√8 Keunggulan Pantai Kukup
Header catatantirta.com

8 Keunggulan Pantai Kukup

Semilir angin pantai menyapa
Raga terbuai oleh pesona
Bersama nyanyian yang bergulung
Pecah saat bertemu karang

Hai Sahabat,

Siapa di sini yang anak pantai? Rasanya jika Tirta menyebut pantai pasir putih di Jawa akan langsung mengingat daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai-pantai sepanjang jalan di Gunung Kidul, Yogyakarta memang sangat memesona. Salah satunya yaitu pantai Kukup. Pantai dengan pasit putih yang lembut dan memanjakan langkah.

Lokasi Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta yang wajib banget kalian kunjungi saat melintasi kawasan pantai di sana.

Panyai Kukup menjadi pantai yang paling banyak dikunjungi karena lokasinya yang strategis yaitu di jalan utama saat memasuki kawasan oantai Gunung Kidul. Lebih tepatnya lagi pantai Kukup beralamat di Ngepung Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881.

Tarif Masuk Kawasan Gunung Kidul

Saat pertama kali memasuki kawasan wisata pantai di Gunung Kidul, para pengunjung akan di sambut oleh pihak pengelola yang menjaga pintu masuk. Di sinilah para pengunjung membeli tiket atau membayar biaya retribusi orang saja. Sedangkan untuk kendaraan akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000 per pantai. Jadi setiap kali kita masuk ke kawasan pantai yang berbeda, maka diwajibkan membayar biaya parkir kendaraam sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk bis dan sepeda motor mendapat tarif yang berbeda.

Keluarga Jejak Lampah tidak sempat menanyakan berapa tarif parkir sepeda motor atau pun bis. Tapi kemungkinan besar untuk kendaraan roda dua dibandrol dengan tarif di bawah kendaraan roda empat. Sedangkan untuk bis dikenai biaya parkir lebih besar dari pada mobil / kendaraan roda empat.

Kembali ke tarif masuk kawasan Gunung Kidul di pintu masuk kawasan. Pihak pengelola wisata pantai di Gunung Kidul menetapkan untuk pengunjung dibandrol Rp. 58.000 setiap 4 orang yang mana di dalamnya sudah ada biaya atau jaminan asuransi jiwa sebesar Rp. 2.000.

Jadi bisa diperkirakan bahwa setiap orang mendapat biaya masuk sebesar Rp. 14.000.

Pesona Pantai Kukup

Pantai Kukup menjadi pantai yang banyak dikunjungi pertama oleh para wisatawan.
Mengapa bisa demikian?
Sebab letak pantai Kukup sangat strategis dan paling mudah ditemukan.

Ketika pengunjung mulai memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul maka akan ada jalur persimpangan tiga yang mana tidak jauj dari sana terletak pantai Kukup. Jadi tak heran jika pantai Kukup menjadi pantai yang paling serinh dikunjungi oleh wisatawan.

Selain lokasinya yang strategis, pantai Kukup juga menjadi pilihan utama banyak wisatasan sebab pasir putihnya lembut dan berukuran sangat kecil dibanding pantai lainnya.

Pesona pantai Kukup didukung oleh tebing besar di sisi kanan pantai yang menjadi ikon andalan pantai Kukup.

Sebuah batu karang raksasa membentuk tebing yang besar dan tinggi sehingga bisa dipakai untuk melihat kawasan pantai dari arah yang lebih tinggi. Cukup dengan berjalan kaki dan sedikit menanjak, para pengunjung sudah bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah.

Pesona pantai Kukup makin terlihat jika kalian berdiro di tepi batu karang tersebut sambil memandang sekeliling. Ditemani deburan ombak yang terus mengikis batu karang, nyanyian pantai semakin mengalun merdu. Simponi pantai Kukup membuat siapapun terpesona dan ingin berlama-lama di sana. Sekedar melepas penat dan menyerap energi pantai yang akan membuat hati terasa tenang dan senang.

Fasilitas Di Pantai Kukup

Sebagai objek wisata kebangan warga Gunung Kidul, pantai Kukup menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Ada banyak fasilitaa di pantaj Kukup yang bisa dipakai oleh semua pengunjung. Berikut fasilitas di pantai Kukup yang memberikan kemudahan bagi para pengunjungnya.

  • Area parkir
  • Kamar bilas
  • Toilet
  • Kuliner laut
  • Oleh-oleh
  • Saung Kuliner
  • Musala
  • Spot foto estetik

1. Area Parkir

Pantai Kukup menyediakan area parkir yang luas. Area parkirny bisa menampung banyak kendaraan roda dua, roda empat, dan juga bis. Maka tak heran jika pantai Kukup banyak dikunjungi oleh rombongan-rombongan studytour pelajar maupun mahasiswa.

2. Kamar Bilas

Sebagai wisata pantai, kamar bilas menjadi fasilitas penting yang sudah selayaknya ada banyak. Pantai Kukup menyediakan banyak pos kamar bilaa yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk memberaihkan diri setelah main di pantai.

Ada tarif yang ditetapkan oleh pihak pengelola kamar bilas. Biasanya fasilitas kamar bilas ini berdampingan dengan toilet. Jadi akan ada perbedaan antara kamar bilas dan toilet sebab kapasitas air yang dipakai berbeda jumlahnya.

3. Toilet

Lokasi toilet biasanya berdampingan dengan kamar bilas. Umumnya pengunjung yang buang hajat di toilet mendapat beban biaya sebesar Rp. 2.000 / orang.

4. Kuliner Laut

Rasanya sangat puas ketika main ke daerah pantai. Ada banyak jenis kuliner laut yang bisa dicicipi. Misalnya saja udang, cumi, sotong


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta