√Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh
Header catatantirta.com

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

 

Manfaat kurma bagi kesehatan tubuh

Bismillah


     Kurma merupakan salah satu buah yang kaya manfaat. Biasanya kurma banyak dikonsumsi saat bulan suci Ramadan. Rasanya yang manis dengan daging yang legit dan tekstur lembut membuat kurma banyak disukai. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah kurma membuatnya memiliki nilai lebih dan menjadi pilihan tepat sebagai makanan pembuka atau takjil saat berbuka puasa. Kalori yang ada pada buah kurma menjadi penyokong tubuh terbaik setelah berpuasa seharian penuh.

     Nutrisi lengkap yang terkandung dalam kurma antara lain, protein, karbohidrat, gula, kalium, kalsium, serat, zat besi, zink, vitamin A, vitamin B, asam folat, dan antioksidan yang baik bagi tubuh.
Dari berbagai kandungan gizi tersebut menjadikan kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Berikut beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan :

1. Menyokong kebutuhan kalori tubuh

Kandungan karbohidrat dan gula pada buah kurma menjadi sumber kalori yang sangat berguna bagi tubuh. Kalori digunakan sebagai energi yang dipakai tubuh untuk beraktivitas. Dengan cukuonya kalori, maka tubuh dapat bergerak dengan baik dan akrivitas berjalana lancar.

2. Mencegah Sembelit atau Konstipasi

Kurma mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan. Ketika kebutuhan serat dalam tubuh tercukupi, maka tubuh akan terhindar dari sembelit atau konstipasi. Sistem pencernaan menjadi lancar dan tubuh pun lebih sehat.

3. Menjaga Keseimbangan Probiotik Pencernaan

Kandungan nutrisi pada kurma disebutkan dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik yang ada di sistem pencernaan. Hal ini sangat bermanfaat bagi proses pencernaan yang membuat tubuh lebih sehat karena  pencernaan menjadi lancar dan teratur.

4. Menjaga kekebalan tubuh

Antioksidan yang ada dalam kurma dapat mencegah peradangan dan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Ada 3 jenis antioksidan yang bermanfaat bagi sistem imunitas tubuh, yaitu :
~ Flavonoid
  Antioksidan ini ampuh menurunkan inflamasi. Selain itu juga dapat menurunkan diabetes, Alzheimer, dan kanker.
~ Karotenoid
   Jenis antioksidan ini dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan gejala gangguan mata.
~ Asam fenolat
   Kandungan asam fenolat pada kurma dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga kanker.

5. Menjaga kadar gula dalam darah

Kurma memiliki rasa yang manis dan mengandung gula yang cukup tinggi. Namun, kandungan gula dalam kurma masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan kandungan antioksidan dan bermacam nutrisi dalam kurma justru dapat mengontrol gula dalam darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin. 
     
     6. Mencegah anemia
Mengkomsumsi kurma dapat mencegah terjadinya anemia karena kandungan zat besi di dalamnya dapat membantu pembentukan sel darah merah. Ketika jumlah sel darah merha dalam tubuh cukup, maka risiko anemia dapat dihindari.

7. Menjaga kesehatan tulang

Seperti diketahui bahwa kurma mengandung berbagai jenis mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan juga kalium. Aneka mineral ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

8. Mengendalikan tekanan darah

Selain bermanfaat menjaga kesehatan tulang, kandungan mineral dalam kurma juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah.

9. Mendukung kesehatan janin dan ibu hamil

Berbagai kandungan nutrisi yang ada dalam kurma seperti serat, vitamin, mineral, protein, karnohidrat, dan antioksidan merupakan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan mendukung tumnuh kembang janin. Ketika nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil terpenuhi, makan janin dalam kandungan akan berkembang dengan baik. Inilah yang mendasari bahwa ibu hamil dianjurkam untuk mengkonsumsi kurma. Bahkan ketika akan melahirkan, buah kurma baik dikonsumsi sebagai sumber tenaga.

10. Meningkatkan kesuburan

Kurma bermanfaat bagi pasangan suami istri karena kandungan asam amino dan seng yang ada di dalamnya dapat meningkatkan kesuburan. Ada jenis kurma yang sengaja dikonsumsi secara rutin ketika melakukan ikhtiar hamil. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah kurma. Konsumsi kurma secara rutin dan tidak berlebihan akan sangat terasa khasiatnya. Kurma menjadi bagian dari usaha untuk menjaga kesehatan dan mendukung segala kebaikan bagi tubuh.


 

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta