√Ulasan "Bimbang" yang Tak Terucap
Header catatantirta.com

Ulasan "Bimbang" yang Tak Terucap

Bismillah

Bimbang

Oleh. Melly Goeslaw (ost.AADC)

Pertama kali aku tergugah

Dalam setiap kata yang kau ucap

Bila malam t'lah datang

Terkadang ingin kutulis semua

Perasaan

Kata orang, rindu itu indah

Namun bagiku, ini menyiksa

Sejenak kufikirkan

Untuk ku benci saja dirimu

Namun sulit ku membenci

Pejamkan mata bila

Ku ingin bernafas lega

Dalam anganku, aku berada

Di satu persimpangan

Jalan yang sulit kupilih

Kupeluk semua indah hidupku

Hikmah yang kurasa sangat tulus

Ada dan tiada cinta

Bagiku, tak mengapa

Namun ada yang hilang, separuh diriku

Pejamkan mata bila

Ku ingin bernafas lega

Dalam anganku, aku berada

Di satu persimpangan

Jalan yang sulit kupilih


Siapa yang baca lirik di atas sambil nyanyi? Ketahuan banget umurnya ya. (hahahahaha). Jangan khawatir itu tandanya kita seumuran.

Lagu di atas adalah soundtrack dari film AADC (Ada Apa Dengan Cinta). Film yang populer pada masanya dan sangat digemari oleh para remaja serta juga dewasa. Dengan tokoh utama Dian Sastrowardoyo dan Nicolas Saputra, film Ada Apa Dengan Cinta ini menjadi tontonan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Akting mereka yang sangat memuakau membuat para penggemarnya jatuh cinta. 

Ditambah lagi dengan lagu-lagu pengiring oleh penyanyai senior Melly Goeslaw, makin lengkaplah film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini.
Salah satu lagu indah yang menjadi ost terbaik di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) yaitu  berjudul "Bimbang" dibawakan oleh Melly Goeslaw. Tapi, ada yang unik dalam lagu ini. Baris demi baris syair dinyanyikan dengan penuh penjiwaan, tetapi tidak ada satupun kata bimbang ditemukan.
Ya, lagu Bimbang ini dibuat tanpa menggunakan kata bimbang. Semua rasa bimbang diwakili oleh untaian aksara yang syarat makna. Menggambarkan kebimbangan tokoh Cinta (Dian Sastrowardoyo) atas sikap Rangga yang diperankan oleh Nicolas Saputra.

Jadi, ceritanta si Cinta ini audah terlanjur naksir sama Rangga. Cinta Bimbang atas sikap Rangga yang plin plan. Rangga seperti mempermainkan perasaan Cinta sehingga membuat hati Cinta galau alias gelisah. Kegelisahan ini membuat Cinta bimbang atas perasaannya pada Rangga.

Melly Goeslaw melantunkan baris demi baris kata dengan penuh penjiwaan. Setiap kata mewakili rasa bimbang yang dialami Cinta. Lagu Bimbang ini tak ada satu pun kata bimbang di dalamnya. Namun justru rasa bimbang itu diwakili oleh banyak kata lain yang lebih dalam maknanya. Kata lain yang tepat menggambarkan perasaan bimbang yang sedang menggelayuti seseorang.

Seperti pada barisan kata ini,

Sejenak kufikirkan

Untuk ku benci saja dirimu

Namun sulit ku membenci

Tiga baris kalimat di atas menggambarkan kegelisahan hati seorang pencinta. Ingin rasanya ada benci yang dalam diri tetapi sulit sekali untuk memunculkan rasa benci itu.
Sebab apa?
Karena hai dan pikiran berada dalam ruang bimbang.

Lantunan lagu "Bimbang" syarat makna dalam setiap kata. Kata yang mewakili rasa dalam jiwa dan raga. Tak perlu diungkapkan secara terbuka. Sebab rasa itu sudah tertuangkan dalam barisan kata yang telah ada.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta