√Ayo Kembali Ke Sekolah Semester Dua Tahun 2023
Header catatantirta.com

Ayo Kembali Ke Sekolah Semester Dua Tahun 2023

Bismillah.
Serpihan cerita sulung.

Libur sekolah semester satu telah selesai. Dua minggu lamanya sulung menikmati masa tidak buka buku pelajaran. Sebenarnya sulung sudah tidak melakukan aktifitas belajar sekitar tiga minggu. Hal ini dikarenakan selepas Penilaian Akhir Semester Pertama (PAS 1), sulung telah kami ajak pulang kampung. Masa jeda sulung setelah PAS 1 cukup lama yaitu dua hari ditambah lima hari kerja berikutnya. Selama masa menunggu pembagian raport, biasanya anak-anak tidak menerima pelajaran. Aktifitas sekolah diisi dengan remedial bagi siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Kentuntasan Minimal). Seorang siswa bisa mwlakukan penilaian ulang atau remidial sesuai dengan mata pelajaran yang nilanya di bawah KKM. Soal yang diberikan biasanya mirip dengan soal saat Penilaian Akhir, hanya dibuat sedikit berbeda. Tujuan dari remedial adalah agar anak belajar lagi dan mendapatkan nilai minimal yang telah ditentukan. Standar KKM tiap sekolah berbeda-beda. Semua tergantung kajian kesepakatan sekolah.

Selain remedial, ketika anak-anak sudah selesai menjalankan Penilaian Akhir Semester, biasanya akan diiisi dengan aktifitas yang seru seperti lomba-lomba, mewarnai, membuat kerajinan atau kreasi, marker day, dan banyaj kegiatan lain yang sengaja diadakan agar anak tidak jenuh di sekolah. Namun sayangnya, kelas sulung tahun ini tidak mengadakan kegiatan apapun. Para murid hanya melakukan murojaah pagi, tilawah, dan salat Dhuha. Ada satu yang cukup menarik yaitumembuat surat atau kartu ucapan Selamar Hari Ibu yang akan dihadiahkan kepada ibu masing-masing. Selebihnya, tidak ada kefiatan seru lainnya yang membuat anak-anak betah di sekolah.

Ketika sulung tidak datang ke sekolah selama classmeeting, ia tidak terlalu kecewa sebab tidak ada keseruan yang ia lewatkan. Justru dengan ikut pulang kampung, sulung mendapatkan banyak pengalaman yang menyenangkan.

1. Sulung belajar mempersiapkan barang
Kami meminta sulung untuk belajar mempersiapkan barang yang akan ia bawa selama pulang kampung. Mulai dari pakaian, peralatan mandi, mainan, sampai buku yang ingin ia baca selama pulang kampung.

2. Sulung belajar menjadi teman perjalanan ayah
Selama di kendaraan, kami sengaja membiarkan sulung untuk duduk di kursi depan di samping kemudi. Sulung menjadi pendamping ayahnya selama perjalanan pulang kampung. Ia lebih banyak berbincang berbagai hal ,
 ayahnya. Sulung juga bernyanyi dan belajar mengawasi jalur kendaraan. Mengingatkan ayahnya setiap kali ada kondisi yang penting.

3. Sulung belajar bertanggung jawab
Selama duduk di kursi depan dan mendampingi ayahnya berkendara, sulung diminta untuk tidak tidur agar dapat menemani ayahnya sepanjang perjalanan. Bangga sekalia ketika sulung mencoba unruk terus terjaga dan menahan kantuknya yang membelenggu demi tetap menemani ayahnya berkendara. Kantuk yang sangat berat berhasil ia tahan sampai akhirnya kami memberitahukan bahwa sulung boleh tidur dan beristirahat.

4. Sulung mengenal lebah Klanceng
Pulang kampung selalu membawa pengalaman baru. Kali ini sulung belajar tentang kelompok lebah penghasil madu. Namanya lebah Klanceng. Madu Klanceng sudah banyak dikonsumsi olwh masyarakat. Kami sedang mencoba untuk membudidayakannya. Sulung mengamati seluruh prosesnya. Ia pun banyak belajar dan semakin semangat untuk mengonsumsi madu.

5. Setiap manusia berencana, Allah SWT yang menentukan
Ada beberapa rencana yang tidak berhasil kami lakukan saat pulang kampung. Kami mencoba menjelaskan pada sulung bahwa setiap rencana tak harus terselesaikan sesuai jadwal. Jika dalam perjalanannya ada sesuatu yang lebih penting, maka jisa dialihkan terlebih dahulu. Sulung pun mengerti dan tidak mempermasalahkannya.

Selesai pulang kampung, kami menghabiskan libur sekolah di rumab saja. Menikmati hari bebas tanpa buka buku pelajaran, tanpa wara wiri jadi tukang ojek ke sekolah.

Meski tak banyak aktifitas luar yang kami lakukan, sulung tetap bersemangat dan siap kembali ke sekolah dengan amunisi penuh.
Segala keperluan sekolahnya telah dipersiapkan sendiri. Mulai dari sepatu, seragam sekolah, buku-bu, hingga menu makanan yang sulung inginkan. Semua sudah dipersiapkan sendiri oleh sulung.

Terima kasih, Nak sudah bisa mandiri dan menyukai duni sekolah.
Semoga ilmu yang kamu dapat bisa bermanfaat di masa depan.
Aamiin

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta