris Pisan Village, sahabat akan kembali bertualang mendaki ke area camping. Pendakiannya cukup mudah dan hanya memerlukan usaha yang lebih kuat daripada saat turun di awal. Jalan yang naik ini akan terbayar juga ketika sudah sampai di area camping yang luas dan rapi.

Keunggulan Tiris Pisan Village

Tiris Pisan Village memang tertata sangat rapi dan cantik sehingga di mana pun kita berdiri akan merasakan kenyamanan dan juga keindahan.

Jadi sahabat, jangan ditunda lagi jika ada kesempatan ke Tiris Pisan Village. Dijamin akan membawa hati yang bahagia ketika pulang ke rumah.

Salam jalan-jalan

13 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Pasti jadi pengalaman yang sangat berharga buat anak-anak ya, Mbak, bisa jalan-jalan bersama keluarga. Ada tips agar trekking aman bersama anak-anak, Mbak? Biasanya kan ada anak-anak yang pengen tahu banget, tapi ada juga anak-anak yang mau apa-apa takut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, pengalaman yang berharga buat anak-anak. Sebelum melakukan camping atau kegiatan seperti ini, kami membiasakan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan anak-anak. Menjelaskan rencana kegiatan dan menerangkan situasi dan kondisi akan dihadapi. Dari diskusi ini anak akan lebih siap baik fisik maupun mentalnya.

      Hapus
  2. aiih seru banget nih main sekeluarga di tiris pisan village, jadi pengen pas ke bogor main kesini juga biar jadi kenangan dan belajar anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba di agendakan. Seru bermain dengan alam dan mengukir kenangan yang menyenangkan

      Hapus
  3. Wah aktivitas menginap di glamping ground bareng anak-anak di waktu liburan sepertinua cocom banget nih. Apalagi ada banyakntrnpatblain yang bisa dieksplor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pak. Cocok untuk family time dengan pengalaman baru berinteraksi dengan alam

      Hapus
  4. Dari namanya udah kebayang bakalan tiris ya :D...tp seru jalan-jalan di udara segar kayak gini apalagi kalau akses nya mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akses ke Tiris Pisan cukup mudah, bisa lewat Puncak 2 Bogor, atau jalur utama Puncak, Bogor. Tempatnya juga ramah anak dan nyaman

      Hapus
  5. Wah ternyata cerita villa tiris pisan belum selesai yaaa masih ada hidden gym yg tersembunyi yaitu tracking ke curugnya. Seru banget sihh jadi masih asri ya curugnya belum banyak orang yang kesana..meski jalannya lumayan, tapi terbayar dengan keindahan dan kejernihan airnya 😍

    BalasHapus
  6. Akses mudah jadi poin plus untuk curug ini ya mbak. Sayangnya kurang di notice pihak pengelola Tiris Pisan Village.

    BalasHapus
  7. Wah, komplit sekali ya acara jalan-jalan keluarganya. Camping, olah raga, tracking juga. Pasti seru banget ini. Pastinya sangat berkesan untuk anak-anak ya, Mbak

    BalasHapus
  8. Kalau mau camping tracking gini kepikiran gimana ajak anak-anaknya mba, tapi bisa dicoba ya kapan2

    BalasHapus
  9. Senangnya bisa ngajak anak-anak dan keluarga ke Tiris Pisan Village ini. Anak-anak pasti punya pengalaman berharga kalau kesini. Pengen banget ngerasain glamping nya aku tuh.

    BalasHapus