√6 Destinasi Utama Di Tiris Pisan Village
Header catatantirta.com

6 Destinasi Utama Di Tiris Pisan Village

I.Tiris Pisan Village

Hai Sahabat,

Memasuki libur sekolah sudah punya agenda apa nih?

Biasanya anak-anak punya permintaan khusus untuk mengunjungi satu dua tempat wisata. Atau bisa jadi orang tua sudah merencanakan destinasi tertentu sebagai tujuan liburan.

Nah kali ini catatantirta bersama Keluarga Jejak Lampah mau merekomendasikan tempat camping yang sedang hits nih. Lokasinya di dataran tinggi yang pastinya sejuk dan bebas polusi. Namanya adalah Tiris Pisan Village, Puncak Dua, Bogor, Jawa Barat.

Tentang Tiris Pisan Village

Tiris Pisan Village Puncak Dua Bogor

Keluarga Jejak Lampah menyambangi Tiris Pisan Village di awal bulan Juni 2024. Tepatnya tanggal 07 Juni 2024. Tempat camping yang satu ini sedang populer dikalangan para pecinta camping. Mengapa demikian? Tentu saja sebab Tiris Pisan Village ini memiliki banyak kelebihan yang memikat para pengunjungnya.
Kunjungan Keluarga Jejak Lampah ke Tiris Pisan Village terhitung mendadak seperti tahu bulat.
Tahu bulat, tahu bulat
digoreng dadakan
lima ratusan
dibumbuan saos

Tiris Pisan Village merupakan wisata alam yang cukup lengkap. Berlokasi di daerah Puncak Dua Bogor membuat suasana di Tiris Pisan Village terbilang dingin. Udara yang segar dan pemandangan indah menjadi point pertama yang ditawarkan oleh destinasi ini. Selain itu, Tiris Pisan Village menjadi tempat camping dengan bermacam pilihan. Mulai dari villa, campervan, glamping, pemancingan dan juga outbound. Satu lagi yang menjadi daya tarik utama Tiris Pisan Village yaitu ada curug alami yang bisa dijadikan sebagai media tracking sambil menikmati pemandangan alam yang memesona.

Konsep dari Tiris Pisan Village sendiri adalah aneka jenis camping dan outbond yang menyenangkan. Ditambah dengan area meeting dan juga panggung pentas yang bisa digunakan untuk gathering menjadikan Tiris Pisan Village dipilih oleh banyak orang. Bisa dibilang paket komplit dan lengkap di Tiris Pisan Village ini.

Alamat Tiris Pisan Village

Lokasi Tiris Pisan Village

Daerah Puncak Bogor memang menjadi kumpulan banyak destinasi wisata. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Puncak Bogor itu memiliki jalur alternatif yang disebut Puncak Dua atau Jalan Puncak Dua. Kawasan Puncak Dua ini sebenarnya memiliki bentang alam yang tak kalah indah dengan Puncak Bogor. Hanya saja jalur atau jalan puncak Dua belum sebagus di Puncak Bogor. Bisa dimaklumi sebab jalan Puncak Dua merupakan jalur alternatif yang masih dalam proses pembangunan.

Akan tetapi jika sahabat sudah mengenal Puncak Dua Bogor maka akan terpesona 6Village yaitu berada di Jalan Puncak Dua, Sukawangi Puncak 2, Kecamatan Sukamakmur, kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830. Sahabat tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan ketika menuju ke Tiris Pisan Village sebab cukup memasukkan alamat ke google map maka sudah pasti sampai di tempat dengan tepat dan akurat.

6 Destinasi Utama Di Tiris Pisan Village

Ada banyak destinasi wisata Tiris Pisan Village yang bisa sahabat pilih ketika berkunjung ke sana. Tak perlu khawatir merogoh kocek dalam sebab semua harga dan tarif di Tiris Pisan Village termasuk ramah kantong. Ada destinasi wisata Tiris Pisan Village yang wajib banget kalian coba.
  • Glamping
  • Villa 
  • Camping Ground
  • Campervan
  • Meeting Room
  • Padi Resto & Cafe

1. Glamping

Glamping di Tiris Pisan Village

Glamping di Tiris Pisan memiliki bentuk yang unik. Desainnya dibuat seperti bola yang melekast di tanah. Warna putih mendominasi bagian luar glamping sehingga terlihat mewah dan elegan. Fasilitas di dalam glamping sangat lengkap. Sudah ada meja, kursi, kulkas mini, wastafel, kamar mandi dan toilet serta dilengkapi dengan AC di dalam glamping. Semua fasilitas di dalam glamping sudah komplit seperti di kamar hotel. Jadi sahabat tidak perlu khawatir kekurangan fasilitas selama bermalam di Tiris Pisan Village.

Harga glamping di Tiris Pisan Village bisa langsung dilihat di web resminya atau bisa melalui aplikasi travel lainnya.

2. Villa

Villa di Tiris Pisan Village

Bagi sahabat yang ingin menikmati pesona alam di Tiris Pisan Village bersama dengan keluarga besar maupun teman-teman bisa memilih destinasi villa. Ada dua jenis villa yang bisa menjadi pilihan sahabat bersama keluarga yaitu villa padi dan villa lumbung.

Fasilitas di dalam villa sudah sangat lengkap seperti kasur, kamar mandi, toilet, meja, kursi, handuk, kulkas mini, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk tipe villa berbeda-beda. Semua tergantung dari ukuran dan kapasitas villa yang sahabat pilih.

3. Camping Ground

Camping ground di Tiris Pisan Village

Camping ground menjadi bagian utama destinasi di Tiris Pisan Village. Sahabat yang ingin berkemah di tenda bisa memilih banyak tempat untuk mendirikan tenda. Ada petunjuk khusus yang di pasang untuk menandakan area camping ground. Sahabat bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di Tiris Pisan Village.

Area camping ground juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang bisa dipakai bersama-sama seperti musala, kamar mandi, dan juga toilet.

4. Campervan

Campervan di Tiris Pisan Village

Saat ini campervan menjadi pilihan banyak campingers. Kemudahan campervan menjadi faktor utamanya. Ketika memilih berkemah dengan tipe campervan maka kendaraan yang kita pakai bisa diparkir dekat tenda. Hal ini sangat memudahkan pergeraka saat mendirika tenda ataupun memindahkan barang- barang yang dibawa di dalam mobil.

Keluarga Jejak Lampah lebih senang melakukan campervan sebab lebih mudah mengangkut barang-barang dari mobil ketika berkemah. Apabila ada situasi yang tidak diinginkan seperti hujan lebat atau lainnya, kita bisa langsung berpindah ke kendaraan yang dekat dengan tenda. 

5. Meeting Room

Destinasi utama di Tiris Pisan Village

Destinasi utama di Tiris Pisan Village selanjutnya yaitu meeting room atau ruang pertemuan. Ada ruang pertemuan yang cukup luas dengan perlengkapan memadai. Meeting room ini bisa dimanfaatkan untuk rapat maupun gathering.

6. Padi Resto & Cafe

Padi Resto & Cafe di Tiris Pisan Village

Nah ini nih destinasi utama di Tiris Pisan Village yang membuat pengunjung semakin betah menginap. Resto padi menjadi bagian dari Tiris Pisan Village untuk memberi kesenangan dari versi makanan dan minuman.
Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang ditawarkan di Resto Padi. Mulai dari makanan ringan, makanan berat yang tradisional maupun kekinian. Para pengunjung bisa memiilih beragam jenis hidangan sesuai dengan selera masing-masing.

Tersedia aneka kuliner nusantara seperti bakso, pem mpek, mi ayam, dan juga satai. Berbagai jenis minuman juga tersedia seperti varian kopi, jus, dan wedangan. Bisa dibilang Resto Padi menyajikan minuman dan makanan yang komplit.

Baik itulah 6 destinasi utama di Tiris Pisan Vilage yang menjadi keunggulan dan pilihan bagi pengunjungnya.

14 Fasilitas Umum Di Tiris Pisan Village

  • Musala
  • Pemancingan
  • Kolam Renang
  • Playground Anak
  • Panggung Teater
  • Lapangan Basket
  • Toilet
  • Wastafel Cuci Piring
  • Spot Foto Estetik
  • Tracking Curug
  • Panahan
  • ATV
  • TPV Mart
  • Parkir
Empat belas fasilitas umum di Tiris Pisan Village ini menjadi bagian penting dalam sebuah destinasi wisata. Banyak orang, termasuk kami yang melihat dan mempertimbangkan sebuah tempat hiburan berdasarkan fasilitas umum yang disedikan.

1. Musala

Musala di Tiris Pisan Village
Musala di Tiris Pisan Vilage dibangun cukup luas. Dengan berbahan dara kayu yang dibuat indah memnjadikan musala terlihat unik dan estetik. Perlengkapan salat seperti sajadah, mukena, dan sarung disediakan dalam kondisi yang bersih dan rapi. Begitu pula dengan tempat wudu yang bersih dan air yang jernih juga segar.

2. Pemancingan

Pemancingan di Tiris Pisan Village

Sebuah kolam pemancingan disediakan oleh pihak pengelola Tiris Pisan Village. Lokasinya dekat dengan lapangan basket.Bagi pengunjung yang gemar memancing cocok banget nih mencoba sensasi mancing di pegunungan.

3. Kolam Renang

Kolam renang di Tiris Pisan Village

Sebagai media hiburan dan fasilitas umum di Tiris Pisan Vilage terdapat 2 kolam renang yaitu satu kolam besar yang cukup dalam dan satu kolam kecil yang dangkal. Kolam renang ini tidak dikenai biaya tambahan. Pengunjung bebas berenang dan bermain air di kolam renang.

Kolam renang terletak di lantai atas dari TPV Mart. Ada juga ruang bilas di dekat kolam sehingga memudahkan pengunjung yang ingin bersih-bersih setelah puas bermain air.

4. Playground Anak

Playground di Tiris Pisan Village

Satu set playground anak berdiri cantik dengan warnanya yang ceria. Playgroung anak ini bebas dipakai oleh semua pengunjung. Lokasinya dekat dengan kolam renang dan TPV Mart.

5. Panggung Teater

Panggung teater Tiris Pisan Village
Panggung teater berbentuk setengah lingkaran bisa digunakan sebagai tempat acara, pertunjukan atau gathering. Area ini letaknya dekat dengan musala. Desainnya berundak sehingga penonton atau pengunjung di bagian belakang bisa melihat panggung teater dengan jelas.

6. Lapangan Basket

Lapangan basket di Tiris Pisan Village
Terdapat sebuah lapangan basket yang cukup luas. Pengunjung bisa berolah raga di area ini dengan bebas. Namun untuk bola basketnya dikenai uang sewa sebesar Rp. 15.000 per satu jam berjalan.

7. Toilet

Toilet di Tiris Pisan Village


Fasilitas umum yang baca diperhatikan oleh pengunjung adalah toilet. Tiris Pisan Village nampaknya juga sangat memperhatikan masalah toilet ini. Terbukti dengan adanya toilet di beberapa lokasi dengan air yang bersih, lantai bersih, ember, dan gayung yang bersih juga.

Bangunan toilet memang terbilang masih baru. Namun dengan adanya perawatan yang baik maka kelayakannya akan terjaga.

8. Wastafel Cuci Piring

Bagi sahabat yang akan membersihkan peralatan masak dan makan, maka bisa mencucinya di wastafel cuci piring. Wastafel ini berada di area toilet dengan kondisi yang bersih dan air yang bersih juga.

9. Spot Foto Estetik

Spot foto estetik sudah menjadi fasilitas umum di setiap tempat wisata. Begitupun dengan Tiris Pisan Village yang membuat beberapa lokasi sebagai tempat untuk berfoto dan juga video. Para pengunjung bebas memilih lokasi mana saja untuk berfoto sebab hampir semua tempat di Tiris Pisan Village dibuat menarik dan cantik.

10. Tracking Curug

Ini nih satu keunggulan dari Tiris Pisan Village yang menjadi daya tarik yang kuat agar pengunjung datang berlibur. Ada sebuah curug atau air terjun alami yang lokasinya tidak jauh dari tempat camping. Para pengunjung bisa melakukan tracking singkat untuk mendapat pesona curug yang masih natural. Hanya memakan waktu sekitar 15 menit untuk turun ke arah curug dan 20 menit untuk arah naik kembali ke tempat camping.

Jalur yang dilalui untuk mencapai curug tidak begitu sulit. Dari banyak jalan menurun hanya ada satu turunan yang cukup sulit untuk dilalui yaitu tepat sebelum sampai curug, Turunannya cukup terjal hingga disediakan tambang sebagai pegangan ketika menuruni jalan. Selebihnya, semua jalur tracking curug masih bisa dilewati dengan mudah.

11. Panahan

Area panahan berbarengan dengan lapangan basket. Jadi tempat main panahan ini fleksible saja sesuai dengan keperluan. Bisa di lapangan basket ataupun area camping lain yang sedang kosong.

12. ATV

Buat kalian yang mau keliling area Tiris Pisan Village menggunakan ATV maka bisa menyewanya di resepsionis. Ada tarif yang harus dibayar sebelum menggunakan ATV untuk berkeliling. Sahabat bisa menghubungi bagian resepsionis langsung.

13. TPV Mart

TPV Mart merupakan singkatan dari Tiris Pisan Village Mart. Bangunan ini berbentuk toko yang menyediakan berbagai produk. Mulai dari perlengkapan mandi hingga aneka snack tersedia di TPV mart ini. Sahabat tidak perlu khawatir soal harganya sebab semua produk dijual dengan harga yang wajar atau umum.

14. Parkir

Tiris Pisan Village menyediakan area parkir utama yang cukup luas. Letaknya berada di seberang Resto Padi. Area parkir ini bisa digunakan oleh semua pengunjung baik yang camping di Tiris Pisan Village maupun yang hanya mampir ke Resto Padi. Sedangkan bagi pengunjung campervan otomatis memarkir kendaraannya di kavling yang telah dipesan.

Catatan Keluarga Jejak Lampah Di Tiris Pisan Village

Keluarga Jejak Lampah ngecamp dadakan ke Tiris Pisan Vilage di hari Jumat, 7 juni 2024. Kami menyambut ajakan kepala keluarga Jejak Lampah untuk berkemah dengan senang meski dadakan kayak tahu bulat. 

Jum'at pagi rencana camping menghampiri. Kami pun berdiskusi singkat dan memutuskan berangkat camping setelah salat Jum'at. Mengenai tempat camping langsung melakukan survey, mencari di sosial media instagram dan youtube. Kemudian kamu membaca beberapa ulasan hingga akhirnya mencapai sepakat akan berkemah di Tiris Pisan Village.

Bermodal kontak admin di media sosial resmi Tiris Pisan Village, kami menanyakan berbagai hal seperti sewa cavling, harga paket, fasilitas, dan lain sebagainya. Setelah semua jelas dan meyakinkan akhirnya kami memilih kavling 7 campervan sebagai tempat camping. Pembayarannya melalui transfer sesuai dengan no rekening yang disampaikan oleh admin. Bersyukur respon admin cukup cepat sehingga Keluarga Jejak Lampah langsung bekerja sama menyiapkan berbagai perealatan dan juga perlengkapan.

Keluarga Jejak Lampah membawa seluruh perlengkapan dan peralatan camping yang ada di rumah. Kebetulan semuanya berada dalam posisi siap pakai jadi tidak terlalu lama menyiapkannya. Selepas camping di Camping Ground Nyampay, kami sudah merapikan semua peralatan dan perlengkapan camping. Sedangkan untuk makanan kami tidak membawa banyak sebab hanya berkemah satu malam. Selain itu informasi yang kami dapat bahwa Padi Resto menyediakan aneka makanan jadi kami tidak khawatir soal isi perut yang lapar.

Perjalanan Ke Tiris Pisan Village

Pukul 14.00 wib kami mulai bergerak meninggalkan rumah. Bermodal google map, Keluarga Jejak Lampah berangkat dengan bahagia. Jalur yang kami pilih adalah melalui jalan Serang baru ke arah Jonggol yang akan bertemu dengan jalan Puncak Dua, Bogor. Meski kami tahu bahwa jalan arah Jonggol tidak begitu lebar dan tentu saja akan ada banyak hambatan tetapi kami melangkah dengan rasa percaya diri.

Tantangan perjalanan dimulai ketika kami memasuki wilayah Taman Buaya. Arus lalu lintas cukup ramai dengan rangkaian truk besar yang melintas. Berulang kami kendaraan melambat sebab jalanan kurang bersahabat.

Perjalanan berlanjut dengan kecepatan hanya sekitar 50-60 Km/Jam. Kondisi jalan yang ramai dan hanya cukup untuk 1 kendaraan membuat kami tidak bisa menyalip dengan mudah. Hingga akhirnya kami memasuki di daerah Cipamingkis dengan kontur jalan yang naik turun dengan pemandangan yang memesona. Meski masih dengan jalur satu kendaraan akan tetapi suasana alam yang indah membuat perjalanan kami lebih menyenangkan.

Ada satu jalur yang sedang dalam perbaikan. Sisi lawan arah kendaraan kami sudah dicor rapi dan halus. Sedangkan jalur yang kami lalui masih bergelombang dan berbatu. Tantangannya adalah jalanan ini tidak lebar dengan perbatasan sisi jalan berupa tebing-tebing yang cukup dalam. Kami harus pandai-pandai bergerak agar tetap di dalam jalur yang tepat.

Sekitar pukul 5 sore, kami tiba di Tiris Pisan Village. Cukup terkejut sebab belokan masuk ke kawasan Tiris Pisan Village cukup menukik hingga harus berhati-hati. Kami disambut oleh security di gerbang masuk dan berhenti sejenak untuk melakukan registrasi.

Perjuangan untuk sampai ke Tiris Pisan Village terbayar dengan suasana yang membahagiakan. Tiris Pisan Village tertata dengan rapi, cantik, bersih, dan tergolong komplit untuk sarana dan fasilitasnya. Sahabat tidak akan kecewa jika menjadikan Tiris Pisan Village ini sebagai destinasi liburan loh.

Keluarga Jejak Lampah langsung menuju Campervan Area 7 sesuai dengan pesanan kami. Ada petugas yang mengarahkan dan membantu kami parkir. Selepas aman kami pun mulai mendirikan tenda. Namun kondisi tak terduga menghampiri kami. Baru saja menggelar alas/terpal, rintik air langit turun tanpa aba-aba. Kami benar-benar terkejut sebab ketika kami sampai cuaca masih cerah ceria.

Tantangan Mendirikan Tenda

Tanpa menunda waktu, kami tetap melanjutkan mendirikan tenda. Beruntung tenda segera berdiri tegak meski badan basah oleh hujan. Ini kali ketiga kami mendirikan tenda sambil hujan-hujanan. Sungguh rejeki yang tidak terduga.

Beruntungnya di Tiris Pisan Village ini anginnya cukup bersahabat. Kami tidak perlu bertahan dari serangan angin yang biasanya membuat tenda berguncang. Tantangan mendirikan tenda kami saat itu hanyalah hujan yang terus turun tanpa jeda. Membuat badan basah dan dingin menyerang.

Selesai mendirikan tenda, kami mandi dan berganti pakaian agar terhindar dari masuk angin. Beristirahat sejenak di dalam tenda sambil menyusun perlengkapan lainnya.

Selepas Maghrib perut mulai berisik memanggil rasa lapar. Kami langsung menuju Padi Resto yang lokasinya tepat di sebrang tenda. Hanya terjeda oleh lapangan dengan jalan memutar. Sampai di Padi Resto kami memesan mi ayam dan teh manis hangat. Menu yang sangat cocok dengan cuaca dingin di Puncak Dua, Bogor.

Selesai makan kami kembali ke tenda. Duduk berdekatan sambil bermain gitar dan menyanyikan beberapa lagu. Anak-anak juga sempat bermain ketapel baling-baling lampu di lapangan teater. Lapangan teater ini tepat berada di sisi kanan tempat kami mendirikan tenda.

Malam bergerak larut, hingga pukul sepuluh malam kami memutuskan untuk beristirahat. Ada rencana tracking ke curug alam yang lokasinya cukup dekat. Ke sanalah esok kami akan berpetualang.

Lanjut di catatan berikutnya ya sahabat.....

Salam jalan



17 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Unik banget namanya Tiris Pisan yang artinya Dingin Banget. Tapi, meski begitu di dalam gampling tetap ada AC ya, hehe. Bentuknya bulat tapi fasilitasnya lengkap banget bisa masuk semua, luas kayanya ya mbak. Banyak banget pilihan menginapnya. Kalau aku sih milih camping kayanya seru ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya namanya mencerminkan suhunya. Glampingnya seperti berbahan panas mungkin antisipasi ketika siang jadi ada AC nya

      Hapus
  2. Waaah asyik banget ya camping bareng anak-anak. Salut saya mbak, dari kecil sudah diperkenalkan tadabur alam dan camping. Sehat selalu untuk keluarga Jejak Lampah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bisa mengajak anak mengenal ciptaan Allah SWT yang beraneka rupa.
      Aamiin untuk doànya mba
      Terima kasih
      Doà yang sama buat mba Yayù dan keluarga

      Hapus
  3. Wih, lengkap banget ya mbak fasilitas nya. Ini ngajak keluarga besar oke juga nih. Mulai dari anak-anak sampai dewasa bisa menikmati fasilitas nya. Nggak akan bosan kayaknya. Apalagi pilihan penginapannya juga banyak. Dari camping di tenda, sampai villa pun ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mba sudah paket komplit dan harga terjangkau plus suasananya nyaman buat liburan

      Hapus
  4. Wah, seru sekali. Camping bareng keluarga saat liburan sudah lama jadi wish list anak-anak. Qodarullah belum jadi-jadi terlaksana. Baca catatan ini jadi pengen segera direalisasikan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba Iis, camping bersama anak-anak banyak manfaatnya

      Hapus
  5. Campervan...wah ini menarik. Baru kemarin cerita sama bocah kalau mereka pengen camping pake Mobil. Kebanyakan nonton camping Mobil, mereka jadi kepingin juga haha. Asli kalau ke puncak wajib ke Tiris Pisan Village ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba, sekarang ini campervan lebih fleksible karena barang bawaan mudah dipindahkan dari kendaraan ke tenda

      Hapus
  6. Lengkap banget fasilitas Tiris Pisan village. Tinggal pilih aja mau pengalaman bermalam yg mana, kamar kah, glamping kah atau sekalian camping. Mana ramah anak banget ya ada kolam renang dan playground. Banyak bgt pengalaman yg bisa didapat di Tirisan Pisan Village.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mba. Rekomended banget buat liburan bareng keluarga

      Hapus
  7. ngebayangin saja kok kepengin ya. Kapan bisa camping beginian bareng keluarga kecil,kwkkwkw. Noted banget bisa jadi rekomendasi mengenalkan anak makna camping di tempat yang sejuk dan jauh dari keramaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba di realisasikan. Melipir sejenak menghirup udara pegunungan dan menepi dari kebisingan

      Hapus
  8. Mbak, kupikir campervannya itu disediain mobil khusus Van Gedhe buat camping and bisa dipake jalan keliling village. Jadi ada experience menikmati Van yang ada bed, closed sama pantrynya....gitu nggak sih konsepnya? Atau pengunjung yang modif sendiri mobilnya trus disediain lahan buat camping??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika punya van atau mobil modifikasi yang komplit tentu saja bisa dipakai tanpa mendirikan tenda, biasanya hanya membentangkan flyseat saja. Tapi kalau van nya keliling area camping ga mba, pindah-pindah tempat camping bisa banget. Kalau sedang berada di satu tempat camping, mobilnya itu parkir di kavling yang sudah disediakan/di booking. Campervan ini lebih mudah untuk mobilisasi perlengkapan camping saja sih karena kendaraan di parkir di sebelah tenda. Sedangkan kalau camping biasa, kendaraan parkir di area khusus parkir. Ini butuh waktu wara-wiri jika ingin mengambil barrang yang diperlukan.

      Hapus
  9. serunya bisa camping bareng keluarga, memberikan pengalaman yang berkesan untuk kiddos, tinggal dekat dengan alam, mensyukuri kebesaran Ilahi

    BalasHapus