√Perkembangan Transportasi Darat, Laut, dan Udara di Indonesia
Header catatantirta.com

Perkembangan Transportasi Darat, Laut, dan Udara di Indonesia

 


Bismillah

Indonesia memiliki beragam alat transportasi baik darat, laut, maupun udara. Semua alat transportasi tersebut mengalami perkembangan dari masa ke masa. Mulai dari kendaraan maunal menggunaka tenaga manusia sampai bertenaga listrik dan sinar matahari.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, transportasi  diartika sebagai pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi.
Secara umum, transportasi atau pengangkutan adalah perpindahan barang atau manusia dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakam sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia ataupun mesin.

Perkembangan transportasi memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ada yang menggunakan transportasi umum dan juga pribadi. Semua jenis transportasi dipakai sesuai dengan kebutuhan dan medan yang dihadapi. Contohnya saja jalanan darat, maka akan lebih cocok dilalui dengan menggunakan alat transportasi darat, bukan laut, apalagi udara.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan alat transportasi yang beraneka ragam. Terlebih lagi kendaraan darar, jenisnya cukuo banyak dan semakin berkembang dari masa ke masa.
Berikut berbagai alat transportasi yang ada di Indonesi baik darat, laut, maupun udara.

1. Becak
Ciri khas becak yaitu memiliki tiga roda dengan tempat duduk di depan sopir/pengendaranya. Cara kerja becak adalah menggunakan tenaga manusia yang disebut tukang becak atau abang becak. Becak akan mulai bergerak ketika tukang becak mengayuh sepeda yang telah dibuat untuk mendorong laju dan arah gerak becak. Sistem penggerak becak sama seperti sepeda, hanya saja bebannya lebih besar. Becak menjadi alat transportasi di berbagai daerah. Hampi seluruh wilayah dataran rendah di Indonesia memiliki transportasi ini. Sedangkan untuk dataran tinggi jarang dijumpai sebab medannya tidak mendukung.
2. Becak motor (Betor)
Becak motor memiliki bentuk yang sama seperti becak pada umumnya. Perbedaannya terletak pada alat penggerak becak. Jika becak biasa digerakkan oleh manusia, Betor sendiri digerakkan menggunakan mesin sepeda motor. Jadi betor atau becak motor ini adalah bentuk modifikasi dari becak kayuh. Bahan bakarnya sama seperti sepeda motor yaitu bensin.
3. Sepeda
Sepeda menjadi moda transportasi paling ramah lingkungan dan menyehatkan badan. Sepeda dikendalikan sendiri tanpa adanya beban lain yang mengikutinya. Pernah pada masanya, sepeda dijadikan transportasi komersil yaitu ojek sepeda. Namun, tidak banyk yang menggunakan jasa ojek sepeda sebab memiliki beberapa kekurangan yaitu kapasitas terbatas dan waktu tempuh yang cukup lama.
Sepeda mengalami perkembangan yang cukup pesat baik bentuk maupun penggeraknya. Dari segi bentuk, sepeda memiliki banyak variasi mulai dari bentuk umum sampai sepeda lipat (seli).  Sedangkan dari segi penggerak sekarang telah berkembang sepeda listrik (selis).
4. Sepeda motor
Alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sepeda motor. Hampir setiap keluarga sepeda motor sebagai penunjang aktivitas. Dalam perkembangannya, motor digunakan sebagai alat transportasi berbayar yaitu ojek. Saat ini telah banyak berkembang ojek oline yang memudahkan masyarakat.
5. Delman
Salah satu transportasi tradisional yang masih banyak ditemui saat kno yaitu delam alias andong. Delman menggunakan tenaga kuda sebagai alat penggeraknya. Di daerah lain ada juga yang menggunakan tenaga sapi dan dikenal dengan sebutan pedati atau cikar. Seiring perkembangan jaman, delman tidak lagi beroperasi sebagai moda transportasi terapi beralih fungsi sebagai media pariwisata.
6. Cidomo
Cidomo merupakan alat transportasi yang berasal dari Lombok yang digunakan untuk mengangkut barang. Bentuk cidomo menyerupai delman hanya saja berbeda pada rodanya. Jika roda delman terbuat dari kayu, maka cidomo memiliki roda seperti ban mobil.
7. Bemo
Alat transportasi yang satu ini snagat terkenal di Jakarta. Pada masanya, bemo menjadi kendaraan umum yang banyak diminati oleh masyarakat. Ciri khas dari bemo yaitu pada bagian belakang terbuka sehingga akan terluhat tempat para penumpang duduk. Bemo memiliki bentuk yang unik yaitu bagjan depannya seperti bajaj tetapi bagial belakangnya terbuka lebar. Sayangnya, saat ini bemo sudah tergusur dan tergantika oleh moda transportasi lain yang lebib modern dan canggih.
8. Oplet
Selain bemo, transportasi unggulan dj Jakarta adalah oplet. Bentuknya seperti mobil. Jika bemo terbuka di bagian belakangnya, berbeda denga oplet yang tertutup secara keseluruhan.
9. Mikrolet atau angkot
Mikrolet terlekan sebagai alat transportasi yang aman. Di daerah lain, mikrolet disebut dengan nama angkot. Bentuknya menyerupai mobil pribadi tetapi di dalamnya terdiri darj barisan bangku yang berjajar di sisian. 
10. Taksi
Kendaraan umum yang menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan kenyamanan lebih adalah taksi. Bentuknya samap seperti mobil pribadi dengan taruf yang cukup mahal. Saat ini telah berkembang berbagai pelayanan taksi dari yang biasa menjadi taksi online.
11. Kereta
Alat transportasi yang mengalami banyak perubahan adalah kereta. Dahulu kereta menggunakan bahan bakar batu bara yang mengeluakan asal hitam pekat. Seiring perkembangan jaman, kereta mengalami banyk perkembangan yang snagat pesat. Mulai dari bentuk lokomotifnya sampai bahan kabar yang digunakan.
Lokomotif kereta kini beraneka ragam. Semua perkembangan mengaarah pada kenyamanan penumpang. Sedangkan dari sisi bahan bakar atau penggerak, saat ini kereta Indonesia sudah banyak menggukan listrik sebagai bahan penggeraknya.
12. Sampan dan perahu
Sampan  dan perahu merupakan alat transportasi tradisional yang beroperasi di air. Bentuk perahu dan sampan sangat mirip. Hanya berbeda oada ukurannya saja. Masyarakat menggunakan sampan untuk menyebrangi sungai yang menghubungkan dua tempat. Sumber penggerak sampan masih manual yaitu menggunakan dayung. Pada perkembangannya sampan dan perahu juga berfungsi untuk mencari ikan. Penggeraknya pun berubah dari dayung menjadi motor berbahan bakar bensin. Selain itu, saat ini perahu banyak digunakan sebagai alat pendukung pariwisata air Indonesia.
13. Kapal laut
Kapal laut menjadi alat transportasi air yang berukuran besar. Fungsi utama dari kapal laut adalah mengangkut penumpang dan juga pengiriman barang. Saat ini kapal laut di Indonesia memiliki banyak jenis dan bentuknya. Ada yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang, ada juga yang beroperasi khusus untuk pengiriman barang saja. 
14. Pesawat terbang
Pesawat menjadi satu-satunya alat transportasi udara yang mengangkut penumpang ke berbagai tempat di seluruh dunia. Perkembangan pesawat terbang di Indonesia sudah cukuo baik dan aman. Penggunaannya pun semakin digemari masyarakat yang akan bepergian dengan jarak tempuh yang jauh. Dengan menggunakan pesawat, maka waktu tempuh menjadi lebih cepat.
15. Helikopter
Helikopter merupakan jenis pesawat udara dengan ciri khas baling-baling di bagian atasnya. Ukuran helikopter juga lebih kecil dari pesawat dengan jumlah penumpang yang lebih sedikit. Helikopter jarang sekali digunakan oleh masyarakat umum. Penggunaan helikopter lebih pada bagian kemiliteran atau angkata udara Indonesia.

Dari semua jenis alat transportasi yang telah disebutkan di atas, jenis transportasi darat memiliki jumlah yang lebih banyak daripada air dan udara. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas masyarakat lebih banyak terjadi di darat dari pada yang lainnya.
Semua kendaraan memiliki ciri, bentuk, dan penggunaan yang berbeda-beda. Dengan berkembangnya teknologi maka kemajuan alat transportasi juga akan terus meningkat.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta