√Hari Pertama Sekolah Semester Dua
Header catatantirta.com

Hari Pertama Sekolah Semester Dua

Bismillah
Masa liburan sekolah telah usai di tanggal 8 Januari 2023. Sulung kami sangat bersemangat untuk kembali beraltifitas di sekolah. Ia mempersiapkan segala keperluan sekolah sejak dua hari sebelumnya. Kami memberinya kepercayaan dan tanggungjawab untuk dapat mengurus dirinya sendiri. Semua dilakukan bebas oleh sulung. Mana yang lebih dulu disiapkan dan mana yang ingin ia tunda. Kebebasan ini tidak sepenuhnya terbuka karena kami tetap memantau dan mengingatkan ketika ada hal yang terlewat atau yang kurang pas. Selebihnya semua bebas merdeka.

Beberapa hal yang telah mampu dituntaskan sendiri oleh sulung yaitu :

1. Mencuci sepatu
Jauh hari saat awal libur sekolah, sulung sudah memberitahu bahwa ia akan mencuci sepatu sekolahnya. Sayangnya, hujan terus turun membasahi bumi dan membuat udara dingin setiap hari. Hampir tidak ada hangatnya cahaya matahari yang bisa menunjang kehidupan kami. Awalnya sulung ingin tetap mencuci sepatunya meski langit mendung. Tetapi kami mengingatkannya bahwa jika sepatu tersebut tidak akan kering dalam waktu sehari. Ketika sepatu tidak tuntas keringnya maka akan menimbulkan bau tidak sedap. Percuma jika sepatu bersihnya justru berbau tidak enak. Akhirnya sulung menerima arahan dari kami. Ia pun mengurungkan niatnya untuk mwncuci sepatu. Sepatunya baru dicuci ketika marahari sudah mulai menebarkan cahayanya di langit umah kami.

2. Menulis identitas buku
Semester baru artinya menggunakan buku baru. Bukan buku tulis melainkan buku pelajaran seperti buku paket dan lks (lembar kerja siswa). Buku-buku tersebut dipersiapkan oleh sulung secara mandiri. Ia mengambilnya dari tempat penyimpanan buku. Satu persatu buku di siapkan sesuai dengan mata pelajaran yang ada. Setelah itu sulung menuliskan nama dirinya beserta kelas di setiap buku pelajarannya. Penulisan identitas pada buku memudahkan dirinya saat berada di sekolah.

3. Seragam sekolah
Satu persiapan yang membuat kami bangga pada sulung yaitu soal pakaian. Sulung menyiapkan seragam sekolahnya di malam hari sebelum sekolah di mulai. Ia membuka lemari pakaian dan memisahkan seragam sekolahnya dari pakaian lagi agar mudah diambil. Begitupula untuk hari-hari berikutnya. Sulung kami selalu menyiapkan seragam sekolahnya sendiri di malam hari sebelum sekolah.

4. Menu makan siang
Sulung kami bersekolah di salah satu sekolah dasar islam terpadu yang jaraknya cukup jauh dari rumah. Butuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke sekolah. Sekolah sulung menggunakan sistem belajar fullday atau belajar sehari penuh. Proses belajar dimulai dari pukul 07.30 sampai 14.30 wib. Rentang waktu tersebut mengharuskan sulung untuk membawa bekal makan siang dan juga beberapa cemilan. Setiap harinya, sulung bebas menentuka menu apa yang ia inginkan. Jasa katering di sekolah sulung memberikan variasi menu yang sesuai dengan kesukaan anak-anak. Tak terkecuali sulung kami. Ia menyampaikan menu makan siang yang diinginkan setiap hari. Sedangkan untuk cemilannya, kami beli langsung ketika berangkat sekolah

Alhamdulillah, hari pertama masuk sekolah berjalan lancar. Semua amunisi yang sudah sulung siapkan tepat dan cermat.

Semangat terus ya, Nak.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta