√5 Tips Mudik Asyik Jalur Darat
Header catatantirta.com

5 Tips Mudik Asyik Jalur Darat

5 tips mudik asyik jalur darat

Hai sahabat,
Aroma mudik lebaran 1445 H makin terasa. Seruak harumnya mulai menyebar. Banyak orang yang sudah mulai mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan saat mudik lebaran.

Mudik menggunakan jalur darat baik dengan kendaraan umum maupun pribadi memerlukan persiapan yang yang cukup matang.

5. Tips Mudik Asyik Jalur Darat

Setidaknya ada beberapa tips mudik asyik jalur darat yang bisa kalian lakukan ketika mudik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi :
  • Niat
  • Kesehatan Fisik
  • Anggaran
  • Bawaan
  • Kendaraan

1. Niat

Awali setiap perbuatan dengan niat. Baik secara lisan maupun dalam hati. Niat menjadi langkah penting sebab merupakan hal paling mendasar dalam setiap melakukan sesuatu.
Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Buhkori dan Muslim, berbunyi :
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ
Artinya : " Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung niatnya ".

Ketika niat mudik lebaran untuk berkumpul bersama orang tua, silaturahim sesama saudara, dan menjalin hubungan yang baik pada semua orang, maka Insya Allah akan dimudahkan segala persiapan dan perjalanannya hingga sampai di kampung halaman dengan selamat dan sehat tanpa kurang suatu apapun.

2. Kesehatan Fisik

Menjaga kesehata fisik sangat penting sebelum melakukan perkalanan mudik. Sebab apapun bisa terjadi selama berada di jalanan. Baik itu di jalan tol maupun jalan raya biasa. Terlebih lagi sering dan hampir selalu terjadi kemacetan lalu lintas setiap kali masa mudik lebaran tiba. Dengan kesehatan fisik yang mumpuni maka perjalanan mudik lebaran bisa terasa lebih mudah dan menyenangkan meskipun dilanda kemacetan.

3. Anggaran

Persiapan yang tak kalah penting dalam setiap moment mudik lebaran adalah anggaran atau dana mudik. Perlu jauh-jauh hari membuat rencana anggaran mudik. Rencana anggaran segala kebutuhan untuk mudik lebaran wajib di buat agar semua keperluan mudik lebaran bisa tercukupi. Selain itu juga perlu dipersiapkan dana cadangan yang menjadi pengeluaran apabila ada kebutuhan tak terduga.
Anggaran mudik lebaran ini menjadi prioritas perencanaan sebelum mudik. Tulis semua kebutuhan dan juga pengeluaran tak terduga agar bisa mudik lebih tenang dan terkendali.

4. Bawaan

Maksud dari bawaan di sini adalah semua barang yang akan dibawa ketima mudik lebaran. Buat daftar barang bawaan yang akan diboyong saat mudik. Buat skala prioritas barang bawaan agar mudik lebih praktis dan efisien. Kondisi jalan ketika mudik lebaran menjadi alasan utama untum memilah barang bawaan yang penting dan tidak penting. Terlebih lagi apabila menggunakan kendaraan umum, maka perlu membuat barang bawaan sesimple mungkin agar lebih mudah ketika berada di kendaraan umum juga saat mobilitasi di jalan.
Biasanya barang bawaan yang masuk kategori prioritas saat mudik lebaran adalah pakaian, stok makanan, minuman, dan juga obat-obatan.

5. Kendaraan

Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan umum, maka pilih kendaraan jalur darat yang titik berhentinya paling dekat dengan rumah. Selain itu sesuaikan juga harga tiket kendaraan dengan anggaran yang telah disiapkan.

Cari rekomendasi kendaraan umum yang paling nyaman dan tepat sesuai kebutuhan. Sebaiknya baca juga ulasan tentang kendaraan umum yang akan digunakan. Hindari kendaraan umum yang tidak layak jalan sebab ini bisa membahayakan.

Namun, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan performa kendaraan dalam kondisi yang bagus. Lakukan pemeriksaan kendaraan atau service di bengkel terpercaya agar kendaraan kalian siap untuk mudik lebaran. Kondisi kendaraan yang fit sangat berpengaruh pada kelancaran di jalan. Selain itu, siapkan juga bahan bakar penuh untuk mengantisipasi penuhnya pom bensin. Saat mudik lebaran biasanya terjadi antrian panjang di setiap pom bensin. Jangan sampai kehabisan bensin dan mogok di jalan.

Satu lagi untuk pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi yang menggunakan jalan tol, pastikan e-money atau e-toll kalian sudah di isi dengan perhitungan sesuai tarif yang berlaku.

Nah sahabat, itu tadi 5 tips mudik asyik jalur darat yang bisa kalian praktekkan saat mudik lebaran nanti. Semoga bermanfaat.

Selamat mudik lebaran.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta