√2 Alasan Monitoring Lebih Awal, Autoimun Henoch Schonlein Purpura
Header catatantirta.com

2 Alasan Monitoring Lebih Awal, Autoimun Henoch Schonlein Purpura

Monitoring henoch schonlein purpura


Catatan perjalanan pejuang Autoimun Henoch Shconlein Purpura (HSP)

Hai Sahabat Tirta,

Masya Allah, Alhamdulillah. 
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan kasih sayangnya kepada keluarga kami.

Tanggal 06 Februari 2024 menjadi hari yang kami syukuri. Akhirnya adik dinyatakan tuntas dan sehat dari autoimun Henoch Schonlein Purpura (HSP). Dokter Spesialis Konsultan Allergi dan Imunologi Anak, dokter Isman Jafar menutup monitoting adik setelah 1 tahun 3 bulan pengobatan. Pengobatan autoimun seharusnya dilakukan selama 1 tahun 6 bulan. Namun setelah lepas obat dari 6 bulan lalu dan adik tidak pernah kambuh lagi serta tidak menunjukkan gejala autoimun HSP maka pengobatan adik diselesaikan hanya 15 bulan saja.

Alasan Monitoring Lebih Awal

Ada 2 alasan monitoring lebih awan Autoimun Henoch Schonlein Purpura (HSP) yang diderita adik. Dua minggu sebelumnya, kami memutuskan untuk memajukan jadwal monitoring adik bertemu dengan dokter. Keputusan ini kami ambil dengan pertimbangan yaitu :

  • Tanpa perpanjang surat rujukan
  • Antisipasi libur panjang

1. Tanpa Perpanjang Surat Rujukan

Tenggat surat rujukan BPJS dari faskes pertama ke rumah sakit tipe B hanya berlaku selama 3 bulan. Surat ini harus diperpanjang jika ingin terus digunakan untuk berobat. Nah karena adik sedang tahap monitoring autoimun 3 bulan sekali bertemu dokter maka masa berlaku surat rujukan sama dengan rentang waktu bertemu dokter. Hal ini menjadikan langkah yang kami untuk monitoring ke rumah sakit tipe B lebih panjang yaitu minimal satu hari sebelum jadwal bertemu dokter konsultan Alergi dan imunologi anak dimana kami harus berkonsultasi dulu ke dokter spesialis anak di rumah sakit tipe C.

Kami merasa proses yang panjang tersebut perlu diringkas agar meminimalisir jangkauan adik ke rumah sakit yang tentunya bisa mencegah kemungkinan interaksi dengan lingkungan rumah sakit.

Jadi, kami pun memutuskan untuk mempercepat jadwal pertemuan dengan dokter konsultan alergi dan imunologi anak sehingga tidak perlu melakukan prosedur yang panjang tersebut. Tanpa perpanjang surat rujukan terlebih dahulu membuat kami lebih efisien waktu dan tenaga.

2. Antisipasi Libur Panjang

Kami memutuskan untuk memajukan jadwal kontrol adik bertemu dengan dokter konsultan alergi dan imunologi anak, karena dalam 1 minggu dijadwal yang seharusnya ada hari libur yang panjang. Long weekend di bulan Februari 2024 bertepatan dengan libur nasional peringayan Isrà Mìraj Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam pada hari kamis, 07 Februari 2024. Kemudian berselang dengan peringatan Tahun Baru Imlek bagi warga China di hari Sabtu, 10 Fenruari 2024. Hari Jumatnya di tanggal 09 Februari 2024 merupakan cuti bersama sehingga long weekend selama 4 hari yaitu dari hari kamis sampai dengan minggu.

Libur panjang identik dengan bepergian dan liburan

Libur panjang hingga akhir pekan ini memungkinkan dokter untuk cuti sehingga kami pun berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan rutin lebih awal.

Surat rujukan adik berlaku hingga tanggal 12 Februari 2024. Jika kami kontrol setelah tanggal tersebut, maka ada kemungkinan dokter pun sedang cuti sehingga harus menunggu waktu yang lebih lama untuk bertemu. Demi menghemat waktu dan tenaga, jadilah kami memutuskan untuk monitoring autoimun adik lebih awal.

Pendafataran Secara Online

Proses pendaftaran secara online kami lakukan melalui call center rumah sakit Hermina di nomor 1500488. Seorang customer service melayani dengan ramah untuk melakukan appoinment atau janjian. Hanya perlu menyampaikan beberapa data yang diminta oleh petugas di ujung telepon seluler yaitu ;

  • Nama pasien
  • Tanggal lahir pasien
  • Nama pasien
  • Dokter yang dituju
  • Tanggal pemeriksaan
  • Nomor telepon aktif
Setelah menjawab 5 pertanyaan di atas, petugas call center akan mengulang kembali data yang sudah disampaikan untuk memastikan bahwa semua yang diinput sudah benar.

Jika sudah dinyatakan benar maka petugas akan menanyakan apakah ada keperluan lain yang bisa dibantu. Apabila sudah cukup maka perbincangan akan ditutup dengan ucapan terima kasih yang khas bagi seorang jasa pelayanan informasi. Alhamdulillah selama ini mendapat petugas call center yang ramah dan sangat membantu.


(Lanjut bagian 2)




Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta