√Ulasan Buku Si Anak Spesial
Header catatantirta.com

Ulasan Buku Si Anak Spesial

Burlian, anak nomor tiga dari pasangan pak Syahdan dan mamak Nung. Anak laki-laki yang sebelum lahir sudah menandakan bahwa ia adalah si Anak Spesial.

Deskripsi Buku

Judul            : Si Anak Spesial
Penulis         : Tere Liye
Penerbit        : Republika
Tahun Terbit : Desember 2018
ISBN            : 978-602-5734-44-1
Jumlah Halaman : 333 halaman
Dimensi        : 21 cm
Harga            : Rp. 70.000 ( Pulau Jawa )

Blur Si Anak Spesial

Kenapa Bapak dan Mamak sejak kecil selalu bilang,
"Kau spesial, Burlian"?
Itu cara terbail bagi Bapak dan Mamak untuk menumbuhkan
percaya diri dan keyakinan yang menjadi pegangan penting
setiap kali terbentur masalah, kau selalu spesial.

Tokoh Dan Watak Si Anak Spesial

Tokoh utama dalam buku si Anak Spesial ini adalah seorang anak laki-laki yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Burlian namanya. Anak ke tiga dari empat bersaudara. Usianya. hanya terpaut satu tahun dari kakak laki-lakinya yang bernama Pukat.

Tokoh lain dalam buku si Anak Spesial yaitu orang tua Burlian yang bernama pak Syahdan dan mamak Nung. Burlian memiliki tiga saudara kadung yaitu kak Eli, kak Pukat, dan Amelia.

Kak Eli menjadi anak sulung di keluarga pak Syahdan. Lalu ada kak Pukat sebagai anak ke dua dan Amelia si bungsu yang menggemaskan.

Selain keluarga inti dari si Anak Spesial, Burlian, ada banyak tokoh lainnya yaitu :

  • Pak Bin : guru honorer di Sekolah Dasar
  • Bakwo Dar : kakak laki-laki dari pak Syhadan ( bapak Burlian )
  • Pak Dullah : kepala desa
  • Lik Wan : kerabat keluarga pak Syahdan
  • Wak Yati : kakak perempuan pak Syahdan
  • Nakamura-San : kepala kontraktor asal Jepang
  • Ahmad : teman Burlian yang berbakat namun bernasib malang

Latar Si Anak Spesial

Kisah tentang Burlian, Si Anak Spesial dibuka dengan indahnya perbukitan di salah satu desa di pulau Sumatera. Hutan-hutan yang lebat denhan aneka tumbuhan yang masih sangat alami. Penduduk sekitar hidup dari hasil pertanian di kebun-kebun mereka. Tanah yang masih alami itu dibiarkan tumbuh subur bersama tanaman liar yang menjulang berdampingan dengan pohon-pohon kopi, kelapa, dan juga durian.

Sisi lain dari desa nan indah itu ada Sekolah Dasar yang menjadi pusat pendidikan para anak desa yang masih memandang bahwa sekolah itu tidaklah penting. Sekolah hanya membuang waktu dan tenaga yang semestinya bisa digunakan untuk mengais rejeki di kebun ataupun di sungai.

Pesona sungai dalam buku Si Anak Spesial ini dinarasikan dengan sangat detail oleh Tere Liye. Di mana air sungai jernih hingga bebatuan di dasarnya nampak dengan sangat jelas. Sungai digunakan untuk berbagai kepentingan seperti mandi dan juga mencuci pakaian. Terlebih lagi ketika musim kemarau panjang, maka sungai menjadi sumber air utama desa.

Selain desa yang hijau dan sungai nan jernih, stasiun kereta api juga menjadi latar dalam buku Si Anak Spesial. Hampir seluruh warga kampung selalu terpesona menyaksikan kereta api berbahan batu bara melintas bersama asapnya yang mengepul tinggi. Stasiun ini juga menjadi salah satu tempat Burlian belajar tentang kehidupan. Merenungi kesalahannya di dalam ruang kepala stasiun sambil di gigit nyamuk yang jumlahnya tak terhitung. 

Mamak dan Bapak mengajarkan banyak pelajaran hidup melalui perilaku dan tindakan. Baik dalam bentuk contoh langsung ataupun hukuman tanpa kasihan ketika anak-anaknya melakukan kesalahan.

 Sudut Pandang Penulisan (POV)

Kisah Burlian, Si Anak Spesial menggunakan POV satu atau tokoh pertama yang menceritakan semua isi yang ada di dalam buku. Kali ini Burlian menjadi tokoh utama dan juga pemapar cerita kehidupannya yang penuh dengan semangat, pengalaman berharga, perjuangan, persahabatan, dan juga hikmah-hikmah yang bisa kita ambil di dalamnya.

Burlian menceritakan perjalanan hidupnya. Alasan-alasan Mamak dan  Bapak yang memberinya julukan Si Anak Spesial. Atas dasar apa? Tentu saja karena memang Burlian sudah sangat spesial sejak ia masih di dalam kandungan Mamak.

Ulasan Buku Si Anak Spesial

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta