√Keseruan Membuat Kreasi Origami dan Permainan Tebak Nama Hewan di Rumah Belajar Cahaya
Header catatantirta.com

Keseruan Membuat Kreasi Origami dan Permainan Tebak Nama Hewan di Rumah Belajar Cahaya

Bismillah,

Membuat Kupu-Kupu dari Kertas Origami


Hari pertama liburan seru di Rumah Belajar Cahaya.

Tanggal 27 Juni 2022, kelas liburan seru di Rumah Belajar Cahaya resmi dibuka. Pukul 08.00 wib, anak-anak mulai berdatangan. Ada sekitar sepuluh anak telah berkumpul. Tanpa menunggu lama, acara main bareng pun dimulai dengan membaca surah Al Fatihan bersana-sama. Setelah membaca doà, anak-anak diberi satu kertas origami. Kehiatan hari peryama di kelas liburan seru adalah membuat kupu-kupu dari kertas origami.

Instruktur yang membimbing anak-anak saat berkreasi dengan kertas origami adalah Nala. Teman-teman lain memperhatikan setiap cara yang disampaikan. Berikut tahapan membuat kupu-kupu dari kertas origami.

1. Lipat kertas dengan posisi diagonal pada setiap ujung kertas origami.

2. Lipat kertas dengan membagi dua bagian kertas sama lebar membentuk persegi panjang.

3. Ambil lipatan kertas yang berada di sisi tengah lalu dilipat ke arah dalam. Ini berlaku untuk dua sisi kertas. Hasilnya lipatan kertas menjadi bentuk seperti segitiga.

4. Lipat salah satu sisi kertas membentuk segitiga yang lebih kecil dan melampaui segitiga utama.

5. Kunci segitiga tersebut menggunakan sisi yang tersisa agar lipatan tidak lepas.

6. Jadilah kupu-kupu yang cantik.

Seru sekali membuat kupu-kupu dari kertas origami. Dengan teknik tutor sebaya yang dilakukan oleh Nala, teman-teman lain yang datang mudah memahami petunjuk yang diberikan. Setiap langkah diikuti dengan mudah meski sesekali harus diulangi dan menunggu teman lain yang belum selesai.

Kegiatan membuat kupu-kupu dari kertas origami ini memiliki manfaat yaitu mengasah kreatifitas, melatih kesabaran, dan melatih konsentrasi serta motorik tangan. Teknik melipat kertas juga dapat melatih logika anak. Sebab ketika membuat lipatan dan mengkombinasikan ddngan lipatan lain, maka sebuah bentuk berhasil diciptakan.

Setelah seru-seruan membuat kupu-kupu dari kertas origami, anak-anak pun lanjut ke aktifitas kefua yaitu permainan edukasi.

Buku adalah Jendela Dunia

Permainan yang dilakukan adalah tebak nama hewan. Anak-anak diminta mengumpukan informasi dengan menyebutkan beberapa ciri dari seekor hewan. Cara permainan tebak nama hewannya yaitu:

1. Satu anak mengambil kertas yang berisi nama hewan.

2. Satu anak lain bersiap menyebutkan berbagai ciri seekor hewan.

3. Setiap kali ciri-ciri binatang disebutjan, maka anak lain menjawabnya dengan ucapan benar, tidak, atau bisa jadi.

4. Setelah banyak informasi dikumpulkan, nama hewan bisa disebutkan untuk menebak hewan yang dimaksud.

Saat melakukan permainan tebak nama hewan, anak-anak bermaris satu-satu memanjang ke belakang. Setiap anak mendapat satu kali kesempatan memegang kartu berisi nama hewan dan satu kali menemak ciri juga nama hewannya.

Anak-anak sangat antusias mengikuti permainan tebak nama hewan ini. Mereka tidak sabar menunggu giliran untuk mengambil peran. Baik menjadi pemegang kartu maupun menjafi penebak nama hewan.

Kegiatan bermain tebak-tebakan ini dilakukan di luqr ruangan. Anak-anak merasa lebih bebas dan dapat menggerakkan tubuhnya dengan lebih leluasa.

Bermain tebak nama hewan ini mengasah pengetahuan anak-anak tentang binatang. Mereka belajar mencari ciri khusus dari seekor hewan seperti jumlah kakinya, makanannya, tempqt tinggalnya, bahkan juga warna tubuh hewan yang ingin ditebak. Permainan ini juga melatih konsentrasi dan fokus anak saat mendengarkan sebuah pernyataan tentang ciri seekor hewan. Satu lagi manfaat dari permainan ini yang paling penting adalqh anak-anak bahagia dan ceria. Cansa tawa merekah saar mereka bermain dan menunggu giliran. Semua anak senang karena jiwa mereka memang jiwa bermain.

Selesai bermain tebak nama hewan, anak-anak dipersilahkan memilih buku bacaan. Mereka bebas mengambil buku yang ingin dibaca. Semua antusian mencari buku yang menarik. Mereka saling berdiskusi memperlihatkan buku yang sedang dibaca.

Semua anak terlihat bahagia.

Semua anak senang belajar, bermain, dan bergembira di Rumah Belajar Cahaya.



Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta