√Serpihan Cara Bloger Mendukung Sustainability
Header catatantirta.com

Serpihan Cara Bloger Mendukung Sustainability



Bismillah

Sustainability berasal dari bahasa Inggris yaitu sustain (berlanjut) dan ability (kemampuan). 
Awal kemunculannya, sustainability di fokuskan pada keberlanjutan lingkungan sebab saat itu isu lingkungan sedap marak diperbincangkan.
Pada perkembangnnya, sustainability bukan hanya tentang lingkungan tetapi berbagai aspek kehidupan manusia seperti lingkungan, ekonomi, dan sosial.
Dapat disimpulkan bahwa Sustainability atau berkelanjutan merupakan kemampuan untuk hidup dan berkemabang tanpa menghabiskan sumber daya alam untuk masa depan. Keberlanjutan terdiri dari memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang, sambil memastikan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kepedulian lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Dilansir dari situs Indonesiasustainability.com , tiga aspek kehidupan yang menjadi fokus dari sustainability yaitu :

1. Sustainability lingkungan
Keberlangsungan dari aspek lingkungan berisi tentang integritas ekologis tetap terjaga, seluruh lingkungan bumi disimpan dalam sistem keseimbangan, sementara sumber daya alam di dalamnya dikonsumsi oleh manusia pada tingkat di mana mereka mampu untuk mengisi diri mereka sendiri.
Kelestarian lingkungan berfokus pada konservasi keanekaragaman hayati tanpa mengesampingkan kemajuan ekonomi dan sosial. Fondasi kelestarian lingkungan adalah: menjaga air, menghemat energi, mengurangi limbah, menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang, membatasi atau menghilangkan penggunaan plastik, menggunakan transportasi yang berkelanjutan, menggunakan kembali kertas dan melindungi flora dan fauna.

2. Sustainability ekonomi
Mengacu pada isu komunitas manusia di seluruh dunia mampu mempertahankan kemandirian mereka dan memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan, keuangan dan lainnya, untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sistem ekonomi utuh dan aktivitas tersedia untuk semua orang, seperti sumber mata pencaharian yang aman. Ketika sebuah perusahaan didirikan, sebuah struktur dibuat yang melibatkan pengeluaran dan pendapatan. Setelah keseimbangan tercapai antara kedua faktor, perusahaan memperoleh keuntungan. Sustainable adalah hal yang penting dimana dalam hal ekonomi mengacu pada kemampuan organisasi untuk mengelola sumber dayanya dan secara bertanggung jawab menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

3. Sustainability Sosial

Berkelanjutan adalah hal yang berkaitan juga dengan hak asasi manusia universal dan kebutuhan dasar dapat dicapai oleh semua orang, yang memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk menjaga keluarga dan masyarakat mereka sehat dan aman. Komunitas yang sehat hanya memiliki pemimpin yang memastikan hak pribadi, hak buruh dan budaya adalah tanggung jawabnya.Dalam komunitas mana pun dimana kegiatan ekonomi dilakukan di lingkungan tertentu, ditemukan tiga bentuk pembangunan yang saling terkait. 3 pilar dari sustainable adalah lingkungan, ekonomi, dan sosial. Namun, keberlanjutan sosial khususnya memiliki tujuan untuk memperkuat kohesi dan stabilitas kelompok sosial tertentu.

Merujuk pada tiga aspek sustainability di atas, sebagai seorang blogger saya dapat ikut serta membangun keberlanjutan di berbagai isu yang berkembang di masyarakat melalui literasi dan praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membagikan informasi tentang sustainability

Sebagai seorang blogger atau penulis, saya dapat menuliskan berbagai hal terkait sustainability sehingga dikenal oleh pembaca. Melalui tulisan yang saya sebarkan di berbagai media sosial menjadi salah satu jalan untuk memperkenalkan berbagai peran yang bisa diambil untuk mendukung keberlangsungan di berbagai sisi. Bisa segi sosial, lingkungan, maupun ekonomi.


2. Menggunakan kantong belanja ramah lingkungan

Dalam aktivitas sehari-hari, saya sudah memulai gerakan kurangi plastik. Contohnya saja saat berbelanja, saya lebih sering membawa kantong belanja dari rumah agar tidak membawa plastik pembungkus belanja yang biasa di pakai. Terkadang saya pun membawa wadah yang bisa dipakai ulang untuk ketika membeli makanan jenis tertentu sehingga mengurangi penggunaan plastik. Selain itu, ketika ada kantong plastik yang terbawa sampai rumah, sebisa mungkin menggunakannya kembali untuk hal lain.

3. Memilah sampah

Saat ini saya masih tahap belajar dalam memilah sampah. Sampah yang sudah berhasil dipisahkan yaitu sampah dari barang bekas pakai atau anorganik yang bisa di daur ulang. Sampah daur ulang seperti kardus, kertas, dan botol bekas minuman sengaja dikumpulkan pada tempat sampah khusus yang tidak bercampur dengan sampah organik atau sampah lain. Saat sampah daur ulang tersebut terkumpul maka selanjutnya adalah memberikannya pada pemulung yang seringkali melintas di sekitar rumah.

Mengapa memberikannya pada pemulung?
Sebab di lingkungan terdekat di tempat tinggal saya belum ada komunitas yang mewadahi barang bekas untuk dapat disalurkan ke tempat daur ulang. Saya berpikir bahwa melalui pemulung, barang-barang bekas tersebut pun bisa sampai pada tempat daur ulang. Bonusnya adalah saya bisa sedikit beramal sebab pemulung mencari rejeki dari barang-barang bekas tersebut.

4. Membagikan aktivitas di media sosial

Sebagai bentuk ajakan untuk melakukan sustainability pada orang lain, saya membagikan aktivitas yang berkaitan dengan sustainability melalui media sosial pribadi. Hal ini bukan bermaksud untuk pamer atau pun sombong, tetapi tujuannya adalah memberikan contoh gerakan atau aktivitas sederhana yang bisa dilakukan untuk mendukung sustainability dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membagikannya di media sosial, harapannya bisa menjadi ide yang dapat menginspirasi orang lain.

5. Menghapus email yang sudah dibaca dan tidak berguna

Saya pernah menyimak dan membaca bahwa surat eletronik atau email termasuk dari sampah eletronik yang perlu dikurangi. Semenjak itu, saya mulai membiasakan diri menghapus email dan pesan yang sudah tidak dibutuhkan. Selain mengurangi sampah eletronik, hal ini juga mengurangi beban atau kapasitas gawai sehingga menjadi lebih banyak ruang penyimpanan.

6. Bijak berbelanja

Tidak dipungkiri bahwa sebagai seorang perempuan maka wajar jika hobi berbelanja. Apapun bentuk barang belanjanya yang pasti selalu ada daya tarik tersendiri yang memikat hati untuk membeli suatu barang yang menarik meski terkadang barang tersebut tidak dibutuhkan. Bijak membeli barang menjadi salah satu dukungan terhadap sustainability.


Semoga dengan langkah kecil ini bisa menjadi bagian dari sustainability yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta