√Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
Header catatantirta.com

Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Bismillah,

Mudik lebaran menjadi tradisi masyarakat yang turun menurun. Teutama bagi para perantau yang beragama Islam. Mudik lebaran merupakan momen spesial berkumpulnya seluruh anggota keluarga di kampung halaman. Bukan hanya karena kebiasaan pulang kampung yang diusung, tetapi juga rindu pada orangtua dan silaturahim sesama keluarga.

Pulang ke kampung halaman sama dengan meninggalkan rumah. Rumah ditinggalkan kosong tanpa penghuni untuk sementara waktu. Sekitar satu minggu rumah yang biasanya ramai akan kosong tanpa anggota keluarga di dalamnya. Semua anggota keluarga pindah sementara ke kampung halaman. 

Ketika rumah dalam kondisi kosong, bisa jadi ada bahaya yang mengancam. Rumah yang kosong bisa menjadi sasaran tindakan kriminalitas seperti pencurian  atau perampokan. Selain itu  rumah yang ditinggalkan kosong juga rawan kebakaran, kebocoran, dan kotor.

Agar rumah ditinggal mudik dengan aman, maka anda perlu menyiapkan benerapa hal. Persiapkan rumah dalam komdisi aman, nyaman, dan selamat agar anda pun  lebih tenang meninggalkan rumah untuk pulang ke kampung halaman. Begitupun saat balik ke rumah, anda bisa kembali dengan bahagia.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

1. Instalasi listrik

Pengecekan pada instalasiiatrik sangat penting untuk mencegah korsleting listrik yang dapat memicu kebakaran. Lepas dan rapikan kabel-kabel dan saluran stop kontak yang tidak dipakai saat rumah dalam keadaan kosong. Kabel televisi, kabel AC ( Air Conditioner ), kulkas ( pendingin / refrigator ), kabel kipas, rice cooker, mesin cuci, dan kabel lain yang tidak digunakan.

2. Tabung gas

Lepaskan tabung gas dari selang gas. Hal ini berguna untuk mencegah gas bocor dan memicu kebakaran. Setelah tabung gas dicabut, letakkan berjauhan dengan selang kompor agar menghindari terjadinya percikan atau gesekan.

3. Kulkas

Kebersihan kulkas sangat penting sebab disana adalah tempat penyimpanan makanan. Kosongkan dan bersihkan kukas ketika ditinggal mudik serta pastikan dalam kondisi mati. Apabila ada makanan yang basah atau mudah basi, bisa anda berikan pada tetangga atau orang yang membutuhkan. Hitung-hitung  beramal di bulan suci Ramadan, bulan yang baik. Setelah kulkas bersih, beri alas atau kain kotor di bawah pintu kulkas agar sisa air yang mengalir bisa terserap.

4. Saluran air

Tutup setiap saluran air yang menjadi jalur pembuangan. Ini bertujuan untuk mencegah   binatang seperti kecoa atau kelabang masuk ke rumah.

5. Cctv

Pemasangan cctv sangat berguna untuk mengawasi kondisi rumah dari jarak jauh selama berada di kampung halaman. Cctv bisa dipasang mengarah ke gerbang atau pintu bagian luar agar dapat mengawasi pergerakan mencurigakan yang membahayakan  rumah.

6. Kebersihkan dan kerapihan

Usahakan lantai dan area rumah dalam kondisi bersih dan rapi agar ketika anda kembali selepas mudik dapat langsung beristirahat dan memulihkan kondisi badan.

Enam hal di atas bisa menjadi persiapan anada sebelum mudik ke kampung halaman.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta