√Review Novel Rembulan Tengggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye
Header catatantirta.com

Review Novel Rembulan Tengggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye

Novel karya Tere Liye tidak pernah gagal menghipnotis pembacanya. Salah satu novel yang membuat saya bercermin kembali tentang hidup yang sudah saya jalani selama ini. Novel berjudul Rembulan Tenggelam Di Wajahmu ini sempat tertunda untuk dibaca. Teronggok begitu saja selama hampir 2 bulan lamanya. Namun ketika saya membacanya langsung mengaduk-aduk kehidupan selama ini.

Mengapa demikian?

Ada apa dengan novel ini?

Yuk kita ulas sedikit novel Rembulan Tenggelan Di Wajahmu ini.

Identitas Novel

Detail identitas novel adalah sebagai berikut :
  • Judul : Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
  • Penulis : Tere Liye
  • Tahun Terbit : Oktober 2023 (Cetakan ke-9)
  • Peberbit : Sabak Grip Nusantara
  • ISBN : 978-623-96074-4-9
  • Jumlah Halaman : 403 Halaman ; 20 cm
  • Harga : Rp. 95.000 (Pulau Jawa)

Blur Novel

Blud novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu tertulis mengagunkan di cover belakang novel. Syarat makna dam tak mudah dipahami jika belum membaca novelnya secara utuh.
Tutup mata kita. Tutup pikiran kita dari carut -  marut kehidupan.

Mari berpikir takjim sejenak. Bayangkan saat ini ada satu malaikat bersayap indah datang kepada kita, lantas lembut berkata:

"Aku memberi kau kesempatan hebat. Lima kesempatan untuk bertanya tentang rahasia kehidupan,
dana aku akab me jawabnya langsung seksrang.
Lima Pertanyaan. Lima jawaban. Apakah pertanyaan pertamamu?"

Maka apakah kita akan berŕŕtanya :

Apakah cinta itu? Apakaha hidup ini adil?
Apakah kaya adalah sdgalanya?
Apakah kita memiliki pilihan dalam hidup?
Apakah makna kehilangan?

Ray (tokoh utama dalam kisah ini), ternyata memiliki kecamuk pertanyaaan sendiri. Lima pertanyaan sdbelum akbirnya dia mengerti makna hidup dan kehidupannya.

Siapkan energi Anda untuk memasuki dunia fantasi Tere-Liye tentang perjalanan hiduo. Di sini hanyabada satu rumus :
semua urusan adalah sederhana. Maka mulailah dengan menghela nafas lega.

Sudut Pandang

Sudut pandang atau point of view (POV) dari novel Rembulan Tenggelam Di Wajamu adalah POV 2 yaitu seseorang dengan wajah menyenangkan yang membawa Ray mengulang masa lalunya.

Tokoh-Tokoh Novel

Ada banyak tokoh dalam novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Namun dapat diambil beberpa tokoh yang memiliki peran penting dan menjadi tokoh yang kuat di dalam novel ini.

1. Ray

Diceritakan bahwa Ray adalah tokoh utama dalam novel ini. Perawakannya gagah, kekar, gempal, dengan rambut lurus yang panjang.

2. Sosok Malaikat

Digambarkan ada tokoh serupa dengan malaikat yamg menjadi pengantar cerifa dalam novel ini.

3. Jo

Tokoh penting yang menjadi tangan kanan Ray.

4. Fitri

Fitri merupakan istri dari Ray dengan perawakan cantik dan memiliki gigi kelinci yang unik.

5. Keluarga Koh Chen

Terdiri dari koh Chen, istrinya, dan Vin. Mereka jadi bagian dari sisi bahagia Ray.

6. Diar

Teman masa kecil Ray yang ternyata memikili peran sangat penting dalam kisah kehidupan Raya.

7. Penjaga panti

Penjaga panti menjadi sosok yang paling dibenci oleh Ray. Meski begitu sejatinya beliau adalah orang baik yang luput karena sebuah ambisi. Namun, rasa empati dan jiwa kasih sayangnya kembali setelah menyaksikan kepergian Diar.

8. Bang Ape, Natan, Oude, dan Ouda.

Mereka adalah keluarga Ray di rumah singgah. Rumah yang menjadi bagian dari masa bahagia Ray. Meski hanya sebentar, tetapi banyak yang Ray dapat di rumah singgah.

9. Plee

Plee memiliki peran khusus di novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Ia adalah sosok laki-laki 40 tahunan yang memilii hubungan erat dengan Ray di masa lalu dan masa berikutnhya setelah masa lalu iyum.

Alur dan Setting Novel

Alur novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu mengalir dengan menggunakan alur mundur. Uniknya alur mundur ini pun diselipkan alur maju tapi masih di masa lalu. Menggambarkan perjalanan masa lalu yang maju mundur. Ini yang menurut saya sangat unik. Bahkan saya sering membaca dengan jeda dan perlu berpikir serta mencerna lebih kuat.

Setting atau latar dari novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu mengambil beberapa tempat di beberapa kota. 

Pertama latar di rumah sakit tempat Ray di rawat. Kemudian panti asuhan dan terminal di mana Ray tumbuh menjadi anak hingga remaja. Selanjutnya adalah ibu kota sebagai tempat Ray menjalani beberapa peran yaitu sebagai pengamen, penghuni rumah singgah, fan uga bertemu Plee untuk mencuri berlian.

Ulasan Novel 

Awal tertarik dengan novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu ini ketika saya rampung membaca novel ILY dari serial Bumi. Saya membeli 2 buku sekaligus sebagai bahan bacaan di awal tahun 2024 yaitu novel Janji dan Rwmbulan Tenggelam Di Wajahmu.

Novel Janji rampung di baca pada bulan Januari 2024. Sedangkan novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu teronggok begitu saja di rak buku. Barulah di bulan Maret 2024 saya mulai membacanya. Ternyata novel ini memiliki makna yang sangat dalam tentang kehidupan seseorang. Tentang takdir yang dibawa setiao orang ketika ia lahir. Tentang kebaikan yang bisa mengubah sebuah keadaan buruk menjadi keberuntungan.

Melalui tokoh Ray kita dibawa pada sebuah alasan tentang kehidupan. Mengapa kita di lahirkan ke dunia ini. Mengapa kita harus memgalami semua kejadian ini dalam hidup. Mengapa harus bertemu dengan orang-orang ini dalam perjalanan kehidupan.
Semua terangkum melalui banyak peristiwa yang dialami Ray sejak ia lahir hingga terbaring di ranjang selama 6 bulan.

Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu membuat saya dan kita berpikir bahwa hidup ini audah digariskan. Sudah dtentukan alur cweitanya. Hanya saja bisa sedikit berubah apabila ada hal-hal baik yang dilakukan sengan tulus meski itu sebuah kebaikan kecil.

Jika diminta untuk memberi bintang untyk novel ini, maka saya beri 4.7 bintang dari 5 bintang.

Novel ini sangat mengurah sisi spiritual, jadi siapkan diri untuk bermuhasabah dan siao mwmpwrbaiki diri.

Salam literasi

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta