√Kopi Banaran Café Ambarawa ( Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang)
Header catatantirta.com

Kopi Banaran Café Ambarawa ( Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang)

Banaran café ambarawa (banaran 9 coffe and tea gemawang)


Hai sahabat.
Siapa nih yang masuk tim pecinta kopi? Sini gabung sama Tirta.
Buat sahabat yang tinggal di daerah Semarang khususnya sekitar Ambarawa, Bawen, Temanggung, Magelang, Purworejo, bahkan Yogyakarta pasti tidak asing dengan Kopi Banaran yang legendaris di Banaran Café Ambarawa atau yang lebih dikenal dengan nama Banaran 9 Coffe And Resto Gemawang.

Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang berdiri di lokasi yang sangat strategis yaitu di jalur utama penghubung antara Semarang, Yogyakarta, Magelang, dan juga Purworejo. Lebih tepatnya, Banaran Café terletak di Jl. Semarang-Yogyakarta, Krajan, Gemawang, Kec. Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ohya Sahabat, Banaran 9 Coffe and Tea Gemawang ini berbeda dengan Kampoeng Kopi Banaran. Banaran Coffe And Tea Gemawang ini lebih fokus pada resto, bukan penginapan.

Banaran 9 coffe and tea gemawang ambarawa semarang café

Sebelum kita ngomongin Banaran Café Ambarawa ( Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang) lebih detail, Tirta mau kasih tahu dulu nih tentang manfaat kopi. Banyak alasan untuk menjadi pecinta kopi. Salah satunya adalah manfaatnya. Kafein dan kandungan zat lainnya di dalam kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dengan catatan kopi dikonsumsi dengan cara yang benar dan takaran yang ideal ya sahabat.

Manfaat kopi bagi tubuh dan kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Tubuh

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan dan ahlinya, kandungan zat-zat pada kopi memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya yaitu :
  • Menjaga kesehatan otak
  • Menjaga kadar gula dalam darah
  • Mencegah depresi
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkat energi
  • Mencegah kanker
  • Menjaga kesehatan hati
  • Menurunkan risiko kematian
  • Mengontrol gejala parkison
  • Mencegah peradangan pada tubuh
Nah, setelah mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, makin yakin dong kalau minum kopi itu bukan cuma untuk teman nongkrong tapi juga memberi asupan bermanfaat bagi tubuh.
Intip detail manfaat kopi di sini : Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Lanjut soal Banaran Café Ambarawa ya sahabat.

Menikmati kopi banaran paling mantap jika langsung di pusatnya atau di tempat pengolahannya. Dari beberapa cabang kopi Banaran, Tirta menyukai Banaran Café Ambarawa. Faktor utamanya tentu saja karena lokasinya yang mudah dijangkau sebab jalur mudik Tirta selalu melintasi Banaran Café ini.

Saat mampir ke Banaran Café Ambarawa atau Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang, sahabat akan disambut dengan nuansa yang sejuk dan tenang. Pepohonan nan rindang memenuhi hampir seluruh area café. Rasanya damai sekali menikmati secangkir kopi di bawah teduhnya pohon berlatar dedaunan kering. Mata kita akan dimanjakan oleh hijaunya rumput dan pohon di seluruh sisi café.

Fasilitas di Banaran Cafe Ambarawa

Umumnya sebuah tempat wisata atau kuliner, Banaran Cafe Ambarawa ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan menarik. Apa saja fasilitasnya? Berikut daftarnya.

  1. Area parkir
  2. Galeri kopi
  3. Kebun dan pabrik kopi
  4. Saung
  5. Mainan anak / playground
  6. Musala
  7. Wastafel
  8. Toilet
  9. Spot foto Instagramable
  10. Pojok batik Gemawang

1. Area Parkir

Area parkir banaran café ambarawa, banaran 9 coffe and resto gemawang


Banaran Café Ambarawa menyediakan area parkir tepat setelah pintu masuk. Sayangnya, area parkirnya tidak begitu luas. Ini mungkin disesuaikan dengan rata-rata jumlah pengunjung yang sudah dianalisa oleh pihak pengelola café.

2. Galeri Kopi

Saat sahabat datang ke Banaran café, tidak ada salahnya berjalan-jalan sambil mempelajari hal-hal tentang kopi. Mulai dari bentuk pohonnya, daunnya, jenisnya, sampai proses pengolahannya. Banaran Café Ambarawa memamerkan galeri sederhana tentang kopi yang bisa menambah wawasan para pengunjung.

3. Kebun dan Pabrik Kopi

Kebun dan pabrik kopi banaran 9 coffe and tea gemawang


Ini salah satu keunggulan dari Banaran Café Ambarawa. Tepat di sisi kiri café ada kebun kopi yang luas dan pabrik pengolahannya. Wilayah Ambarawa memang dikenal dengan perkebunan kopi yang subur dan luas. Tak heran jika kopi Banaran bersumber dari kebun kopi yang dikelola sendiri.
Pengunjung diperbolehkan melihat-lihat kebun kopi dan proses pengolahannya tanpa dikenakan biaya tambahan.

4. Saung

Ada beberapa saung yang berdiri di bawah pohon rindang. Saung-saung ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati kopi Banaran dan aneka makanan khas Banaran Café. Jumlahnya cukup banyak dan tersebar di beberapa titik. Mulai dari area depan café, samping, hingga belakang.

Selain saung, ada juga meja-meja dan kursi yang ditata apik di dalam café. Pengunjung bisa menikmati aneka sajian di dalam café yang dihiasi pernak pernik klasik khas Jawa.

5. Mainan Anan atau Playground

Playground banaran 9 coffe and tea gemawang banaran café ambarawa


Keunggulan lain dari Banaran Café Ambarawa yaitu adanya playground yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak. Jadi, para pengunjung dapat membawa serta seluruh anggota keluarganya untuk bersantai di Banaran Café.

Ada perosotan, ayunan, halang rintang dari ban bekas, jembatan petualangan, dan APV roda tiga. Untuk APV ini kadang bisa dipakai, kadang tidak beroperasi. Kabar baiknya, meski tidak dijalankan, APV tersebut boleh dinaiki untuk sekedar berfoto atau mencobanya.

6. Musala

Musala menjadi satu fasilitas utama yang penting pada setiap tempat wisata. Musala yang ada di Banaran Café Ambarawa bersih dan nyaman. Mukena, sarung, sajadah, dan juga Al Qur’an disediakan dengan tatanan yang rapi dan wangi. Para pengunjung tidak perlu khawatir bau dan kotor sebab kebersihan Musala dan perlengkapannya sangat dijaga. Tempat wudhunya pun bersih dan terpisah dari toilet sehingga terhindar dari najis.

7. Wastafel

Banaran Café Ambarawa menyediakan wastafel di beberapa titik. Ini memudahkan para pengunjung ketika akan mencuci tangan sebelum menyantap sajian yang dipesan. Satu benda sederhana tetapi menambah nilai dari sebuah tempat wisata dan kuliner.

8. Toilet

Seperti yang pernah Tirta katakan ,
“Jika ingin mengetahui kualitas suatu tempat, maka lihatlah toiletnya”
Bagi Tirta, tingkat kebersihan toilet mencerminkan mutu dari sebuah tempat. Bagusnya, toilet di Banaran Café Ambarawa ini bersih dan wangi. Ada wastafel dan cermin juga di area toilet. Kalian bisa memperbaiki penampilan di sini. 

9. Spot Foto Instagramble

Spot foto banaran 9 coffe and tea café agemawang banaran café ambaraaa


Sudah menjadi sarana umum bahwa setiap tempat wisata harus ada spot foto yang instagramable. Banaran Café Ambarawa juga tidak kalah dengan trend ini. Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan latar dan dijamin bikin foro kalian cantik dan menarik.

10. Pojok Batik Gemawang

Pojok batik gemawang di café banaran ambarawa banaran 9 coffe and tea gemawang


Ada satu tempat di sudut ruangan di dalam café. Tirta menyebutnya pojok batik Gemawang. Di sana ada area untuk membatik dengan canting dan aneka kain hasil batikan. Ini adalah ikon penting di Banaran 9 Coffe and Tea karena dari sinilan nama Gemawang berasal.

Keunggulan Banaran Cafe Ambarawa (Banaran 9 Coffe and Tea Gemawang)

Melihat banyaknya fasilitas unggulan di Banaran Café Ambarawa tentu saja menjadi daya tarik pengunjung. Semua fasilitas tersebut semakin lengkapan dengan pelayanan café yang ramah dan sopan. Para pramusaji melayani dengan 5S paten yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. Bahkan penjaga parkirnya pun ramah dan sopan.

Menu Andalan Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang, Semarang

Sesuai dengan namanya, menu andalan dari Banaran 9 Coffe And Tea tentu saja kopi Banaran. Sajian terpopuler dari kopi Banaran adalah Hot Signature Banaran. Harga kopi ini masih di bawah 50k. Para pecinta kopi wajib mencobanya olahan kopi dengan housebland antar  robusta dan arabica dengan perbandingan 50:50. Secangkir kopi Banaran dengan aroma yang khas menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pecinta kopi.

Menu banaran café ambarawa semarang harga terjangkau

Keunggulan lainnya dari Banaran Café Ambarawa adalah penyajian menu yang cepat, rapi, dan unik. Segelas kopi bisa sangat menarik dan rasanya tidak sayang banget buat diminum. Bawaannya hanya dilihat dan difoto saja.

Ada banyak menu yang ditawarkan di Banaran Café Ambarawa ini. Tentu saja nomor satu adalah kopinya. Ada Americano, Kopi gula aren, torabika dan robusta, serta sajian kopi lainnya.

Menu andalan banaran café ambarawa di banaran 9 ciffe and tea gemawang

Selain kopi dengan berbagai bentuk sajian, ada juga cemilan dan makanan berat. Aneka gorengan mulai dari mendoan tempe dan tahu, pisang goreng, singkong goreng, dan juga kentang goreng. Sedangkan untuk masakan lain sahabat bisa memesan nasi goreng, mi goreng, dan berbagai olahan ikan juga ayam. Dijamin komplit dari makanan lokal hingga intenasional.

Masalah harga, sahabat tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Biaya jajan dan kulineran di sini cukup terjangkau. Tinggal menyesuaikan jenis pesanan dan jumlahnya. Namun, untuk harga kopi Banaran sendiri tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Bagi para pecinta kopi, demi menikmati kopi Banaran tak ada ruginya menyiapkan dompet lebih tebal.

Baik sahabat Tirta, itu tadi Banaran Café Ambarawa (Banaran 9 Coffe And Tea Gemawang) yang super lengkap dan enak. Bonus suasana yang nyaman juga teduh diantara pepihonan. Ga akan rugi mampir ke sini loh.
Intip juga 

Buat kalian yang sudah pernah ke Banaran Café Ambarawa bisa dong sharing pengalamannya di kolom komentar.

Salam kuliner dari pecinta kopi.

25 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta
  1. Hehehe,aku belum pernah ke semarang. Sebagai penikmat kopi,jadi pingin main dan icip kopi banaran cafe ambarawa. Di batik corner, kita bisa praktek membatik kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib mampir mba, kopinya mantap. Mendoannya juga.
      iya bisa nyobain membatik

      Hapus
  2. Banaran cafe memang kopinya enak. Saya biasanya ke cafe Banaran yang arah Salatiga mbak, yang di Bawen.

    BalasHapus
  3. Aku suka kopi mbak :D wajib coba nih ya, semoga punya kesempatan kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa nyobain. Di beberapa rest area pantura juga ada cabangnya hanya beda suasananya aja bukan di pepohonan, hehe

      Hapus
  4. Say setuju dg quote nya.. klo ingin tau kualitas suatu tempat bahkan karakter orang lihat dari toiletnya

    BalasHapus
  5. Cukup lengkap, bisa bawa keluarga mampir kesini pas main ke Semarang. Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, walau ga besar tapi lengkap fasilitasnya

      Hapus
  6. Salah satu tempat ngopi kesukaan kami kalau mudik nih

    BalasHapus
  7. Salah satu tempat ngopi kalau mudik nih. Tempatnya adem cocok banget buat istirahat

    BalasHapus
  8. Mantab juga jni kak, tempat kopi tapi ada butiknya juga yaa.. kapankapan dicoba kalau ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes wajib mampi, cocok banget buat santai sambil menghirup udara segar

      Hapus
  9. Mantab ini Kak. Kapankapan dicoba kalau pas lagi ke Semarang

    BalasHapus
  10. Waaah... mantap nih...luas banget ya.. cocok jadi ampiran kalau pas ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mba. sejenak melepas lelah sambil menikmati aneka kopi dan sajian lainnya. Anak-anak juga bisa main

      Hapus
  11. Wahh seru tempat ngopi dan asik juga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Teh, seru bawa anak-anak. mereka main, kita ngopi, hehehe

      Hapus
  12. Anakku pernah outbound di sini sama sekolahnya. Kalau saya baru lewat aja. Eh tapi itu yg di Bawen Ding lupa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang buat outbound yang Kampoeng Kopi Banaran, kalau ini cafenya aja sama beberapa fasilitas komplit

      Hapus