√Mengatasi Susah Tidur Pada Anak
Header catatantirta.com

Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

Bismillah
Anak-anak merupakan individu yang unik. Mereka bisa tiba-tiba tertawa sesaat setelah menangis. Begitupun sebaliknya, mereka menangis sambil tertawa.
Anak-anak memiliki cara yang unik dalam mengolah rasa dalam diri mereka. Terkadang membuat para dewasa bingung dan juga takjub. Ada saja cara tak terduga yang mereka lakukan dan itu benar terjadi apa adanya. Mereka bergerak aktif dalam setiap situasi.

Setiap aktifitas anak dipengaruhi oleh kualitas diri mereka. Keseimbangan aktifitas anak akan membuat mereka tumbuh seimbang dan sesuai tahap perkembangannya. Saat anak-anak masih kecil, tidur menjadi aktifitas penting bagi tumbuh kembang mereka. Tidur merupakan kebutuhan yang baik bagi anak-anak. Saat tidur, semua hal dalam diri mereka berkembang pesat.

Ketika anak-anak masih balita, mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari orang dewasa. Rentang waktu tidur pada balita yaitu sekitar 10 sampai 14 jam per hari. Waktu tersebut tidak semuanya berlaku sebab semakin bertambah usia maka waktu tidur mereka semakin berkurang.

Bunda, pernahkah anak-anak tidur larut malam lebih dari jam tidur biasanya?

Tidur terlalu malam memiliki dampak yang kurang baik bagi anak.
1.  Perumbuhan badan
Tidur merupakan waktu yang paling bagus bagi hormon pertumbuhan bekerja. Jika anak kurang tidur maka tingkat keaktifan hormon pertumbuhan akan terganggu sehingga mempengaruhi pertumbuhan anak.
2. Emosi
Anak yang kurang tidur cenderung tidak stabil emosinya. Mereka menjadi kurang fokus dan mudah lelah. 
3. Daya tahan tubuh
Sistem imun anak berkembang baik saat anak-anak tidur. Jika anak kurang waktu tidurnya, maka imunitas anak bisa menurun sehingga daya tahan tubuh menjadi lemah.
4. Tantrum
Anak yang sering tidur larut malam, lebih mudah tantrum sebab emosinya tidak stabil

Kurangnya waktu tidur pada anak tidak bisa dibiarkan terus menerus. Hal ini bisa berdampak lebih buruk jika tidak segera di kondisikan. Perlu adanya penanganan yang tepat agar anak mendapatkan waktu tidur yang cukup
Bagaimana caranya?
Caranya yaitu dengan menemukan penyebab mereka tidak bisa tidur tepat waktu.
Amati aktifitas anak yang menjadi sumber masalahnya lalu selesaikan dengan cara yang tepat.
Contoh yang sering terjadi pada anak yang sulit tidur yaitu :
1. Gadget
Saat asik bermain gadget, anak-anak akan sulit dihentkan. Mereka selalu ingin bermain tanpa kenal waktu. Maka dari itu, batasi penggunaan gadget pada anak. Buat kesepakatan gadget time yang harus oleh anak.
2. Lapar
Usahakan anak kenyang sebelum waktu tidur tiba. Sebab perut lapar membuat anak sudah tidur.
3. Tempat tidur
Ciptakan suasana yang nyaman di tempat tidur anak. Berikan mereka ruang untuk bersiap tidur. Bisa dengan lampu yang redup atau hiasankamae yang mereka sukai.
4. Buku
Jika sudah waktunya tidur tetap mereka belum mengantuk, maka ajak anak untuk membaca buku. Sebuah cerita menyenangkan bisa membuat anak-anak nyaman dan mengantuk.

Saat anak mendapat waktu tidur yang cukup dan sesuai dengan kebutuhannya, maka proses tumbuh kembangnya akan berjalan lebih baik.
Tidur adalah kebutuhan anak.
Sebab tidur menjadi bagian penting dalam proses tumbuh kembangnya.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta