√Aneka Takjil Saat Ramadan
Header catatantirta.com

Aneka Takjil Saat Ramadan

aneka takjil saat ramadan yang bisa dinikmati ketika berbuka puasa
sumber:lentera sehat


Bismillah

Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang spesial untuk kami dan semua orang yang beragama Islam. Bulan dimana kami berpuasa selama satu bukan penuh yang penuh dengan keberkahan dan aliran pahala di setiap perbuatan. Bulan suci yang dinanti oleh seluruh kaum muslim di seluruh dunia.

Puasa Ramadan identik dengan yang namanya takjil.

Apa itu takjil?

Takjil merupakan makanan/minuman atau hidangan pembukan yang disantap saat azan Magrib berkumandang untuk membatalkan puasa.

Jenis menu takjil beraneka ragam. Tergantung selera atau kesukaan orang-orang. Namun, dari banyak jenis makananndan minuman, berikut takjil yang biasa dikonsumsi untuk membatalkan puasa atau untuk berbuka puasa :

1. Kurma

Buah kurma sangat digemari oleh kaum muslim untuk berbuka puasa. Hal ini menjadi budaha atau kebiasaan sebab dalam beberapa hadis menyebutkan bahwa nabi Muhammad SAW berbuka dengan memakan kurma dalam jumlah yang ganjil. Ya, disunahkan saat memakan kurma, makanlah dalam jumlah yang ganjil. Satu, tiga, lima, atau tujuh buah kurma.

2. Air putih

Air putih sangat baik dikonsumsi pertama kali ketika berbuka puasa. Dahaga yang dirasakan selama berpuasa akan lunas dan tuntas dengan segelas air putih saat berbuka puasa. Berbuka dengan air putih sangat baik sebab bersifat netral pada lambung yang telah lama kosong saat berpuasa. Setelah minum air putih, makan bisa dilanjutkan dengan kurma atau makanan lainnya.

3. Teh manis hangat

Minuman satu ini menjadi idola saat berpuasa. Hampir setiap hari ada di meja makan sebagai minuman pembuka setelah air putih. Rasanya yang manis dan hangat membuat badan terasa lebih segar setelah meminum teh manis hangat. Kandungan gula yanga ada pada teh manis menjadi sumber energi setelah lama berpuasa.

4.  Kolak

Kolak merupakan hidangan dengan olahan santan. Kolak biasanya berisi pisang, ubi, kolang-kaling, pacar cina, dan tentu saja santan kelapa. Kolak dibuat dengan gula merah atau gula jawa yang membuatnya terasa manis. Ditambah dengan santan kelapa dan beberpa lembar daun pandan yang menjadikan kolak semakin gurih dan harum.
Kolak menjadi takjil kesukaan untuk semua kalangan. Tak hanya dewasa, anak-anak pun senang menikmati kolak sebagai hidangan buka puasa.

5. Sop buah

Sop buah dibuat dengan berbagai jenis buah seperti apel, pir, melon, anggur, dan buah naga. Buah-buahan tersebut dipotong kecil atau dibentuk menggunakan sendok buah. Campuran lain dalam sop yaitu agar-agar, nata de coco, kental manis, dan sirup sebagai pelengkap sempurnanya sop buah. Tak lupa es batu yang menjadikan sop buah terasa dingin dan menyegarkan.

6. Gorengan dan sambal kacang

Aneka jenis gorengan menduduki peringkat atas dalam menu pertakjilan. Bakwan, tahu isi, dan tempe goreng sangat nikmat dijadikan takjil. Ditambah dengan cocolan sambal kacang yang sedap membuat gorengan laris manis saat berbuka puasa.

7. Lontong isi atau arem-arem

Satu jenis makanan berat yang sering dijadikan menu takjil adalah lontong isi atau arem-arem. Dengan bahan dasar nasib, lontong isi menjadi pilihan yang cukup mengenyangkan. Satu buah lontong isi ditemani gorengan dan sambal kacang menjadi paket komplit untuk berbuka puasa.

8. Bubur sum sum

Terbuat dari tepung beras dan santan kelapa membuat bubur sum sum memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Ditambah dengan toping gula merah cair semakin nikmat disantap saat berbuka puasa.

9. Es blewah atau timun suri

Buah yang satu ini sangat dicari ketika Ramadan tiba. Timun suri atau blewah menjadi hidangan pilihan  banyak orang. Es timun sur⁵i biasanya dibuat k9 campuran air sirup atau fair kelapa. Tekstur daging buah timun suri yang lembut cocok sekali dikonsumsi saat ber4ń£buka puasa.

10. Kolak biji salak

Sama seperti kolak lain, kolak biji salak juga terbuat dari santan kelapa yang gurih. Kolam biji salak dari ubi yang dikukus laku dicampur dengan tepung kanji. Adonan tepung terigu dan kanji di aduk sampai rata kemudian dibuat bulat-bulat kecil. Hasil bulatan inilah yang disebut biji salah.

Nah itulah sepuluh takjil yang banyak dikonsumsi saat Ramadan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta