√Tips Persiapan Mudik Seru Bersama Keluarga
Header catatantirta.com

Tips Persiapan Mudik Seru Bersama Keluarga

 


Bismillah,

Setiap kali bulan Ramadan tiba, maka akan diikuti dengan sebuah tradisi yaitu mudik lebaran. Mudik ini merupakan istilah yang digunakan ketika para perantau pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta. Balik ke kampung halaman bagi para perantau adalah moment yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Sebab di waktu itu, para perantau mendapat hak istimewa berupa cuti bersama dari tempat mereka bekerja. Semua instansti baik pemerintah, swasta, maupun lainnya memberi ruang bagi para pekerjanya untuk berkumpul merayakan Idul Fitri. 

Nah, sebelum mudik ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Kesehatan dan finansial menjadi modal utama sebelum mudik lebaran. Beruntungnya ada THR alias Tunjangan Hari Raya yang dapat dipakai untuk biaya mudik lebaran. Selain persiapan finasial, faktor kesehatan menjadi prioritas utama. Dengan badan yang sehat, maka perjalanan mudik lebaran akan terasa menyenangkan.

Setelah memastikan kesehatan dan finansial telah siap, persiapan selanjutnya yaitu bekal dan oleh-oleh  yang akan di bawa ke kampung halaman. Persiapan tersebut harus direncanakan jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlewat atau tertinggal. Bagi anda yang memiliki putra dan putri, libatkan anak-anak agar mereka merasakan keseruan mudik lebaran. Ketika seluruh anggota keluarga ikut mempersiapkan segala pernak-pernik mudik, maka rasa bahagia akan bertambah. Bonusnya yaitu melatih anak untuk mandiri dan mengasah empati, dan terbiasa melakukan persiapan.

Berikut tips agar persiapan mudik lebaran menjadi lebih matang dan lengkap serta tetap seru.

1. Buat daftar pakaian untuk setiap anggota keluarga

Sebelum mudik lebaran, tulis dahulu pakaian apa saja yang akan dibawa ke kampung halaman. Tulis dari pakaian dalam dan luaran secara lengkap. Sesuaikan jumlah pakaian dengan lamanya Anda berada di kampung halaman. Siapkan juga pakaian cadangan agar bisa digunakan jika terjadi hal diuar rencana.

2. Buat daftar oleh-oleh

Persiapkan segala jenis oleh-oleh yang akan dijadikan buah tangan saat mudik lebaran. Bisa berupa parsel lebaran atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan hampers lebaran. Isi parsel tentunya disesuaikan dengan budget dan jumlah anggota keluarga besar yang akan menerimanya. Tulis setiap jenis dan jumlahnya serta hindari yang berlebihan agar tidak mubazir atau terbuang sia-sia.

3. Buat daftar barang

Persiapan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu barang bawaan selain pakaian dan oleh-oleh. Barang tersebut seperti perlengkapan ibadah, alat mandi, skincare, aksesoris, dan mainan jika anak anda masih kecil. Aksesoris yang dimaksud bisa berupa topi, kacamata, sepatu, sandal, atau jaket.

4. Akomodasi mudik lebaran

Bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima dan siap menempuh jarak jauh. Pengecekan kendaraan anda bisa secara mandiri maupun ke bengkel agar lebih terjamin kesiapannya. Jika anda menggunakan transportasi umum seperti bis, kereta api, kapal laut, pesawat, ataupun jasa travel, persiapkan tiket anda dengan baik. Biasanya pemesanan tarnsportasi umum sudah bisa dilakukan awal Ramadan. Sesuaikan tanggal pemesanan tiket dengan rencana keberangkatan anda menuju kampung halaman.

5. Rumah bersih dan aman

Sebelum berangkat meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, pastikan barang-barang elektronik dalam keadaan mati. Cabut atau lepaskan kabel yang masih aktif guna menghindari korsleting listrik. Lepaskan tabung gas agar terhindar daru kebocoran dan kebakaran. Bersihkan rumah agar nanti saat kembali dari kampung halaman, rumah tidak terlalu kotor.

6. Monitong dengan CCTV

Pemasangan cctv bisa dilakukan agar kondisi rumah masih bisa terpantau meskipun anda sedang berada di kampung halaman. Monitoring dengan cctv memberi rasa tenang dan aman selama anda meninggalkan rumah.

7. Libatkan seluruh anggota keluarga

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu selalu melibatkan seluruh anggota keluarga ketika mempersiapkan segala kebutuhan mudik lebaran. Meskipun anak anda masih kecil, tetap beri kesempatan pada anak untuk menentukan dan menyiapkan segala keperluannya sendiri. Dengan begini, anak akan merasakan serunya mudik lebaran.


Selamat mudik lebaran.

Semoga perjalanan anda dinudahkan dann dilancarkan sehingga sampai kampung halaman dengan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Selamat berkumpul dengan keluarga.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta