√9 Wahana Seru Di Ocean Dream Samudera Ancol, Jakarta Utara
Header catatantirta.com

9 Wahana Seru Di Ocean Dream Samudera Ancol, Jakarta Utara

Pergi ke hutan mencari harta
Tak terasa sampai ke Ampera
Kalau Sahabat main ke Jakarta
Ayo mampir ke Ocean Dream Samudra

Ocean dream samudra ancol jakarta utara

Hai, Sahabat.

Siapa nih yang pernah ke Ocean Dream Samudera Ancol, Jakarta Utara?
Atau
Ada yang belum pernah ke sana dan penasaran ada apa saja sih di Ocean Dream Samudra Ancol, Jakarta Utara. 

Nah, Tirta punya beberapa alasan yang bisa bikin kalian ingin berwisata ke Ocean Dream Samudra Ancol.

Simak sampai selesai biar makin yakin kalau wajib banget liburan ke sana.

Lokasi Ocean Dream Samudra Ancol 

Ancol menjadi objek wisata yang paling terkenal di daerah ibu kota Jakarta. Di dalam kawasan Ancol terdapat banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Ocean Dream Samudera Ancol.

Jika Sahabat ingin ke objek wisata Ocean Dream Samudera Ancol bisa memasukkan alamat di aplikasi map atau peta dengan menuliskan Jl. Lodan Timur N0.7 RT.14 / RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 14430. Dijamin akan tepat dan akurat sampai di tujuan.

Tentang Ocean Dream Samudra Ancol

Ocean Dream Samudra Ancol, Jakarta Utara sering disingkat dengan sebutan ODS. Objek wisata ini pertama kali diresmikan pada bulan Juni 1974 oleh gubernur yang menjabat saat itu yaitu bapak Gubernur Ali Sadikin. Tujuan utama dari objek wisata ODS adalah menjadi wahana dan sarana rekreasi yang berkaitan dengan laut agar masyarakat lebih mencintai aneka satwa laut dan juga menjaga lingkungan laut.

Satwa andalan yang ada di Ocean Dream Samudra Ancol adalah lumba-lumba. Selain lumba-lumba ada juga satwa lain seperti singa laut, penguin, dan beragam jenis ikan. Semua binatang tersebut menjadi bagian dari pertunjukan yang edukatif dan juga menyenangkan.

Pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukan para satwa bisa melihat jadwal yang terlampir di papan informasi ketika masuk ke area Ocean Dream Samudra Ancol. Bisa juga mengecek jadwal pertunjukannya di media sosial resmi Ocean Dream Samudra Ancol.

Tiket Ocean Dream Samudra Ancol

Pemesanan tiket Ocean Dream Samudra Ancol bisa langsung di akses  melalui web atau situs resmi Taman Impian Jaya Acol. Harga tiketnya sering kali mengalami perubahan. Apalagi ketika musim liburan atau hari-hari tertentu. Harga tiket ODS bisa saja naik dan juga turun. Maka dari itu bagi Sahabat yang ingin berkunjung ke Ocean Dream Samudra harus up to date harga tiket nya di situs resminya ya. Jangan sampai terlewat juga ketika ada promo dengan potongan harga yang lumayan loh.

Ohya sebagai informasi, bagi kalian yang ingin ke Ocean Dream Samudra juga harus membeli tiket masuk ke Ancol ya. Harga tiketnya terpisah atau berbeda dari setiap wahana rekreasi yang ada di Ancol. Jadi, tiket masuk Ancol ini semacam akses utama sebelum berkunjung ke wisata pilihan lainnya yang berada di Ancol seperti Dufan (Dunia Fantasi), Sea World, dan lainnya.

Semua tiket masuk Ancol dan wisata di dalamnya diakses melalui situs resmi milik pengelola Taman Impian Jaya Ancol. Ada tiket tunggal, tiket terusan, dan juga promo-promo menarik lainnya.

Jadwal Pertunjukan Ocean Dream Samudra Ancol

Sebelum masuk ke area wisata Ocean Dream Samudra Ancol, sahabat wajib melihat jadwal pertunjukannya yang sedang berlaku saat itu. Sahabat bisa melihatnya di situs resmi Ancol, selebaran yang dibagikan saat masuk ODS, atau papan informasi yang ada di beberapa titik di salam wilayah Ocean Dream Samudra Ancol.

Melihat jadwal pertunjukan Ocean Dream Samudra Ancol ini sangat penting sebab Sahabat bisa menyesuaikan semua jadwal agar bisa menonton semua pertunjukan yang ada. Ketika sahabat sudah mengetahui jadwal yang sedang berlaku, maka sekali datang ke Ocean Dream Samudra maka sahabat bisa menikmati semua pertunjukan yang ada tidak ada yang terlewat atau pun tertinggal sehingga bisa puas menikmati semua wahana dan pertunjukannya.

9 Wahana Di Ocean Dream Samudra Ancol

Ada beberapa wahana dan pertunjukan di Ocean Dream Samudra Ancol. Hampir semuanya gratis alis tidak dikenakan biaya lagi. Kecuali berinteraksi dan berfoto langsung dengan lumba-lumba dan foto box di spot tertentu. Semua wahana dan pertunjukannya seru dan menyenangkan.

Apa saja yang bisa dinikmati oleh pengunjung selama di Ocean Dream Samudra Ancol? Berikut lengkap dengan penjelasannya.
  • Dholpin Bay
  • Mola-Mola
  • Ubur-Ubur
  • Penguin And Touch Pool
  • Mermaid Show
  • Sea Lion And Friends
  • Dholpin Adventure
  • Cinema 4 Dimensi
  • Bumper Car

1. Dholpin Bay

Pertama kali masuk ke area Ocean Dream Samudra Ancol, Sahabat akan melihat wahana Dholpin Bay di sisi kiri pintu masuk. Di sana ada kakak-kakak petugas yang memberi edukasi seputar lumba-lumba. Mulai dari bagian-bagian tubuh lumba-lumba, makanannya, sampai cara kehidupan lumba-lumba.
Selesai mendapat penjelasan singkat tentang lumba-lumba, biasanya ada bonus bagi pengunjung terpilih yang mendapat kesempatan untuk berfoto bersama para lumba-lumba.

Bagi pengunjung lain yang juga ingin berfoto dan berinteraksi lebih dekat dengan lumba-lumba bisa membayar dengan harga tertentu untuk fasilitas tersebut. Biayanya sering mengalami perubahan jadi sahabat harus update infonya terlebih dahulu ya.

2. Mola-Mola

Mola-Mola merupakan wahana bermain yang bisa dicoba oleh semua pengunjung secara gratis. Kalian langsung saja mengantri dengan tertib agar bisa mencobanya. 

Wahana bermain Mola-Mola bentuknya lucu dan unik, terdapat dua kursi yang bisa dipakai oleh pengunjung. Kursi ini sudah lengkap dengan sabuk pengaman sehingga pengunjung aman selama Mola-Mola bergerak. 

Siapkan mental dan stok adrenalin kalian sebelum naik wahana ini sebab Mola-Mola meluncur di atas rel yang telah dibentuk jalurnya. Ada menanjak, berbelok, juga meluncur ke bawah.

3. Ubur-Ubur

Wahana selanjutnya di Ocean Dream Samudra Ancol yaitu Ubur-Ubur. Wahana permainan ini masih sejenis dengan Mola-Mola. Bentuk dari permainan Ubur-Ubur seperti balon udara. Ada keranjang sebagai tempat duduk dan balon menggembung di atasnya.

Wahana Ubur-Ubur bergerak memutar dengan ketinggian tetap. Kecepatannya pun rendah sehingga tak banyak memicu adrenalin. Jadi, permainan Ubur-Ubur ini bisa dinikmati oleh semua usia. Khusus bagi anak-anak harus didampingi oleh orang tua atau orang yang lebih dewasa.

4. Pinguin And Touch Pool

Wahana ini bukanlah permainan seperti Mola-Mola atau Ubur-Ubur. Penguin And Touch Pool menjadi media informasi bagi pengunjung tentang kehidupan penguin. Lokasinya berada satu ruang dengan Mermaid Show. Hanya berseberangan saja.

Penguin and Touch Pool didampingi oleh petugas yang menjelaskan banyak hal terkaie penguin mulai dari asalnya, ciri tubuhnya, makanannya, dan kehebatan penguin.

Wahana edukasi ini sangat cocok untuk anak-anak dan juga dewasa agar lebih peduli dan memperhatikan kelestarian penguin.

5. Mermaid Show

Seperti yang di informasikan sebelumnya bahwa lokasi Mermaid Show berseberangan dengan Penguin And Touch Pool. Biasanya telah diatur jadwal pertunjukan Mermaid Show setelah pertunjukan Penguin And Touch Pool. Hal ini memudahkan para pengunjung untuk bisa menonton semua pertunjukan di Ocean Dream Samudra Ancol.

Mermaid Show biasanya di buka oleh satu orang penyelam yang melakukan pertunjukan feeding fish di dalam aquarium besar dengan kaca transparan. Kaca ini menjadi media menonton para pengunjung. Semua pengunjung diwajibkan duduk lesehan selama pertunjukkan berlangsung.

Setelah penyelam menyelesaikan feeding fish yang spektakuler, maka dilanjutkan dengan atraksi Mermaid Show. Biasanya ada 2 mermaid yang kompak melakukan beberapa gerakan di dalam kolam. Mereka mengenakan pakaian mermaid yang cantik dan menggemaskan.

Pasca Mermid Show selesai, para pengunjung diberi kesempatan untuk berfoto bersama penyelam dan dua mermaid yang tampil sebelumnya. Acara foto bersama tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

6. Sea Lion And Friends

Pertunjukan selanjutnya yang sangat menarik di Ocean Dream Samudra Ancol adalah Sea Lion And Friends. Pertunjukan ini berisi dua ekor singa laut yang melakukan ebberapa atraksi atau gerakan. Atraksi 2 ekor singa laut ini didampingi oleh petugas yang juga merupakan pelatih dan pemelihara singa laut tersebut.

Pertunjukan singa laut biasanya diiringi oleh musik atau instrument yang lucu sehingga suasana atraksi menjadi lebih menarik, lucu, dan menggemaskan.

Tepuk tangan dan gelak tawa para pengunjung memenuhi tribun. Sudah dipastikan bangku-bangku tribun selalu penuh oleh pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukan Sea Lion And Friends.

Ohya teman dari Sea Lion ini adalah berang-berang, tikus, dan juga bebek-bebek yang menggemaskan.

7. Dholpin Adventure

Dholpin Adventure menjadi pertunjukan yang paling digemari dan dinanti oleh semua pengunjung Ocena Dream Samudra Ancol. Sebagai maskot utama di ODS pertunjukan lumba-lumba sangat dinanti. Bangku-bangku di tribun penonton selalu penuh bahkan berdesakkan. Semua ingin menyaksikan lumba-lumba beratraksi dengan lincah dan menggemaskan.

Selama pertunjukan Dholpin adventire atau petualangan lumba-lumba ada petugas yang mendampingi jalannya pergerakan lumba-lumba. Para petugas tersebut merupakan pelatih sekaligus penjaga atau pemelihara para lumba-lumba yang ada di Ocean Dream Samudra Ancol.

Selama pertunjukan Dolphin Adventure akan diiringi dengan pengetahuan singkat tentang lumba-lumba, lagu dan musik penunjang, serta beberapa perintah atraksi yang mengagumkan.

Para lumba-lumba dan pelatih memamerkan kebolehan mereka dengan penuh semangat sehingga para penonton pun ikut bersemangat. Riuh suara dan tepuk tangan menggema di sluruh penjuru tribun. terlebih lagi ketika para lumba-lumba bertingkah lucu dan menggemaskan.

Pada sesi akhir pertunjukan lumba-lumba, ada kejutan yang bisa membuat para penonton benar-benar syok.

Apa kejutannya? 

Langsung saja datang dan bermain ke Ocean Dream Samudra karena jika Tirta beritahu di sini maka tidak akan seru dan rasa penasaran Sahabat jadi berkurang.

8. Cinema 4 Dimensi

Wahana 4 Dimensi di Ocean Dream Samudra cukup menyenangkan. Para pengunjung diajak menyaksikan video pendek tentang aneka satwa dengan menggunakan kaca mata 4 dimensi berwarna hitam. Setiap pengunjung diberi 1 kaca mata di pintu masuk teater pertunjukan 4 Dimensi. kaca mata inilah yang mengubah tampilan video di layar menjadi lebih nyata dan sangat dekat.

Dalam ruang 4 Dimensi, para pengunjung duduk di kursi-kursi yang telah disediakan. Semua wajib mengenakan kaca mata agar visualisasi video dan gambar menjadi lebih nyata. Selama pertunjukan 4 Dimensi, kursi yang diduduki akan ikut bergerak menyesuaikan alur cerita dalam video tersebut. Serunya lagi ada tambahan semburan air dan hembusan angin yang membuat kesan makin nyata.

Setelah selesai menonton pertunjukan 4 Dimensi, seluruh pengunjung wajib mengembalikan kaca mata hitam yang sebelumnya telah dibagikan. Jadi kaca mata tersebut bukan diberikan ya sahabat, hanya dipinjamkan selama menonton di Cinema 4 Dimensi.

9. Bumper Car

Wahana permainan Bumper Car sebenarnya diperuntukkan bagi anak-anak usia 3-12 tahun. Namun petugas juga mengijinkan orangtua mendampingi anaknya yang belum bisa mengendarai Bumper Car sendirian. Setiap pengunjung bisa menganntri secara tertib dan bermain Bumper Car gratis dengan batas waktu tertentu. Sekitar 3-5 menit diberi kebebasan mengendarai permainan Bumper Car ini.

Fasilitas Di Ocean Dream Samudra Ancol

Sebagai tempat rekreasi keluarga, Ocean Dream Samudra Ancol menyediakan fasilitas yang lengkap seperti tempat wisata lain pada umumnya.

1. Musala

Ocean Dream Samudra Ancol menyediakan musala yang cukup luas untuk para pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah salat. Musalanya terletak di samping tempat pertunjukan Dholpin Adventure.

Para pengunjung bisa menggunakan musala secara gratis. Tempat wudhu yang disediakan juga bersih dengan air yang jernih dan sejuk. Bagusnya musala di Ocena Dream Samudra Ancol ini jauh dari toilet. Jadi tidak ada bau pesing dan kebisingan selama pengunjung melakukan ibadah salat.

2. Food Court

Ada beberapa lokasi foodcourt yang bisa menjadi pilihan para pengunjung yang ingin makan siang atau sekedar jajan cemilan. Sayangnya, foodcourt di Ocean Dream Samudra tidak cukup luas dan sedikit pilihan menu yang ditawarkan. Seringkali terjadi antrian panjang di jam makan siang sehingga banyak pengunjung yang memilih untuk membawa bekal sendiri. Beruntungnya pihak petugas tidak melarang pengunjung membawa makanan dari luar.

3. Toilet

Saran toilet di Ocean Dream Samudra Ancol cukup bersih. Meski seringkali terjadi antrian panjang karena jumlahnya terbatas, tetapi ada petugas yang berjaga untuk sigap membersihkan area toilet. Hal ini sangat membantu sebab toilet jadi selalu bersih dan tidak berbau pesing.

4. Area Parkir

Area parkir kendaraan roda dua, roda empat, dan bus berada tepat di seberang pintu utama Ocean Dream Samudra Ancol. Area nya sangat luas namun apabila area parkir tersebut penuh, maka pengunjung bisa mencari tempat parkir lain yang terdekat

5. Stand Oleh-Oleh

Sebagai tempat wisata tentu saja selalu ada stand oleh-oleh di sekitarnya. Ada beberapa stand oleh-oleh di sekitar Ocean Dream Samudra Ancol yaitu di area parkir dan di pintu ke luar. Pengunjung bisa membeli aneka kaos bermotif Ancol, topi, boneka, dan pernak-pernik lain untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

6. Foto Box 

Terakhir kali Tirta berkunjung ke Ocean Dream Samudra Ancol di bulan September 2023, ada fasilitas tambahan berupa foto box di dekat area Bumper Car. Sepertinya, fasilitas foto box ini bisa sewaktu-waktu berubah. Bisa ada bisa jadi dihapus karena hanya sementara.

7. Kursi Taman

Ada banyak kursi taman yang disediakan oleh pengelola Ocean Dream Samudra Ancol. Kursi - kursi taman ini bebas dipakai oleh pengunjung untuk beristirahat dan aktivitas lainnya.

8. Papan Informasi

Ada sekitar 2 atau 3 papan informasi yang di pasang sepanjang area Ocean Dream Samudra. Papan informasi ini berisi denah lokasi atau peta seluruh wahana, toilet, foodcourt, toilet, musala dan juga jadwal pertunjukan yang ada di ODS.

9. Panah Penunjuk Arah

Panah penunjuk arah berdiri di beberapa titik di persimpangan jalan dalam area Ocean Dream Samudra Ancol. papan penunjuk arah ini sangat membantu pengunjung yang bingung mencari arah atau lokasi tertentu di dalam area ODS. Dengan adanya panah penunjuk arah, maka pengunjung lebih mudah mencari lokasi yang dituju dan terhindar dari tersesat.

Tips Berwisata Ke Ocean Dream Samudra Ancol

Buat Sahabat yang ingin atau berencana liburan ke Ocean Dream Samudra Ancol, Tirta punya tips sederhana yang mungkin bisa bermanfaat nih.

1.Update Informasi

Sebelum berkunjung ke Ocean Dream Samudra Ancol, Sahabat sebaiknya membaca atau mencari informasi terbaru tentang ODS di akun resminya. Update informasi mulai dari harga tiket, wahana yang masih aktif, dan jam operasional pertunjukan seluruh wahana yang ada di Ocean Dream Samudra Ancol. Update informasi ini sangat penting karena bisa menjadi persiapan sebelum dan selama berada di ODS.

Misalnya saja tentang harga tiket masuk. Bisa jadi sedang ada diskon atau promo dengan S&K tertentu. Lumayan kan bisa dapat potongan harga.

Kemudian tentang jadwal pertunjukan. Ketika Sahabat sudah memiliki atau mengetahui semua jadwal pertunjukan di Ocean Dream Samudra, maka sahabat bisa mengatur waktu agar bisa menikmati seluruh wahana dan pertunjukan yang disediakan.

2. Pakaian Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat agar sahabat bisa bebas bergerak selama menikmati wahana-wahana seru di Ocean Dream Samudra Ancol.

Tirta sarankan juga membawa pakaian cadangan. Pakaian ini bisa dikenakan apabila sahabat terlalu banyak berkeringat atau basah ketika menikmati berbagai wahana di ODS.

3. Makanan dan Minuman

Berhubung di Ocean Dream Samudra tidak ada larangan membawa makanan dan minuman dari luar, maka sahabat bisa membawa bekal yang diperlukan selama berada di area ODS.

4. Obat-obatan Pribadi

Siapkan obat-obatan pribadi sebagai antisipasi penyakit yang bisa muncul selama berada di Ocean Dream Samudra. terutama bagi sahabat yang memiliki riwayat sakit tertentu, jangan lupa dibawa obatnya ya.

5. Dana Tambahan

Ada beberapa wahana yang membutuhkan biaya tambahan di luar harga tiket. Jadi sahabat bisa membawa dana tambahan untuk jaga-jaga apabila ingin merasakan wahana tersebut. Bisa juga untuk membeli makanan dan minuman yang sudah habis.

Nah gimana, Sahabat?

Penasaran dong sama 9 Wahana seru di Ocean Dream Samudra Ancol?

Segera cari informasi terbarunya dan datang langsung untuk menikmati semua wahana nya.

Selamat berlibur




Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta