√Jendela Alam Bandung _ Wisata Edukasi dan Keluarga
Header catatantirta.com

Jendela Alam Bandung _ Wisata Edukasi dan Keluarga


Bismillah,

Setiap keluarga punya cara sendiri untuk mengisi akhir pekan. Salah satunya yaitu dengan bertamasya ke suatu tempat. Baik itu tempat wisata, tempat, makan bersama, ataupun berkunjung ke rumah sanak keluarga dan sahabat.

Alhamdulillah, keluarga kami dikaruniai dua orang anak perempuan yang senang diajak bepergian. Kami sebagai orangtua pun punya kesenangan yang sama yaitu jalan-jalan. Beruntungnya lagi, semua anggota keluarga kami tidak ada yang mudah mabuk perjalanan, terutama perjalanan darat. Jadilah kami sebagai kelyarga yang kompak kalau beraktifitas ke luar rumah.

Dua putri kami masih berusia anak-anak. Sulung tujuh tahun dan adik dua tahun. Ketika kami merencanakan untuk jalan-jalan, tempat yang utama kami cari adalah tempat yang nyaman untuk anak-anak. Berwisata bagi kami bukan hanya tentang suka ria, tetapi juga diikuti dengan pengalaman dan manfaat yang bisa diambil dalam setiap perjalanan.

Salah satu tempat wisata yang pernah kami kunjungi yaitu Jendela Alam Bandung. Jendela Alam ini berlokasi di daerah Bandung. Tidak akan sulit untuk mencarinya, sebab kita bisa menggunakan aplikasi map yang tersedia di smarthphone.

Jendela Alam menjadi pilihan kami saat berkunjung ke Bandung. Tempat wisata ini cocok sekali untuk anak-anak. Tema yang diusung oleh wisata Jendela Alam adalah fun education. Fasilitas yang disediakan oleh Jendela Alam memang dikhususkan untuk anak-anak bermain, bergembira, menambah ilmu, dan juga pengalaman.

Selain wahana bermain anak, wisata Jendela Alam juga didukung oleh fasilitas yang cukup baik untuk para pengunjungnya.

Berikut wahana yang tersedia wisata Jendela Alam Bandung :

1. Art atau seni

Wahana ini menyediakan semacam patung lilin yang bisa diberi warna. Anak-anak bebas menuangkan imanjinasinya lewat cat air dan mewarnai patung sesuai kesukaannya.

2. Play ground atau taman bermain

Area plauground menyediakan ayunan, jungkat-jungkit, dan juga seluncuran atau prosotan.

3. Sepeda mini

Jendela Alam menyediakan penyewaan sepeda mini atau sepeda kecil. Wahana ini berbayar dan memiliki durasi penyewaan.

4. Kereta keliling

Kereta keliling menjadi favorit anak-anak. Wahana ini berbayar. Keretan berjalan mengelilingi beberapa tempat dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Kandang Burung

Ada banyak kandang burung di Jendela Alam. Beberapa kandang membolehkan pengunjung untuk masuk dan melihat lebih dekat aneka burung yang menggemaskan.

6. Kandang Rusa

Ada dua ekor rusa bernama Ruru dan Sasa. Anak-anak bisa memberi makan rusa sebagai media untuk mengasah keberanian dan empati.

7. Kandang Kelinci, Hamster, dan Marmut

Anak-anak bisa belajar mengenal perbedaan antra kelinci, hamster, dan marmut. Mereka juga boleh memberi makan binatang-binatang lucu ini.

8. Jendela Water

Jendela water berisi aneka ikan. Sayangnya belum banyak jumlqh ikan yang tersedia. Namun, anak-anak bisa belajar mengenal jenis ikan yang ada.

9. Kebun dan Lahan Bercocok Tanam

Ada area yang cukup luas untuk anak-anak belajar beecocok tanam. Pengalaman yang menyenangkan bagi anak dalam mengenal proses menanam mulai dari memcangkul sampai memberi pupuk.

10. Kandang Ayam, Angsa, dan Bebek

Angsa, Ayam, dan Bebek berada pada kandang yang berbeda. Anak-anak dapat belajar membedakan ketiga unggas tersebut dan tempat hidup mereka.

11. Kandang Kambing

Anak-anak bisa memberi makan kambing sebagai pengalaman menggembala.

12. Kandang Kuda

Naik kuda dapat melatih keberanian anak, mengasah keseimbangan diri, dan juga fokus.

13. Lahan tanaman hias

Ada banyak tanaman hias yang dibudidayakan di Jendela Alam Bandung. Biasanya para orangtua yang antusias ke wahana ini.

14. Flying Fox

Wahana ini ada dua kategori yaitu untuk anak dan dewasa. Ketinggian seluncur flying fox menjadi pembeda untun anak dan dewasa.

15. Food court

Fasilitas pendukung yang wajib ada di tempat wisata yaitu area makan atau food court. Rumah makan di Jendela Alam bernuansa Sunda dengan saung dan lesehan.

16. Mushola

17. Toilet

18. Tempat duduk

Ada banyak tempat yang disediakan agar dapat dipakai untuk duduk dan bersantai.

Bagi pembaca yang penasaran ingin tahu lebih nyata tentang Jendela Alam Bandung, bisa tonton di video berikut : 

Wisata Edukasi Jendela Alam Bandung

Meski lebih fokus untuk anak-anak, namun wisata Jendela Alam juga bisa dinikmati oleh dewasa dan remaja. Udara yang sejuk, pemandangan hijau, dan jauh dari kebisingan menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat.

Yuk, agendakan ke Jendela Alam Bandung bersama keluarga tersayang.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta