√Tips Mudik Asik Kendaraan Pribadi Jalur Darat
Header catatantirta.com

Tips Mudik Asik Kendaraan Pribadi Jalur Darat

Bismillah
Apa yang identik dengan lebaran?
Tentu saja mudik jawabannya.
Apa itu mudik?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI,
Mudik disinonimkan dengan istilah pulang kampung

Sedangkan menurut wikipedia
Mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik di ini identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan hari raya lainnya.

Mudik juga disebutkan sebagai singkatan dalam bahasa Jawa yaitu Mulih Dilik.
Mulih = pulang
Dilik = sebentar
Jadi kalai versi orang Jawa, mudik adalah pulang sebentar ke kampung halaman di hari raya karena selama ini merantau di luar kota.

Lain dengan pengeetian orang Jawa, orang Melayu menyebutnya dari kata Udik yang artinya hulu atau ujung. Hal ini erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat Melayu yang tinggal di tepian sungai dimana setiap hari mereka berlayar dan bekerja atau melakukan berbagai aktivitas di daerah hilir sungai di pagi dan siang hari. Lalu di sore hari mereka pulang atau kembali ke rumah yang berada di hulu sungai yang dikenal dengan sebuat Udik.

Dari mana pun istilah mudik itu berasal yang pasti adalah bahwa mudik meruoakan tradisi tahunan banyak orang yang dilakukan saat hari raya. Lonjakan tertinggi saat mudik adalah ketika hari raya Idul Fitri. Hampir seluruh masyarakat perantauan berduyun duyun mudik ke kampung halaman mereka, tempat kelahiran dan kehidupan sebelum merantau. Berbagai cara ditempuh demi bisa bertemu orangtua dan sanak saudara di kampung halaman.

Perjalanan mudik atau pulang kampung memerlukan persiapan yang baik jauh-jauh hari. Bahkan menabungnya sudah dimulai sejak selesainya lebaran tahun lalu. 
Kenapa?
Karena biaya mudik tidaklah murah.
Semuanya memerlukan biaya, tenaga, dan waktu yang cukup agar mudik bisa berjalan lancar dan bahagia.

Nah, bagi Anda yang mudik menggunakan jalur darat dengan membawa kendaraan pribadi, ada tips singkat agar mudik tetap asyik dan menyenangkan.
Apa saja tips nya?
Yuk, simak pemaparannya di bawah ini :

1. Siapkan biaya ekstra
Buat anggaran khusus untuk mudik jauh hari sebelum hari raya tiba. Bisa dimulai ketika mudik tahun lalu telah selesai dijalankan. Jadi, ada sekitar waktu 10 bulan untuk menabung. Tabungan inilah yang anntinya akan digunakan sebagai bekal utluk mudik. Dana perjalanan mudik memang tidak murah. Terlebih lagi ketika seluruh anggota keluarga mudik bersama. Ini akan membutuhkan biaya lebih. Untuk apa saja biaya tersebut?
Biaya tersebut dipersiapkan untuk perawatan kendaraan / mobil, bensin, tol, konsumsi, dan lain sebagainya.

2. Service kendaraan
Sebelum dipakai untuk perjalanan jauh, sangat disarankan untuk melakukan service atau pengecekan total terhadap kendaraan pribadi anda. Hal ini dilakukan demi menjaga kesiapan kendaraan sehingga pejalanan mudik berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

3. Persediaan makanan dan minuman
Sebelum berangkat mudik, persiapkan semua kebutuhan makanan dan minuman untuk semua anggota keluarga. Perbekalan yang cukup sangat berpengaruh selama perjalanan mudik. Biasanya ketika masa mudik tiba, jalanan akan macet. Di mana-mana macet. Nah, makanan ini menjadi solusi aman apabila situasi darurat. Seperti macet di jalan tol, warung sudah pada tutup, dan lainnya.

4. Persediaan Obat
Untuk berjaga-jaga di segala situasi, obat-obatan ringan seperti paracetamol, obat sakit kepala, minyak kayu putih, obat anti mual / mabuk, dan obat diare. Selain obat umum tersebut, persiapkan juga obat khusus jika anda memiliki penyakit tertentu.

5. Isi e-money
Jaman sekarang, segala pembayaran sudag menggunakan aplikasi digital. Isi E-money anda karena berbagai fasilitas umum sekarang ini sudah menggunakan e-money sebagai media pembayaran. Bayar tol, parkir, rumah makan, sekarang sudah banyak memakai e-money. Pastikan e-money anda terisi cukup untuk perjalanan mudik.

6. Asesoris mobil
Jarak tempuh yang panjang membutuhkan waktu yang lama. Selama di dalam kendaraan tentunya anda ingim tetap nyaman sepanjang perjalanan. Siapkan berbagai asesoris atau perlengkapan di dalam mobil yang bermanfaat dan efisien sepertj bantal, tisu, dan tempat sampah.

7. Tidur cukup
Sebelum melakukan perjalanan jauh untuk mudik, usahakan anda sudah cukup beristirahat atau tidur. Dengan tidur yang cukup komndisi tubuh akan lebih segar dan sehat sehingga siap mudik bertemu sanak keluarga.

Nah itulah beberapa persiapan yang perlu anda lakukan sebelum mudik memggunakan kendaraan pribadi dengan rute jalur dalam.

Selamat mudik.
Semoga selamat sampai kampung halaman

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta