√Lengkap dan Unik Rest Area Heritage Banjaratma Km 260B, Kota Brebes
Header catatantirta.com

Lengkap dan Unik Rest Area Heritage Banjaratma Km 260B, Kota Brebes

Peta Informasi


Bismillah,

Setiap perjalanan pasti butuh istirahat. terlebih lagi ketika menmpuh perjalanan darat dengan menggnakan kendaraan pribadi. ketika berkendara di jalan tol, rest area menjadi tempat yang paling cocok untuk beristirahat. Jarak anatar rest area di jalan tol kurang keih sejauh 33km. Jarak ini sudah mengikuti aturan dari pemerintah tegtang pengadaan rest area di jalan tol antar kota atau antar provinsi. Bersbagai fasilitias tersedia di rest area jalan tol. standar fasilitas utnuk setiap rest area yaitu toilet umum, ATM, minimarket, warung makan, mushola atau masjid, pom bensin dan tentunya tempat parkir kendaraan baik kendaraan besar maupun kecil.

Bagi pengguna jelan tol yang melintas dari arah Provinsi Jawa Tengah menuju Jakarta terutama yang melintasi kota Brebes, ada rekomendasi rest area yang bagus nih. Rest area ini terletak di jalur Pejagan antara kota Pemalang menuju Jakarta. Tepatnya resr area Heritage ini di Km 260, sekitar kota Brebes. namanya Rest Area Heritage Banjaratma. Rest area ini mulai beroperasi di tahun 2019. Akan tetapi saat itu kondisinya masih sangat minim fasilitas dan dalam prises pembangunan. Para pengendara yang singgah akan merasa kurang nyaman sebab bangunannya nampak rapuh dan agak seram. Namun, seiring pembangunan berlangsung, resr area Heritage Banjarama semakin apik dan tertata rapi.



Rest area Heritage Banjaratma memiliki sejarah yang unik. Bangunan yang digunakan sebagai rest area ini dulunya adalah pabrik gula Banjaratma. Pabrik tersebut bikinan Belanda pada tahun 1908. Seiring waktu berjalan, pabrik tersebut mengalami penurunan hingga akhirnya berhenti beroperasi di tahun 1997. Setelah tidak terpakai lagi, pemerintah setempat akhirmya menetapkan bangunan pabrik gula Banjaratma sebagai cagar budaya yang patut dijaga. Pemerintah berinovasi dengan melakukan revitalisasi pabrik gula Banjartma menjadi lebih bermanfaat. Tanpa mengubah banyak bagian, pabrik gula disulap menjadi rest area yang unik. Selain menjadi tempat singgah para pengguna jalan tkl, rest area Banjartma juga menyajikan unsur sejarah. Para pengendada buza menikmati banguann bernuansa klasik sambil beristirahat.

Rest area Banjaragma ini memiliki banyak kelebihan. Selain bangunannya yang unik dan klasik, fasilitas di dalamnya sangat lengkap. Berkkut beberala fasilitas yang ada di rest area lain dari rest area Banjarrma.

1. Masjid / tempat ibadah

Sebuah masjid dengan corak batubata berdiri megah di sisi kanan rest area Banjartma. Masjid tersebut memberi kesan sederhana namun megah. Kebersihan masjid juga terjaga demgan baik. Perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, dan sajadah tersedia di sana. Tempat memgambil air wudhu pun cukup memadai.

2. SPBU atau Pom bensin

Tempat pengisian bahan bakar tersedia di arah keluar rest area Banjartma. Ada banyak stan untuk mengisi bahan bakar. Pom bensin ini menyediakan berbagai jenis bahan bakar sepertj pertalite, pertamax, dan juga solar. Semua jenis kendaraan bisa mengisi bahan bakar di pom bensin ini.

3. Kuliner

Keunggulan yang paling tinggi di rest area Banjaratma ini adalah sajian kulinernya. Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia di semua sisi bangunan. Mulai dari stan atau rumah makan dengan makanan daerah sepeti bakso, mie ayam, sate, soto, tongseng, nasi goreng, mi goreng, ayam bakar, ayam goreng, dan, berbagai masakan lokal bertebaran di setiap mata memandang. Lalu ada makanan modern dan juga kekinian seperti CFC dan KFC berjajar rapi di sepanjang bangunan. Stan kulinernaya benar-benar super komplit. Selain makanan, berbagai jenis minuman juga tersedia. Bahkan beberapa kios menjual aneka kopi yanf sednag digandrungi oleh banyak orang. Berbagai brand kopi menyajikan kreasi khas kopi mereka.



4. Mini market

Berbagai jenis minimarket juga ikut meramaikan rest area Banjartma. Tidak perlu khawatir kehabisan cemilan dalam perjalanan, sebab semua tersedia di minimarket yang isinya juga komplit.

5. Toilet umum

Bagian paling penting dari rest area adalah toilet. Ketersediaan toilet sangat berpengaruh pada nilai sebuab rest area. Nah, di rest area Heritage Banjartma ini, toiletnya banyak dan tersebar dinerbagai sisi. Jadi tidak perlu khawatir antri panjang, sebab banyak toilet yang tersedja.

6. Tempat parkir

Bagian paling terlihat darj senuah rest area adalah tempat parkirnya. Ketima memasuki rest area, hal yang paling pertama dicati adalah tempat parkir kendaraan. Reat area Heritahe Banjararma memiliki lahan parkir yang sangat luas. Ketersediaan tempat parkir menjadi keunggulan dari rest area ini. Para pengendara bisa berhenti di banyak tdmpat sesuai keinginan.

7. Pusat oleh-oleh

Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa didapatkan di rest area Herutage Banjaratma. Berbagai stan oleh-oleh makanan khas daerah tersaji rapi. Meski telur asin dan bawang goreng menjadi makanan khas kota Brebes, etapi di sini memyediakan oleh-oleh khas dari berbagai saerah. Hampir semua jenis makanan khas untuk buah tanhan bisa didapatkan di sini.



8. Sentra Batik 

Lantai dua di rest area Heritage Banjartama menajdi tempat berkumpulnya aneka batik. Ada batik khas Pekalonga, Cirenon, dan daerah lainnya.

9. Wahana bermain

Keseruan singgah di rest area Jeritage Banjaratma semakin bertambah dengan adanya aeena bermain. Ada permainan yang sedang viral dikalangan masyarakat yaitu Srodotan Donat. Srodotan atau yang biasa dikenal dengan prosotan menjadi permainan uang banyak disukai. Sorodotan ini memggunakan ban seperti donat yang meluncur pada seluncuran warna-warni. Permainan ini bisa mwngurangi kwpenatan setelah lama berkendara. Selain srodotan, ada juga oenyewaan becak mini dan wahana bermain anak lainnya.

10. Kerajinan Tembikar

Ada beberapa kios yang menjual berbagai jenis tembikar seperti teko, gelas/cangkir, anglo, celengan, dan lain sebagainya. Kerajinan tembikar ini bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. 

11. Stan mainan anak

Berbagai jenis mainan tradisional bisa didapat di restvarea Heritage Banjaratma. Kios-kios tertentu menjual mainan anak jaman dulu yang sudah jarang sekali ditemukan. Anak-anak pasti senang mendapat mainan yang tidak biasa dan unik.

12. Pameran lukisan

Sepanjang sisi tembok di rest area Heritage Banjartma erdapat stan pameran lukisan. Anda bisa menikmati hasil karya anak bangsa yang indah.

13. Festival Buku

Buku bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Ada sekitar tiga tempat yang menjual berbagai jenis buku. Kebanyakan adalah buku anak sebab buku bisa menjadi pengobat ketika anak-anak bosan di dalam kendaraan.



14. Tempat selfi atau swafoto

Budaya baru masyarakat kita adalah berfoto dalam segala suasana. Selain sebagai dokumentasi pribadi, berfoto juga menjadi media ekspresi seseorang. Ada banyak tempat di rest area ini yang bisa dipakai untuk berfoto. Bahkan sisa-sisa bangunan pabrik pun sangat apik ketika dijadikan latar saat berfoto.

15. ATM

Salah satu fasilitas utama yang umumnya tersedia pada sebuah rest area adalah ATM untuk mengambil uang. Rest area Herutage Banjartma ini menyediakan ATM yang bisa digunakan para pengunjung.

16. Area bersejarah 

Sebagian besar rest area hanya digunakan sebagai tempat bersitirahat. Namun berbeda dengan rest arean Heritahe Banjaratma. Para pengunjung bisa mengenal sejarah dan budaya bangsa pada masa Belanda masih berkuasa. Sejarah yang biasanya dikemas dalam sebuah museum, di rest area ini disajikan secara langaung darj sisa-sisa bangunan dan bsberala benda oeninggalan lama.

17. Ruang menyusui

Tidaj banyak tempat umum yang menyediakan ruang menyusui. Namun, rest area yang klasik ini memiliki fasilitas ruang menyusui. Para ibu bisa dengan nyaman menyusui anaknya tanpa rasa khawatir ataupun malu terlihat orang lain.



Super komplit dan unik sekali rest area Heritage Banjartma ini. Buat kalian yang melintasi jalur antara Jakarta-Jawa Tengah dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke rest area ini. Dijamin rasa penat, lelah, dan lapar selama perjalanan hilang seketika berganti dengan bahagia dan semangat melanjutkan perjalanan. Jika diminta memberi nilai, maka sembilan dari standar sepuluh pantas disematkan untuk rest area Hetitage Banjaratma.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta