√Optimasi SEO On Page Bikin Blog Kamu Disukai Google
Header catatantirta.com

Optimasi SEO On Page Bikin Blog Kamu Disukai Google

optmasi seo on page bikin blog kamu disukai google
SEO On Page


Hai Sahabat Tirta,

Catatan Tirta kali ini mau menuliskan tentang Optimalisasi SEO On Page yang bikin blog kamu disukai google. Sebelum kita mengulik lebih jauh tentang SEO On Page, aku mau tanya dulu nih. Sahabat sudah tahu apa itu SEO?
Apa kaitannya SEO dengan blog?
Yuk, merapat. Kita bincang santa tentang SEO
 

Sekilas Tentang SEO

 SEO merupakan singkatan dari dalam Bahasa Inggris yaitu Search Engine Optimization.

Secara garis besar, SEO ini merupakan cara yang dipakai para blogging untuk mendapatkan traffic blog jangka Panjang namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. SEO membantu blogger agar dapat mengoptimalkan blognya sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari. Ketika seseorang atau pengguna mencari informasi di mesin pencari (seperti google) maka artikel atau konten yang ada di blog kita akan muncul di barisan atas pada hasil pencarian.

Dengan mengikuti kaidah-kaidah SEO, maka artikel atau konten yang ada di bloh kita akan mudah dikenali oleh mesin pencari. Semakin lama article atau konten kita muncul di barisan paling atas dari hasil pencarian, maka semakin tinggi pula kemungkinan pengunjung atau pembaca yang mampir ke blog kita.

Teknik SEO ( Search Engine Optimization )

Ada tiga teknik SEO yang bisa dipakai para blogger, yaitu :

1. White

Teknik White merupakan jenis SEO yang murni tanpa adanya tipu-tipu algoritma.

2. Black


Teknik Black merupakan jenis SEO yang menggunakan cara tertentu agar blog memiliki banyak pengunjung dengan cara yang tidak murni. Biasanya menggunakan akun-akun palsu untuk menaikkan traffic. Namun, apabila car aini diketahui oleh google, maka artikel bisa terancam dihapus dari pencarian. Parahnya lagi, blognya juga bisa diblack list oleh google.


3. Grey


Teknik ini menggunakan cara gabungan antara white dan black. Terkadang artikel atau konten yang memakai Teknik Grey aman dari Analisa google, tetapi jika kurang beruntung bisa juga di black list oleh google.

Manakah dari tiga Teknik di atas yang paling aman digunakan? Tentu saja banyak para blogger yang memilih Teknik white untuk optimasi blognya. Walaupun ada juga blog yang menggunakan Teknik black maupun grey, namun demi keamanan blog lebih baik memaksimalkan Teknik white saja.

Seiring perkembangan jaman, kaidah-kaidah SEO mengalami banyak perubahan. Dulu, SEO diaplikasikan dengan cara menebalkan keyword atau kata kunci, memberi garis bawah pada keyword, menebalkan keyword, dan juga memiringkan keyword. Namun, saat ini ilmu tentang SEO semakin berkembang. Para blogger terus mengupdate pengetahuannya tentang SEO yang menjadi daya Tarik dalam mesin pencarian / google.

Apapun Teknik SEO yang digunakan dlam pembuatan artikel, point utamanya adalah membuat artikel yang bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjawab kebutuhan pengguna. Artikel yang dibuat secara lengkap akan menjadi nilai tambah pada pencarian sehingga akan sering direkomendasikan oleh google.

Jenis SEO ( Search Engine Optimization )

Ada dua jenis SEO yang bisa dioptimasi sebagai optimasi blog kamu supaya mudah dikenali dan disukai mesin pencari.

1. SEO On Page


SEO on page itu ibarat inner beauty sebuah blog. SEO On Page menjadi inti dari blog atau pondasi blog. apabila Seo On Page nya rapuh maka blog juga akan mudah runtuh. Hasilnya, blog yang kita miliki tidak mudah terbaca oleh google. SEO On Page merupakan elemen-elemen inti yang berkaitan dengan blog atau website kita, seperti kualitas konten/ artikel, kecepatan halaman, dan internal link.

Kualitas konten dilihat pada isi artikel yang ditulis. Apakah artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca/pengunjung atau tidak. Apakah isi konten mampu menjawab pertanyaan dari pengguna/pengunjung atau tidak.

SEO On Page juga berkaitan dengan heading atau judul, gambar, meta deskripsi, dan lain sebagainya.

2. SEO Off Page


SEO Off Page lebih menitik beratkan pada penguatan elemen-elemen SEO yang berada di luar blog yang dikelola. SEO Off Page digunakan sebagai pencitraan blog untuk meningkatkan value blog di mata google. SEO Off Page ini berkaitan dengan link building, brand mention, pemasaran media sosial, DA, dan PA.
 
kaidah seo on page bikin blog kamu disukai google
Kaidah SEO On Page



Kaidah-kaidah SEO

1. SEO On Page

Ada banyak elemen yang perlu diperhatikan dalam SEO On Page, yaitu :

a. Judul

Gunakan judul yang berisi kunci yang akan dipakai. Sahabat bisa melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan judul yang tepat. Perlu diketahui bahwa jumlah maksimal judul sebuah blog adalah 55 karakter.

b. Permalink

Kata kunci atau keyword juga harus ada di permalink. Jumlah maksimal permalink adalah 75 karakter. Karakter ini sudah dihitung dari awal http atau https.

c. Deskripsi

Kata kunci atau keyword yang ada di deskripsi maksimalnya adalah 150 karakter. Tuliskan deskripsi yang sangat mewakili artikel kalian ya Sahabat Tirta.

d. Paragraf Pertama

Pada paragraf pertama, kata kunci bisa diletakkan di kalimat pertama, kalimat kedua atau kalimat ketiga. Utamanya adalah kata kunci harus ada di paragraf pertama.

e. Stop Cara Jadul Penulisan Keyword atau kata kunci

Sahabat Tirta tidak perlu menggunakan kata kunci yang di tebalkan, dimiringkan atau di garis bawahi. Meski masih ada saja blog yang menggunakan cara tersebut, lebih baik tidak digunakan karena saat ini system algoritma google sudah canggih.

f. Paragraph Akhir

Kata kunci yang digunakan harus muncul di paragraf akhir atau paragraf penutup. Sahabat bisa menuliskan kata kunci di bagian kesimpulan atau sebagai kalimat penutup.

g. Jumlah Kata

Saat ini pandangan orang tentang jumlah minimal kata di sebuah artikel berbeda-beda. Ada yang menyebutkan minimal 300 sampai 500 kata. Ada pula yang menyarankan minimal 800 kata. Bahkan menurut Neil Patel semakin panjang kata pada sebuah artikel maka semakin bagus. Apabila bisa mencapai 2000 kata, maka akan semakin disukai google. 

Akan tetapi berapapun jumlah kata yang ada pada konten, intinya adalah artikel kita bisa menjawab pertanyaan pengguna. Artikel yang kita buat isinya komplit, dan dapat menjawab kebutuhan pengguna yang mencari artikel. Tidak perlu memusingkan jumlah kata yang terlalu banyak karena saat ini masih banyak orang yang menyukai tulisan panjang meski banyak juga yang suka tulisan singkat.

h. Optimalkan Paragraf

Dalam penulisan artikel gunakan kalimat yang efektif. Usahakan kalimatnya jangan terlalu Panjang. Kalaupun terdapat kalimat yang Panjang, maka cukup satu sampai dua kalimat dalam satu paragraf.

i. Heading

Gunakan struktur yang runut dalam heading 1, heading 2, dan seterusnya. Di dalam Beri penekanan pada setiap heading. Gunakan format berupa point ataupun angka dalam setiap heading. Jangan lupa dalam heading tersebut harus ada kata kunci.


j. Optimasi gambar

Sebelum Sahabat menambahkan gambar pada artikel, maka sebaiknya beri nama gambarnya terlebih dahulu. Rename dulu gambar dengan menggunakan kata kunci pada heading baik h1,h2, atau h3 seterusnya. Jangan lupa isi juga alt isi dan title imaje dengan kata kunci atau keyword.

k. Link pada artikel

Ada internal link dan link external yang bisa ditambahkan pada artikel. Link internal adalah link yang ditambahkan dalam artikel merupakan link yang berasal dari blog sendiri. Sedangkan External link berisi link yang berasal dari blog atau web lain. Misal dari blog referensi atau blog permintaan klien.

l. Gunakan LSI Keyword atau Padanan Kata

Kata kunci yang relate dengan kata kunci yang diinginkan, bisa ditebarkan di seluruh artikel baik H1,h2, imaje dll.

m. Share di media sosial

Membagikan link blog di media sosial dilakukan sebagai media signal untuk menguatkan link building agar cepat mendapat viewer.

n. Lakukan inspect URL

Buat akun di google search consult agar cepat dikenali google dan dikenali mesin pencari sehingga muncul di pencarian atas.


2. Kaidah SEO Off Page

Ada beberapa elemen di SEO Off Page

a. Rajin share ke media sosial

Dengan share ke media sosial maka akan memberi sosial signal ke google. Sahabat Tirta bisa membagikan artikel ke facebook, pinterest, Instagram, dll. Aktivitas membagikan link ke media sosial tersebut dapat membuat value blog kita naik.

b. Pahami link building

Saling memberi link dan membantu blogger lain untuk dapat otoritas bagus agar dibaca sebagai blog bagus oleh google. Link building bisa dilakukan dengan cara setiap blogger sama-sama saling merekomendasikan, saling menguatkan, dan saling bergandengan tangan, atau juga bisa dengan guest post ke blog lain yang menerima tulisan blog lain sehingga bisa tayang di blog lain.

c. Intip eksekusi off page blogger lain

SEO Off Page juga bisa menggunakan tool berbayar dan gratisan. Tetapi tool yang gratisan tidak bisa optimal untuk mengintip kualitas link bulidingnya blogger lain. Tool ini bisa digunakan untuk melihat nanam link blog lain, nanam blog harus konsisten, mencari link ke web yang , dan bisa bikin DA PA tinggi.

d. Konsisten dan No barbar

Sahabat bisa konsisten nanam link tapi jangan langsung banyak karena bisa menimbulkan kecurigaan google.

Mengenal Algoritma Google

Untuk mengenal algoritma google, ada yang dinamakan EAT:
  1. Expertise / Ahli : Artikel ditulis oleh ahlinya dan berspesifik niche. Semakin ahli penulis blog semakin google akan percaya dan merekomendasikan. Contoh blogger personal yang bukan dokter akan kalah dengan blog spesial dokter seperti hallo dok dll. Google suka blog yang punya spesifik nhice.
  2. Authoritativeness : Blogger dapat membuat google kenaldirinya lewat halaman about. Tuliskan portofolio pada halaman about dengan isi yang lengkap agar google pecaya bahwa kita bukan robot. Tuliskan portofolio sebagai bukti ke google, semakin autoritas penulisnya, maka semakin google percaya dan semakin merekomndasikan blog kita. Jika menggunakan nama pena bukan nama asli maka branding diri dengan cara lain dan beri logo atau gambar yang meyakinkan google kenal serta pembaca juga kenal.
  3. Trusthworthiness : Aktifkan HTTPS. Saat pasang TLD aktifkan HTTPS karena TLD biasanya HTTP. Jika tidak diaktifkan nantinya blog akan sulit dibuka dan dianggap web / blog tidak aman oleh google.
manfaat seo on page bikin blog kamu disukai google
Optimasi SEO On Page Bikin Blog Kamu Disukai Google


Manfaat SEO On Page

Optimasi SEO On Page bikin blog kamu disukai google karena dari SEO On Page memiliki banyak manfaat, yaitu :
  • Meningkatkan traffic pengunjung
  • Meningkatkan kualitas artikel
  • Mudah ditemukan pembaca
  • Membantu google mengenali blog
  • Menigkatkan personal branding
  • Konten / artikel tepat sasaran
  • Meningkatkan kepercayaan pembaca
  • Membantu artikel/konten terbaca di mesin pencarian

Meningkatkan Traffic Pengunjung

Artikel yang dibuat dengan mengikuti kaidah-kaidah SEO akan mudah dikenali oleh mesin pencari atau google. Blog kamu akan disukai google. Saat artikel tersebut sudah dikenali google, maka akan mudah ditemukan dan dibaca oleh pengguna atau pengunjung. Semakin banyak pembaca, maka dapat meningkatkan traffic pengunjung artikel atau blog.

Meningkatkan Kualitas Artikel

Kaidah-kaidah SEO On Page yang dioptimasi pada blog akan meningkatkan kualitas blog. Artikel pada blog menjadi lebih menarik dan mudah dikenali google. Selain itu, artikel yang berkualitas akan menjadi keunggulan blog sehingga manfaatnya bisa dinikmati oleh pengguna atau pengunjung. 

Mudah Ditemukan Pembaca

Ketika pembaca menggunakan mesin pencari untuk menemukan sebuah artikel, maka tulisan Sahabat bisa mudah ditemukan pembaca apabila telah memenuhi elemen-elemen SEO yang ada. Google mengenali artikel Sahabat dari optimasi SEO On Page yang diterapkan pada artikel. Otomatis, artikel Sahabat akan muncul di hasil pencarian dan ditemukan pembaca.

Membantu Google Mengenali Blog

Setiap artikel atau konten dibuat dengan memenuhi kaidah-kaidah SEO, maka google akan mudah mengenalinya. Seluruh kaidah SEO membantu google mengenali blog Sahabat sehingga google akan lebih sering menampilan blog atau artikel Sahabat di pencarian.

Konten / Artikel Tepat Sasaran

Konten atau artikel yang dibuat sesuai dengan judul yang ditampilkan, akan sangat membantu para pengguna untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan. Pemberian judul yang sesuai dengan isi artikel merupakan bagian dari SEO On Page. Jadi ketika Sahabat membuat konten atau artikel dengan kaidah SEO On Page yang baik dan benar, maka konten / artikel tepat sasaran.

Meningkatkan Kepercayaan Pembaca

Masih berhubungan dengan judul dan isi artikel yang sesuai. Apabila blog kita berisi konten atau artikel yang sinkron antara judul dan isi, maka akan meningkatkan kepercayaan pembaca untuk kembali mengunjungi blog Sahabat.

Membantu Konten / Artikel Terbaca Di Mesin Pencari

Semua kaidah SEO On Page yang telah dilampirkan di atas menjadi jalan untuk membantu konten / artikel terbaca di mesin pencari atau google. Setiap elemen-elemen yang ada akan membantu google untuk mengenali artikel atau blog Sahabat sehingga mudah ditemukan di mesin pencarian.

Penerapan SEO On Page pada penulisan artikel atau konten di blog sangat bermanfaat. Sahabat Tirta yang sedang menekuni dunia blogging, wajib mengikuti kaidah-kaidah SEO On Page ini. Sebab, Optomasi SEO On Page bikin blog kamu disukai googel. Semakin google suka, maka semakin mudah google merekomendasikan blog kamu di mesin pencarian.

 Sumber :

Blogspedia

https://www.blogspedia.my.id/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO/
https://www.blogspedia.my.id/tips-seo-on-page/
https://www.blogspedia.my.id/cara-optimasi-seo-pada-gambar/

1 komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta