√Aneka Jenis Kurma yang Terkenal di Indonesia
Header catatantirta.com

Aneka Jenis Kurma yang Terkenal di Indonesia

 Bismillah

Kurma merupakan buah yang kaya manfaat. Pohon kurma banyak tumbuh di daerah timur tengah yanh panas atau gurun seperti Arab dan sekitarnya. Sejarah menyebutkan bahwa buah kurma menjadi salah satu makanan pokok di wilayah timur tengah. Dan pada perkembangannya kini kurma telah menyebar hampir di seluruh belahan dunia dan dapat menikmatinya.

Ada beberapa jenis kurma yang saat ini menjadi kesukaan banyak orang. Setiap jenis kurma memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari bentuk, tekstur dan juga rasanya yang spesial. Selain dikonsumsi langsung dalam bentuk buah, kurma juga telah mengalami banyak modifikasi yang diolah dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Buah kurma yang biasanya hanya ada ketika bulan Ramadan, kini dapat dinikmati kapan pun. Tak perlu menunggu Ramadan sebab distribusi kurma hampir setiap saat tersedia dan dapat dinikmati.

Berikut beberapa jenis kurma dan cirinya :

1. Kurma Ajwa
Kurma Ajwa menjadi kurma favorit banyak orang. Bentuknya lonjong dengan warna hitam pekat menjadi ciri utama kurma Ajwa. Kurma Ajwa disebut juga kurma Nabi karena merupakan jenis kurma yang disukai oleh nabi Muhamnad SAW. Memiliki rasa yang tidak begitu manis, cita rasa  kurma Ajwa lebih mirip dengan kismis. Inilah salah satu alasan banyak orang menyukainya.

2. Kurma Sukari
Kurma Sukari memiliki cita rasa yang manis dan legit. Teksturnya empuk dan melekat di lidah saat di kunyah. Inilah yang membuat kurma Sukari sangat digemari para pecinta kurma. Kurma Sukari juga memiliki nama lain yaitu kurma Raja. Hal ini disebabkan karena kurma Sukari merupakan jenis kurma favorit para raja. Warna dari kurma Sukari cenderung cokelat keemasan. Cocok sekali dengan namanya yang identik dengan para raja.

3. Kurma Medjool
Kurma Medjool merupakan jenis kurma dengan ukuran lebih besar dari kurma lainnya. Dengan tekstur yang lembut, daging tebal, juga rasanya yang manis dan legit saat digigit, kurma Medjool menjadi kesukaan banyak orang. Kurma Medjool termasuk golongan kurma premium. Meski harganya cukup mahal, tetapi dengan keunggulan yang dimilikinya, kurma Medjool tetap dicari dan digemari.

4. Kurma Syafawi
Jenis kurma Syafawi memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Warna dari kurma Syafawi cenderung gelap. Banyak orang memakana kurma Syafawi sebagai pengobatan karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Kurma Zahidi
Kurma Zahidi memiliki tekstur tidak terlalu kering dengan warna kulit buah yang kuning keemasan. Daging kurma Zahidi cukup tebal dipadu dengan rasa manis seperti sirup yang creamy. Ini menjadi keunggulan tersendiri dari kurma Zahidi.

6. Kurma Ruthob
Kurma Ruthob menjadi salah satu kurma yang spesial karena banyak dikonsumsi oleh para perempuan. Kandungan pada kurma Ruthob diyakini dapat membantu kesuburan kaum wanita. Selain khasiatnya, rasa kurma Ruthob juga berbeda dengan kurma lainnya. Rasanya tidak terlalu manis dengan tekstur buat yang cenderung crunchy. Ada sensasi kriuk atau renyah saat menikmati kurma Ruthob ini. Warnanya juga cenderung kuning kecokelatan dan hampir tidak ada keriput di bagian buahnya.

7. Kurma Mazafati
Kurma Mazafati terkenal dengan rasanya yang manis dan tekstur buah yang lembut. Warnanya cokelat kehitaman dan tidak terlalu kering. Kurma Mazafati disebut juga sebagai kurma obat untuk membersihkan pencernaan sehingga dapat berfungsi lebih baik.

8. Kurma Sayer
Kurma Sayer memiliki bentuk tidak seragam. Ada yang oval dan ada pula yang bulat. Warnanya cokelat kehitaman di beberapa sisi alias tidak merata. Meski bentuk dsn warnanya kurang menarik, tetapi daging kurma Sayer lembut dan manis sehingga menjadi pilihan banyak orang.

9. Kurma Barhi
Kurma Barhi berwarna kuning terang dengan lapisan kulit yang tipis. Meski kulitnya tipis, daging kurma Barhi cukup tebal dan memiliki rasa yang manis dan lembut. Orang-orang lebih suka memakan kurma Barhi saat masih fresh atau baru di panen dari pohonnya. Ada sensasi berbeda ketika menggigit kurma Barhi yang masih segr daripada kurma yang sudah agak kering.

10. Kurma Khalas
Kurma Khalas mempunyai warna cokelat terang. Tekstur dagingnya lembut dan empuk dengan rasa yang tidak terlalu manis. Rasa manis pada kurma Khalas lebih mirip karamel sehingga banyak disukai penggemarnya.

Itulah beberapa jenis kurma yang banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Setiap jenis kurma memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda. Para penggemar kurma sudah memahami kurma kesukaan. Selain dari ciri khasnya, dalam setiap kemasan kurma pun sudah dilengkapi dengan keterangan yang lengkap sehingga mudah dikenali.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta