√Liburan Seru di Saloka Theme Park, Semarang
Header catatantirta.com

Liburan Seru di Saloka Theme Park, Semarang

Bismillah

Warga kota Semarang dan sekitarnya kini bisa merasakan serunya dunia petualangan yang memicu adrenalin. Pasalnya ada satu destinasi wisata baru yang menjadi tempat hiburan bagi semua kalangan masyarakat. Bukan hanya orang dewasa, wisata hiburan ini juga bisa dinikmati oleh balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Namanya adalah Saloka Theme Park. Selain bertema hiburan, Saloka Theme Park ini juga mengangkat cerita rakyat sebagai media edukasi. Bahkam maskot kebanggaan Saloka Theme Park ini diambil salah satu tokoh legenda yang terkenal di Jawa Tengah.
Seperti apa sih, Saloka Theme Park ini?

Saloka Theme Park resmi dibuka pada bulan Juni tahun 2019. Pembangunan Saloka Theme Park berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Lokasinya sendiri berada di Jl. Fatmawati No. 154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50773. Letak Saloka Theme Park sangat strategis karena berada tepat di jalan utama yang dekat dengan pintu tol Bawen. Lokasi ini sangat strategis sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin berwisata ke sana.

Saloka Theme Park memiliki maskot kebanggaan yang diberi nama Loka. Loka ini adalah seekor naga yang diambil dari legenda Rawa Pening yang diberi nama Baru Klinthing. Ada satu wahana bernama Jejogetan yang khusus digunakan untuk pagelaran seni menceritakan legenda Baru Klonthing. Pagelaran ini sangat speltakuler karena menggunakan teknologi multimedia dan fountain. Penyajian legenda Baru Klinthing di Saloka Theme Park, menggunakan media air yang diolah menggunakan teknologi fountain sehingga menghasilkan pertunjukan yang luar biasa. Pertunjukan Baru Klinthing Show ini dilakukan pada pukul 18.00 wib. Jadwal nya menyesuaikan dengan moment tertentu. Misalnya saat musim liburan, maka Baru Klinthinh Show digelar setiap hari. Namun, ketika hari biasa dalam artian tidak musim liburan maka hanya dilakukan saat akhir pekan yaitu hari sabtu dan minggu.

Ada banyak wahana yang ditawarkan oleh Saloka Theme Park yaitu 25 wahana seru yang terletak di 5 zona wisata. Setiap zona memiliki nama yang berbeda dan erdiri dari banyak wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Zona-zona tersebut yaitu zona Pesisir, zona Kamayayi, zona Balantara, zona Ararya, dan zona Segara Prada. 

1. Zona Pesisir
Zona Pesisir berada tepat setelah pintu masuk Saloka Theme Park. Sesuai dengan namanya yaitu Pesisir, zona ini memiliki nuansa pantai yang diwakili oleh bahtera besar bernama Jejogetan. Ada apa saja di zona Pesisir ini?
a. Jejogetan.
Jejogetan merupakan tempat pertunjukan Baru Klinthing Show digelar di sini. Selain pertunjukan Legenda Baru Klinting, wahana Jejogetan juga dipakai untuk pertunjukan air menari. Sekitar wahana ini dibuat tribun berlapis yang digunakan untuk tempat duduk para pengunjung untuk menikmati pertunjukan.
b. Cakrawala
Wahana berikutnya adalah Cakrawala. Cakrawala merupakan sebuah kincir angin besar dengan ketinggian 33 meter. Cakrawala ini memiliki 22 gondola yang bisa menampung 4 orang dewasa setiap satu gondola. Para pengunjung wajib banget naik wahana ini. Dari Cakrawala para pengunjung bisa melihat indahnya Rawa Pening. Berbagai wahana Saloka Theme Park juga bisa dilihat dari ketinggian Cakrawala.
c. Lumbung Ilmu Galileo
Zona Pesisir juga menyediakan wahana edukasi yang dinamai Lumbung Ilmu Galileo. Bagi pengunjung yang membawa anak sangat tepat jika masuk ke wahana ini. Lumbung Ilmu Galileo berisi banyak pengetahuan yang disajikan melalui gambar, patung, dan juga ornamen lain yang menarik. Ada pengetahuan sains, teknologi, tatasurya, dunia laut, dan juga jaman purba. Anak-anak bisa mengenal sejarah planet-planet, binatang, tumbuhan  bahkan dinosaurus.
d. Kafe Jenju
Lepas dari wahana edukasi dan rekreasi, zona Pesisir juga menyediakan outlet makanan yang disebut kafe Jenju. Kafe ini menyediakan aneka makanan dan jajanan yang bisa mengobati haus dan lapar. Namanya sangat menarik karena sepsrti bahasa Korea sdhingga menarik para pengunjung untuk mampir dan makan aneka jajanan di sana.  Tepat di samping kafe Jenju, ada panggung sederhana tempat pagelaran musik. Para pengunjung bisa menikmati lagu-lagu sambil menunggu pertunjukan Baru Klinthing dimulai. 

2. Zona Kamayayi
Area ini disajikan khusus untuk anak-anak. Namun, tidak menutup kesempatan bagi remaja, dewasa, dan orangtua untuk bisa menikmatinya. Ada banyak wahana menyennagkan di 5r  Kamayayi, yaitu :
a. Kupu-Kupu
Wahana ini diberi nama Kupu-Kupu sebab mengajak para ĝffdu. Para pengunjung duduk di ayunan beroda yang dibuat melingkar dengan atapnya berbentuk kupu-kupu. Serunya, ketika wahana Kupu-Kupu mulai bergerak, para pengunjung harus mengayuh atau menggowes supaya posisinya naik. Semakin kuat mengayuh, maka semakin tinggi posisi terbangnya.
b. Semprat-Semprot
Wahana yang satu ini menganjurkan para pengunjung untuk memakai jas hujan saat menaikinya. Pasalnya ketika wahana Semprat-Semprot bergerak, wahan akan mengeluarkan air arah pengunjung. Dari sisi pengunjung yang naik juga disediakan tembakan air yang bisa digerakkan ke kanan dan kiri. Jadi, pengunjung bisa menembak ke arah tengah atau lebih seru lagi saling menembakkan air ke sesama pengunjung. Makanya wajib banget pakai jas hujan. Jas hujan bisa dibeli dekat wahana. Harganya cukup ì yaitu mmii/buah.
c. Komedi Kuda Laut
Ini nih wahana favorit para balita. Komedi putar berisi patung-patung kuda laut yang bergerak memutar dan naik-turun. Selama anak-anak main aka diiringi musik atau lagu yang menyenangkan.
d. Teko-Teko
Seperti namanya, wahana ini berbentuk teko dengan cangkir di bawahnya. Cangkir-cangkir tersebut akan bergerak memutar dan berpuatar neewmwibe
I


















Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta