√Olympiade Rumah Pintar Ke-5
Header catatantirta.com

Olympiade Rumah Pintar Ke-5



Bismillah,
Siang itu wali kelas sulung msmbagikan informasi tentang lomba kecerdasan tingkat Sekolah Dasar. Lomba tersebut diadakan oleh sebuah lembaga pendidikan yang bernama Rumah Pintar. Pemberitahuan tentang adanya lomba kecerdasan ini saya sampaikan pada sulung. Ia pun antusias ingin ikut berpartisipasi.

Rumah Pintar merupakan lembaga pendidikan yang berada di daerah Blitar, Jawa Timur. Event olympiade yang diadakan oleh Rumah Pintar mencakup tiga mata pelajaran yaitu matematika, ilmu pengetahuan alam, dan bahasa Inggris. Setiap anak yang ingin ikut kompetisi diwajibkan mendaftar secara online melalui formulir pendaftaran yang telah dibagikan. Masing-masing peserta lomba, diperbolehkan mengikuti tiga mata pelajaran sekaligus karena tidak ada batasan jumlah mata pelajaran yang ingin diikuti.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, peserta akan bergabung dalam grup whatsapp yang dikelola oleh Rumah Pintar. Whatsapp grup ini digunakan sebagai media komunikasi antara peserta seleksi lomba dengan panitia dari Rumah Pintar. 

Tim panitia Rumah Pintar membagikan berbagai informasi terkait lomba yang mereka selenggarakan. Informasi tersebut diantaranya jadwal seleksi kompetisi, juklas dan juklis kompetisi, serta kisi-kisi dari setiap mata pelajaran yang dilombakan. Tak lupa pula panitian Rumah Pintar selalu mengingatkan jadwal pelaksanaan babak penyisihan dalam olympiade ini.

Kompetisi ini merupakan kali pertama yang diikuti oleh sulung. Ia bersemangat untuk mengikutinya meski pelaksanaannya secarang daring. Beberapa hari sebelum lomba dilaksanakan, sulung mempelajari tiga mata pelajaran yang diminatinya. Ya, sulung ikut seleksi mata pelajaran, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan alam. Tidak ada paksaan sebab semua dipilih sesuai keinginannya.

Sulung belajar setelah pulang sekolah sekitar 30 menit dalam sekali belajar. Setelah selesai menambah dan melatih pengetahuannya, kami memberikan ia soal untuk dikerjakan. Kami juga mencoba kuis secara online pada salah satu aplikasi. 

Menjelang babak penyisihan kompetisi Rumah Pintar, kami menjelaskan aturan dan urutan lomba sesuai petunjuk dari panitia olympiade. Meski lomba dilakukan secara daring, kami tidak turut campur ketika sulung mengerjakan soal yang diberikan.

Hasil kompetisi Rumah Pintar diumumkan sehari setelah pelaksanaan babak penyisihan. Sulung berhasil lolos untuk ketiga mata pelajaran yang diikuti.

Setelah babak penyisihan akan ada tahap lanjutan dan untuk ikut kompetisi  tersebut disarankan untuk melakukan registrasi ulang.
Semoga bisa lolos tahap selanjutnya.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta