√Merasakan Kenikmatan Sate Buntel Khas Solo
Header catatantirta.com

Merasakan Kenikmatan Sate Buntel Khas Solo

Ayo kulineran

Hai sahabat Tirta,

Catatan Tirta masih menuliskan tentang perjalanan Keluarga Jejak Lampah di kota Solo, Jawa Tengah.

Ada beberapa agenda yang sudah kami susun ketika berkunjung ke Solo. Mulai dari tempat-tempat wisata sampai kuliner khas kota Solo. Semua sudah disusun dengan detail informasi terbaru alias uptodate. Meskipun hasilnya tidak semua berjalan sesuai rencana, tetapi kami tetap senang dan bersyukur sudah meninggalkan kenangan di Solo.

Sate Buntel Khas Solo

Sebelum menginjakkan kaki di Solo, kami sudah mencari informasi tentanga apa saja yang khas dari kota Solo. Salah satunya adalah sate buntel yang menjadi hidangan kebanggaan kota ini.

Sate buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dilapisi lemak lalu dibungkus dan dibakar. Sate buntel menjadi kuliner kesukaan masyarakat Solo dan juga banyak digemari oleh para pengunjung yang datang ke kota Solo.

Rasa sate buntel yang khas dan penyajiannya yang unik menjadi alasan banyak orang menyukainya. Cara penyajian sate buntel berbeda dengan sate kambing atau ayam pada umumnya. Sate buntel ukurannya cukup besar sehingga dibuat dengan tusuk sate yang lebih besar semacam sumpit.

Selain menggunakan tusukan yang lebih besar, sate buntel disajikan dengan siraman sambal kecap yang berisi tomat, cabai, bawang merah, irisan kubis, dan juga perasan jeruk limau. Perbaduan kecap yang manis dengan aneka tambahan lainnya memberi sensasi manis, pedas, dan segar saat memakan sate buntel ini.

Menurut informasi yang kami dapat, sate buntek ini terinspirasi dari kuliner negara Timur Tengah yaitu kebab. Dulu negara Timur Tengah pernah melakukan ekspedisi perdagangan ke wilayah Solo. Dari sinilah masyarakat mulai mengenal aneka masakah negara lain termasuk kebab.

Ibarat jaman sekarang ketika menciptakan sesuatu yang baru, makan masyarakat kota Solo berhasil melakukan DIY dari kebab menjadi sate buntel.

Pengalaman Makan Sate Buntel

Keluarga Jejak Lampah sengaja membuat jadwal khusua untuk mencicipi sate buntel. Kami pun mencari rekomendasi warung atau tempat makan yang menyediakan sate buntel. Ada banyak rekomendasi yang kami dapat baik itu dari media online maupun dari teman dan rekan yang tinggal di Solo.
Setelah mengumpulkan semua informasi, akhirnya kami meutuskan untuk datang ke . Lokasinya tidak jauh dari tempat kami menginap. Kami bermalam di hotel Grand HAP Solo yang letaknya berada di pusat kota Solo. Sengaja kami menginap di sana agar mudah menyambangi tempat-tempat yang sudah kami remcanakan sebelumnya.

Pertama kali sampai di , kami sempat kesulitan mencari tempat parkif. Saat itu sudah banyak pengunjung yang datang dan menikmati aneka hidangan pilihan. Beruntung tukang parkir mengarahkan kami sehingga bisa mendapat tempat berhenti yang tepat.

Tanpa ragu kami langsung mencari tempat duduk. Kemudian melihat menu yang ditawarkan dan tentu saja kami memilih sate buntel sebagai menu makan malam.

Tidak menunggu lama, pesanan kami pun datang. Aroma khas lemak bakar menyeruak memenuhi rongga hidung kami. Kami sempat terkejut ternyata ukuran sate buntel benar-benar besar. Satu porsi sate buntel hanya berisi 2 tusuk sate namun kami rasa ini akan membuat perut kenyang dalam waktu singkat.

Sate buntel tersaji sangat menggoda. Kami pun segera menggigit dan merasakan sate buntel yang terbuat dari daging cincang berlapis lemak. Benar-benar rasanya khas berbeda dari sate biasa. Terlebih lagi disiram kuah kecap yang segar dan manis menambah nikmatnya sate buntel.

Dua tusuk sate buntel berhasil membuat perut kami hampir terisi penuh. Beruntung masih ada ruang untuk tongseng dan juga gulai yang juga sangat sedap.

Malam itu lidah kami dimanjakan oleh sate buntel khas solo dan kuliner lainnya. Kami puas dan senang bisa makan sate buntel lamgsung dari kota asalnya. Sepertinya di tempat kami tinggal belum ada yang menjual sate buntel semacam ini.

Rasanya kami harua kembali lagi ke Solo apabila ingin menikmato sate buntel khas Solo yang legendaris ini.

Sahabat yang penasaran dengan bentuk, ukuran, dan rasa dari sate buntel khas Solo, wajib banget mampir dan mencicipinya langsung dari Solo.

Salam kuliner nusantara


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta