√Tantangan Cover Lagu Gabungan
Header catatantirta.com

Tantangan Cover Lagu Gabungan







Bismillah,

Serpihan cerita bersama ManDeka.

ManDeka adalah nama yang menyatukan kami. Empat ibu yang sama-sama belajar untuk menciptakan karya. Karya bagi generasi penerus bangsa. ManDeka terbentuk saat kami memasuki tahap Bunda Salihah di Ibu Profesional. Kami menciptakan ManDeka sebagai media pembelajar bagi anak-anak kami dan juga seluruh anak di penjuru negeri. Karya-karya ManDeka tertuang dalam kanal youtube yang kami beri nama sesuai dengan nama yang sama yaitu ManDeka .

Saya mengambil peran sebagai editing video pembelajaran yang telah kami diskusikan bersama. Beberapa karya yang telah kami ciptakan yaitu Hujan , Awan , dan Matahari .

Buat teman-teman yang ingin memberikan tontonan edukasi untuk putra putrinya bisa langsung kunjungi kanal youtube kami di sini ManDeka .

Memasuki bulan Agustus, kami berencana memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka. Lagu Hari Merdeka adalah salah satu lagu nasional Indonesia yang wajib diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia. Lagu Hari Merdeka ini biasanya dilantunkan saat upacara bendera pada tanggal 17 Agustus. Lagu Hari Merdeka ciptaan H. Mutahar ini menjadi unggulan saat upacara peringatan kemerdekaan Indonesia.

Tim ManDeka berniat mengcover lagu Hari Merdeka yang akan ditayangkan tepat di tanggal 17 Agustus 2022. Sayangnya, proses pembuatan cover lagu ini mengalami beberapa kendala. Saya kesulitan menggabungkan tiga suara yang menjadi pengisi cover lagu Hari Merdeka ini. Kolaborasi tiga suara ini memang baru pertama kali saya lakukan. Biasanya hanya satu suara saja dan editing cover lagu dengan tiga suara ini menjadi hal yang pertama bagi saya.

Kesulitan terbesar adalah menyelaraskan suara satu, dua dan tiga. Meski dibuat dengan satu aransement yang sama, tetapi pengucapan tiga tokoh cover lagu memiliki irama yang berbeda. Butuh ketelitian dan kejelian mendengarkan setiap ucapan syair lagu yang dilantunkan agar selaras dengan irama pengiringnya. Butuh waktu yang lumayan lama juga agar tiga suara bisa tercampur halus dan enak untuk didengar. Sayangnya,ada kabar buruk  ketika proses editing sedang berlangsung. Seorang tetangga saya mengalami musibah pencurian. Srpeda motor yang diparkir di depan rumah telah dicuri. Kejadian pencurian sepeda motor ini tidak disadari oleh pemiliknya. Ada rentang waktu sekitar dua jam yang menjadi kemungkinan pencuri melakukan aksinya.

Kebetulan cctv di rumah saya menghadap ke jalan raya yang diduga menjadi arah kaburnya si pencuri. Saya dan suami pum segera mengecek cctv rumah kami. Proses memutar ulang rekaman cctv ini membutuhkan waktu yang lama. Ketika ingin melihat rekaman selama dua jam, maka dua jam pula waktu yang dibutuhkan untuk memutar dan melihat hasil rekamannya. Saya dan suami berusaha melihat rekaman cctv rumah kami. Namun,  kendala sinyal menjadi faktor utama ketika mengunggah rekaman. Ditambah lagi kami juga melalukan aktivitas lain yang menjadi kesibukan kami. Hasilnya, rekaman cctv ini menguras tenaga dan waktu kami. 

Kejadian pencurian dan pengecekan cctv membuat proses editing cover lagu tertunda. Prioritas saya bergeser untuk membantu tetangga yang sedang kesulitan. Belum selesai dengan rekaman cctv, kami, kami harus beralih fokus pada acara tujuh belasan. Ada berbagai lomba dan saya harus mendampingi anak-anak saat ikut lomba. 

Akhirnya, proses editing cover lagu Hari Kemerdekaan tidak selesai tepat waktu. Saya kecewa dan rasanya tidak ingin menyelesaikannya. Namun, akan rugi jika pekerjaan yang sudah separuh jalan tidak diselesaikan. Saya pun mengumpulkan semangat dan berhasil menyelesaikan editing video cover lagu tersebut. Saya belum puas dengan hasilnya. Masih banyak kekurangan dalam video tersebut. Namun, meski kecewa tetap ada hikmah yang bisa saya ambil. Saya jadi bisa belajar lebih banyak dan menambah pengalaman editing cover lagu yang lebih dari satu suara. Insya Allah dilain kesempatan, saya akan berusaha maksimal membuat video yang lebih baik lagi.

Terima kasih untuk teman-teman di tim ManDeka.

Terima kasih atas semua dukungannya.

Semoga kita bisa terus menghasilkan karya yang bermanfaat dan menyenangkan.


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta