√Ulasan Buku Momcoaster Komunitas Ibu Hebat
Header catatantirta.com

Ulasan Buku Momcoaster Komunitas Ibu Hebat

Hai, Sahabat.

Sebuah buku antologi berjudul Momcoaster dari para bunda hebat mengungkapkan berbagai cerita. Kisah para ibu dalam menjalankan perannya sebagai perempuan, istri dan juga ibu dalam sebuah keluarga. Menebas semua tantangan hidup yang terjal dan berduri. Mungkin satu diantaranya merupakan kisah yang sama dari kehidupan kita.

Identitas Buku

Setiap buku tentu memiliki identitas sebagai informasi singkatnya. Nah, berikut identitas dari buku Momcoaster.
  • Judul                   : Momcoaster
  • Penulis                : Komunitas Ibu Hebat
  • Penerbit              : Jejak Publisher
  • Tahun terbit        : Maret 2021
  • Jumlah halaman : 287 halaman
  • ISBN                  : 978-623-247-939-5
  • Dimensi              : 14 x 20 cm
  • Harga                  : Rp. 75.000
Judulnya sangat menarik ya, sahabat? apa hubungannya antara mom yang berarti ibu dengan coacter yang terdengar seperti permainan ektrim yang meicu adrenalin?
Penasaran? Harus baca sampai selesai ya.

Sinopsis Buku

Buku Momcoaster ini merupakan  kumpulan kisah para ibu dalam menjalani pasang surutnya kehidupan bersama keluarga. Seperti yang dituliskan pada halaman belakang buku yang menjelaskan tentang perempuan dan keunikannya.

Momcoaster

Perempuan. Makhluk kompleks yang katanya bisa mengeluarkan 20.000 kata/hari. Menggunakan perasaannya melebihi logika. Nyatanya, bisa menjalani banyak peran dalam kehidupan. Terlebih setelah menikah, perempuan harus menjadi istri, habkan ibu, tetapi tetap seorang anak dari orang tuanya dan bagian dari masyarakat. Sayangnya, hidup tak pernah benar0benar seindah cerita dongeng atau drama. Dimana setelah menikah yang ada haro-hari bahagia bersama pangeran. Namun, kehidupan setelah pernikahan, apalagi setelah mempunyai anak, memberikan banyak warna bagi seorang perempuan.

Ada yang membuat tersenyum, tapi ada juga yang rasanya berat untuk dilalui. Maka dari itu, melalui buku ini, para istri dan ibu akan bercerita mengenai 'keseruan' hidup mereka yang bak roller coaster. Bahkan kalian tidak sendiri melalui perjuangan ini. Bahwa kehidupan pernikahan tak seindah foto-foto di instagram, tapi juga tak seseram film horor.

Antologi Momcoaster

Momcoaster merupakan buku antologi bergenre faksi yaitu perpaduan antara kisah nyata/fakta dengan bumbu-bumbu fiksi. Buku antologi Momcoaster diprakarsai oleh komunitas Ibu Hebat yang berisi para penulis perempuan, Khusus dalam antologi Momcoaster ini, ada 23 penulis yang bergabung membentuk sebuah buku penuh cerita. Ada empat pengelompokkan kisah yang mewakili beberapa perjalanan kehidupan dalam buku Momcoaster ini, yaitu :
  • Mom and Herself
  • Financial Challenge
  • Mom and Kids
  • Expert Say

1. Mom and Herself

Bagian pertama dalam daftar isi buku Momcoaster terkumpul dalam Mom and Herself. Berisi kisah para ibu tentang dirinya dalam mencari jati diri, menemukan passsion, dan alasan kuat untuk memilih langkah terbaik dalam melanjutkan kehidupan.

2. Financial Challenge

Pada bagian kedua ditulis oleh dua orang penulis yang menceritakan perjuangannya dalam mengahdapi ujian finansial. Kisah yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita bahwa rumah tangga bukan hanya bermodal cinta tetapi juga materi.

3. Mom and Kids

Bagian ketiga menjadi sisi paling nyata yang sering terjadi pada ibu saat mendampingi tumbuh kembang anak-anaknya. Tentang kebahagiaan dan perjuangan menjalankan peran sebagai seorang ibu dengan berbagai tantangannya.

4. Expert Say

Buku antologi Momcoaster ditutup dengan kisah kesadaran diri atas semua yang dimiliki. Atas sikap yang harus diambil dan langkah yag harus ditempuh. Satu kisah di bagain empat ini sangat dekat dengan kita yaitu berkaitan dengan Inner Child yang sering kali berisi luka yang belum sembuh. 

Banyak diantara kita tidak menyadari bahwa inner child sangat berpengaruh pada peran kita dalam mendidik anak. Kisah masa lalu yang belum dilepas secara ikhlas bisa menjadi pola berulang dalam mendidik anak. Maka dari itu, baiklah bagi kita untuk mennyelesaikan inner child sebelum menjadi orang tua.

Penutup

Buku Momcoaster ini menjadi salah satu buku antologi Tirta. Ya, Tirta menjadi salah satu penulis di buku Momcoaster ini. Ulasan buku Momcoaster Komunitas Ibu Hebat ini menjadi refleksi diri untuk terus berusaha dan berjuang menjadi diri sendiri, menjadi istri yang baik, dan ibu terbaik untuk anak-anak.

Kisah-kisah yang terjadi pada diri teman-teman penulis menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi Tirta. Kami saling mengisi dan menguatkan juga memotivasi. 

Buat kalian para ibu, percaya dan yakinlah bahwa kalian semua adalah Ibu Hebat. Kalian semua adalah perempuan tangguh dan kuat. Jalani kehidupan dengan penuh rasa syukur. Ambil peran yang membuatmu bahagia.

Setiap laku kita sangat berdampak bagi diri dan keluarga. Lakukan yang terbaik, maka hasil tak akan memungkiri prosesnya.

Peluk kasih untuk semua ibu hebat. 

Kalian luar biasa.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta