√Pesona Pulau Putri Di Batam Kepulauan Riau
Header catatantirta.com

Pesona Pulau Putri Di Batam Kepulauan Riau

Pulau Putri di Batam, Kepulauan Riau

Catatantirta masih mengulas tentang perjalanan keluarga Jejak Lampah saat eksplore pulau-pulau di Batam, Kepualuan Riau.
Kali ini kami mau menceritakan sedikit tentang pesona pulau Putri di Kepulauan Riau.

Tentang Pulau Putri

Pulau Putri merupakan pulau kecil diantara banyak pulau di Kepulauan Riau. Pulau Putri menjadi sangat spesial karena letaknya yang berbatasan langsung dengan negara Singapura. Bisa dibilang bahwa pulau Putri di Kepulauan Riau adalah salah satu pulau terluar di Indonesia.
Tentang pulau Putri di Batam, Kepulauan Riau
Luas Pulau Putri sekitar 131.373 meter persegi. Pasir putih mengelilingi setiap bibir pantai di pulau Putri. Aneka kerang warna-warni dan terumbu karang berserakan terbawa arus laut.
Belum banyak tumbuhan di pulau ini sehingga masih banyak ruang yang panas. Namun hembusan angin pantai yang lembut membuat suasana panas di pulau Putri mereda dan menjadi sejuk. Duduk di bibir pantai sambil mendengar nyanyian ombak dan rasakan lembutnya angin membuat siapapun betah berlama-lama di pulau Putri.

Pesona Pulau Putri

Pesona Pulau Putri di Batam, Kepulauan Riau

Kami mengunjungi pulau Putri dengan menggunakan perahu pompong dari pantai Nongsa. Untuk menuju pulau Putri memang hanya bisa dilalui dengan jalur laut. Belum ada jembatan penghubung yang menyatukan pulau Putri dengan pulau lainnya.

Jarak antara pantai Nongsa dengan pulau Putri sekitar 1 Km. Posisi paling strategis untuk mencapai pulau Putri memang dari arah pantai Nongsa. Ada banyak jasa penyebrangan perahu Pompong yang ditawarkan oleh masyarakat sekitar pantai Nongsa. Jadi ketika kami berada di pantai Nongsa tentu saja tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menyebrang ke pulau Putri.

Tarif Perahu Pompong

Perahu pompong sebagai alat transportasi laut
Jasa angkut pengunjung dari pantai Nongsa ke pulau Putri menggunakan perahu Pompong dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 / orang. Baik anak-anak maupun dewasa dikenakan biaya yang sama. Ada satu catatan penting yaitu ketika menggunakan jasa penyebrangan dengan perahu Pompong yaitu kita harus menyimpan nomor ponsel atau whatspaa dari pengemudi perahu Pompong yang kita naiki. Tujuannya adalah agar mudah pengemudi menjemput kita ketika akan kembali ke pantai Nongsa.
Jadi, saat kita sampai di pulau Putri, pengemudi perahu Pompong akan kembali ke pantai Nongsa. Mereka meninggalkan kita di pulau Putri tanpa batasan waktu. Jika betah berlama-lama di pulau Putri pun bisa sampai akses pulau Putri ditutup sekitar pukul 16.00 wib. Bisa pula minta dijemput keesokan harinya apabila kita menginap di pulau Putri.

Pengemudi perahu Pompong sengaja kembali ke pantai Nongsa untuk mengantar pengunjung lain yang juga ingin meneyebrang ke pulau Putri. Jadi mereka akan terus mendapat penumpang yang bolak balik dari arah pantai Nongsa ke pulau PUtri atau menjemput dari pulau Putri ke Pantai Nongsa.

Tarif Masuk Pulau Putri

Tarif masuk pulau Putri
Sampai di wilayah pulau Putri, ada penjaga yang bertugas di tepi pantai. Beliau bertugas menyambut para pengunjung dan juga melayani pembayaran taris masuk pulau Putri. Tarifnya sangat murah  dan terbagi menjadi 2 kategori yaitu :
  1. Pengunjung Sementara : Rp. 2.000 / orang
  2. Pengunjung Menginap : Rp. 5.000 / orang
Pengunjung sementara adalah penguunjung yang datang dan pergi dalam satu hari kunjungan. Sedangakan pengunjung menginap merupakan pengunjung yang tidak langsung kembali dalam  satu kunjungan sebab mereka bermalan di pulau Putri. Bisanya pengunjung mengingap di tenda-tenda yang dibawa sendiri maupun tenda sewa di pulau Putri. Belum ada penginapan di pulau Putri sehingga pengunjung yang menginap hanya bisa bermalam di dalam tenda.

Kondisi Pulau Putri

Keindahan pulau Pulau Batam Kepri
Saat perahu Pompong bergerak dari pantai Nongsa mendekati pulau Putri, pesonanya sudah terlihat dari kejauhan. Pasir putih nampak berkumpul di salah satu sisi pulau. Sedangkan sisi lain ada yang tertutup pasir putih dan juga bebatuan yang menjadi benteng penghalang ombak di pulau Putri.

Saat kami menepi di pulau Putri, kami langsung menginjak pasir putih yang lembut dan juga kasar. Ombaknya tidak terlalu tinggi dan angin pun bertiup lembut.

Setelah melakukan pembayaran tarif masuk, kami diijinkan untuk eksplor pulau Putri. Menyusuri seluruh sudut pantai, mendengarkan nyanyian omak, menikmati hembusan angin, dan berjalan mengelilingi pulau Putri bersama. Rasanya satu pulau ini hanya milik kita saja. Pulau Putri sangat minim kebisingan sebab hanya debur pmbak yang terdengar bersama kicau burung yang hinggap di pepohonan.

Tanaman di pulau Putri Batam Kepri

Ada pantai kecil dengan pasir putih di Pulau Putri. Pantai ini menjadi tempat bermain para wisatawan yang sedang berkunjung di pulau Putri. Selain itu, pantai ini juga dijadikan area memancing yang strategis. Tepian pantai dengan ombak sedang menjadi keuntungan para pengunjung yang memancing. Banyak pengunjung yang mendapat ikan-ikan laut saaat memancing di pulau Putri. Bagi pengunjung yang menginap, ikan hasil pancingan menjadi menu makan mereka. Ikan yang ditangkap langsung dari laut pasti rasanya lebih lezat. 

Fasilitas Di Pulau Putri

Sebagai objek wisata yang sudah ramai pengunjung, Pulau Putri menyediakan beberapa fasilitas seperti :
  • Musala
  • Toilet
  • Warung makanan
  • Sewa sepeda
  • Sewa tenda
  • Sewa alat pancing



Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta