√Aneka Gimbal Rekomendasi Para Youtuber
Header catatantirta.com

Aneka Gimbal Rekomendasi Para Youtuber



Bismillah

Para youtuber memerlukan banyak gadget pensukung saat membuaylt sebuah konten. Salah satu gadget yang wajib dimikili para pembuat vlog adalah stabilizer atau yang lebih dikenal dengan sebutan gimbal. 
Gimbal stabilizer HP terbaik banyak dicari oleh orang-orang yang memiliki antusias atau bahkan perkerjaan yang berhubungan dengan fotografi dan videografi. 
Stabilizer digunakan untuk membantu kestabilan tangan saat merekam atau memnuat video agar hasilnya tidak blur dan tetap stabil.

Ada beberapa jenis gimbal atau stabilixer yang banyak digunnakan oleh para youtuber, yaitu :

1. Zhiyun Smooth-4

Zhiyun merupakan salah satu produsen gimbal genggam terbesar di pasaran saat ini. Gimbal Zhiyun Smooth 4 dikabarkan akan mengalahkan jenis stabilizer lain seperti DJI Osmo Mobile dan rekananya.

Apa saja keunggulan yang disajikan oleh Zhiyun Smooth 4?

Gimbal dengan tiga sumbu ini dirancang untuk menghilangkan guncangan atau shakes saat dipakai untuk merekan dalam kondisi bergerak. Anda bisa menggunakan gimbal Zhiyun Smooth 4 ini untuk melakukan tiga movement, yakni pan, tilt, dan roll.

Zhiyun Smooth 4 memiiliki kemampuan untuk menahan berat maksimum sampai 210 gram, sehingga kompatibel dengan hampir semua jenis smartphone.

Harga gimbal ini dipatok kisaran satu juta rupiah.

2. Zhiyun Smooth Q2

Zhiyun Smooth-Q2 disebut sebagai pocket-size advanced mobile gimbal. Tentu saja alasan utamanya adalah ukurannya kecil dan bisa dimasukkan ke dalam saku atau kantong. Meski berukuran kecil, baham utama dari Zhiyun Smooth Q2 ini memakai aluminium alloy grade aerospace yang berguna untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas saat digunakan untuk merekam dalam keadaan bergerak.

Stabilizer gadget Zhiyun Smooth-Q2 merupakan gimbal iyang mampu menahan berat maksimum 260 gram. Baterainya sendiri bisa bertahan hingga 16 jam. Hal ini  menjadikan Zhiyun Smooth Q2 memiliki kemampuan baterai 30% lebih lama dari generasi sebelumnya. Baterai yang digunakan berjenis lithium ion yang bisa diisi ulang atau recharge sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya.

Keunggulan lain dari Zhiyun Smooth-Q2 yaituampu mendukung rotasi 360° dan memiliki stabilisasi 3-sumbu dengan movement tiltroll, dan pan

Budget yang perlu anda siaokan untuk mendaoatkan Zhiyin Smooth Q2 ini cukup mahal yaitu hampir 2 juta rupiah.

3. Frefly Movie

Freefly Movie merupakan stabilizer atau gimbal kamera yang bisa digunakan untuk membuat berbagai video movement, seperti panningtilting, dan lainnya. Kehebatan dari gimbal Frefly Movie terletak di bagian bawahnya yang rata sehingga bisa diletakkan di tempat yang datar tanpa menggunakan tripod. Gimbal ini aman diatur dalam keadaan berdiri dan menopang gadget secara sempurna. Anda tidak perlu khawatir meninggalkannya di atas tanah atau alas lain sebab Freefly Movie ini cukup kokoh.

Keunggulan lain dari stabilizer Freefly Movie yaitu adanya dukungan aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk memprogram gerakan kamera yang berbeda tanpa harus menyentuh gimbal. Freefly Movi bisa dioperasikan menggunakan satu atau dua tangan serta bisa berganti orientasi dari potret ke lanskap secara dinamis.

Atas dasar kemampuannya yang luar biasa, gimbal Freefly Movie dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis gimbal lain. Rate nya yaiti mencapai angka 5 juta rupiah. Cukuo mahal, kan tetapi seimbang dengan keunggulan yang dimilikinya.

4.DJI Osmo Mobile 

DJI Osmo Mobile 3 menjadi gimbal favorit banyak kalangan. Stabilizer ini memiliki 3-sumbu yang efektif mengurangi goncangan saat merekam video. Selain itu, DJI Osmo Mobile 3 ini sangat ringan dan juga portabel berkat nya cukup ringan yaitu hanya 405 gram. Dengan berat yang ringan ini, para penggunanya akan lebih mudah mengoperasikan dan tidak mudah lelah atau pegal.

Keunggulan lai  dari DJI Osmo Mobile 3 yaitu memiliki pegangan yang ergonomis dan nyaman di telapak tangan. Kehenatan lain dari gimbal ini adalah adanya fitur ActiveTrack 3.0 yang berfungsi untuk menangkap adegan yang membutuhkan gerakan cepat, misalnya merekam orang yang berolahraga, berlari, menari/dancing, dan juga kendaraan yang melaju kencang.

Hebatnya lagi, DJI Osmo Mobile 3 ini maauk karegori harga ramah kantong. Cukup dengan budget di bawah 2 juta rupiah, anda bisa mendapatkan gimbal dengan berbagai keunggulan.

5. Evo Shift

Evo Shift lahir dengan membawa keunggulan yang cukup mirip dengan jenis gimbal lain. Penggunaan Evo Shift dapat dipakai untuk membuat video menjadi stabil dan halus. Pengaturan kamera akan tetap dalam posisi stabil walau kita berjalan, bergerak, atau berlari. EVO Shift mempunyai tiga mode stabilisasi, yakni pantilt, dan roll.

Keunggulan dari Evo Shift ini yaitu pada fitur Smart-Track Technology yang memungkinkan kita melacak orang atau objek yang bergerak. Tersedia juga mode panorama dengan sudut 180° hingga 330° serta mode time lapse dengan rentang waktu perekaman dari 30 detik hingga 30 menit.

EVO Shift bisa dipakai untuk device iPhone dan Android serta mampu menahan beban hingga 220 gram. Kisaran harganya tergolong cukup murah yaitu di bawah angka satu juta rupiah.

6. Brica B-Steady Pro 

Stabilizer Brica B-Steady Pro menjadi gimbal yang direkomendasikan oleh banyak penggunanya. Gimbal ini dilengkapi dengan tripod mini sehingga dapat diletakkan pada tempat yang datar dan bisa dikendalikan dari jauh.

Jika Anda ingin menggunakan stabilizer ini untuk membuat vlog, maka Anda hanya perlu melepas tripod mini tersebut. Selain itu, kapasitas baterainya 3600mAh sehingga gimbal ini dapat digunakan untuk mengambil foto atau membuat video dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pengisian daya gimbal ini dapat dilakukan dengan menggunakan powerbank. Uniknya, gimbal ini dapat digunakan sebagai powerbank yang dapat dipakai untuk mengisi daya barerai ponsel. Tidak hanya itu, penggunaan gimbal ini juga dapat mengakses aplikasi dan mengintegrasikannya dengan HP untuk menikmati berbagai kemudahan yang diberikan. Fitur yang diunggulkan dadi stabilizer ini antara lain Detection Tracking sehingga foto yang diambil tidak blur, membuat video Timelapse, membuat foto yang stabil tanpa distorsi dengan Mode Panorama, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

7. Moza Mini-S

Salah satu gimbal yang cukup berkualitas di kalangannya adalab Moza Mini-S. Keunggulan darj stabilizer ini adalah bentuk desainnya yang ramping, bisa dilipat, dan portabel. Dengan Moza Mini-S, kamu bisa mengeksplorasi berbagai sudut pengambilan gambar, tutur laman Gudsen.

Menariknya, Moza Mini-S bisa diperpanjang hingga 41 cm sehingga kita bisa mencapai sudut yang lebih luas. Moza Mini-S memiliki berat 495 gram dan bisa menahan beban hingga 260 gram. Dan baterainya bisa bertahan hingga 8 jam. Penggunaan Moza Mini-S, bisa merekam video dengan efek Object TrackingTimelapse, dan Inception.

Harga dari Moza Mini-S terbilang cukup murah yaitu di bawah satu juta rupiah.

8. Homem Isteady Mobile Plus

Hohem Isteady Mobile Plus yang dilengkapi dengan 3-axis stabilizing untuk menjaga ponsel stabil dan menghasilkan video yang lebih halus. Gimbal ini bisa dipakai dengan orientasi lanskap atau potret.  Beratnya 480 gram, cukup berat daripada gimbal pada umumnya.

Baterai Hohem Isteady Mobile Plus bisa bertahan hingga 12 jam. Agar lebih maksimal, unduhlah aplikasi iSteady supaya bisa menjepret gambar atau merekam video dengan fitur yang lebih lengkap.

Harganya tak jauh berbeda dari gimbal lain yang telah disebutkan. Cukup rogoh kocek sebesar Rp1,2 juta untuk menjadikannya sebagai pendukung konten video anda.


Nah, di atas adalah rekomendasi gimbal yang bisa jadi bahan pilihan anda sebelum membeli gadget pendukung kesempurnaan video anda.
Silakan pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan yang anda utamakan.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta