√Jurnal Growth Pekan Pertama
Header catatantirta.com

Jurnal Growth Pekan Pertama



Bismillah,
Zona Growth makin menantang karena ruang zona ini bukan hanya mencakup diri sendiri, tetapi juga Cohousing, Cluster, Hexagon City, dan juga Ibu Profesional.

Ibu Septi menyampaikan materi tentang Growth Mindset dan Fixed Mindset yang sebelumnya saya belum pernah tahu. 
Berikut pemaparan beliau ketika live di fbg Hexagon City, kelas Bunda Produktif :
A. Growth Mindset
     Growth mindset diartikan sebagai pola pikir seseorang yang selalu berkembang yang mana ia percaya bahwa setiap kesuksesan dicapai melalui latihan dan kerja keras.

Ciri Growth Mindset yaitu
1. Mendorong diri untuk berani mencoba hal-hal baru.
2. Berusaha penuh dalam setiap hal yang dilakukan.
3. Fokus pada setiap proses dan usaha yang dilakukan.
4. Berani mengambil resiko dalam setiap langkah.
5. Keluar dati zona nyaman.
6. Tidak takut mendapat kegagalan.
7. Saat gagal, tahu caranya untuk bangkit lagi.

B. Fixed Mindset
    Fixed mindset diartikan sebagai pola pikir yang mempercayai bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya tetap dan tidak berubah.
Ciri-ciri Fixed Mindset yaitu :
1. Puas dengan bakat atau kecerdasan yang dimiliki.
2. Tidak tertarik pada hal-hal baru atau mempelajarinya.
3. Bangga dengan bakat bawaan atau bakat alami yang dimiliki, sehingga tidak berkeinginan untuk berusaha atau bekerja keras.
4. Takut keluar dari zona nyaman.
5. Tidak berani mengambil resiko dalam langkah.
6. Takut mendapat kegagalan.
7. Memilih untuk diam tanpa usaha lain.

Dari dua jenis Mindset di atas, saya masih memiliki kombinasi dari keduanya. Terkadang ada keraguan saat ingin keluar dari zona nyaman. Takut gagal dan tak bisa bangkit. Namun, sejatinya saya menyukai hal-hal baru. Saya senang mempelajari sesuatu yang baru. Saya pun perlahan keluar dari zona nyaman. Mencoba banyak hal dan mempersiapkan diri ketika mendapatkan kegagalan.

Nah, zona Growth ini memberi kesempatan pada saya sebagai hexagonia untuk mengembangkan Growth Mindset. Ikut berperan aktif dalam setiap tahapan di Hexagon City membuat saya bahagia dan berbinar. Apalagi ketika hasil karya bisa tampil di media Hexagon City.
Tahap Growth ini saya akan berusaha memberikan growth mindset yang bisa saya lakukan untuk diri sendiri, Cohousing, Cluster, Hexagon City, fan Ibu Profesional.

Personal Template Growth Mindset

Saat ini saya sedang mengembangkan diri dalam passion videografi. Peningkatan kreatifitas dalam membuat video menjadi target growth mindset personal saya. Biasanya saya melakukan editing video di malam hari saat anak-anak sudah tidur. Kali ini saya akan menambah jam terbang editing video di siang hari sambil menemani anak-anak beraktifitas.

Cohousing Gabungan 1 menjadi tempat saya untuk menimba ilmu fotografi dan videografi. Saya sangat bahagia bisa dipertemukan dengan teman-teman yang hebat. Sebagai warga cohousing, saya akan terus konsisten memberi dukungan dan memotivasi teman-teman agar bisa terus berkembang. Menghasilkan karya-karya yang hebat dan juga bermanfaat.

Cluster gabungan yang awalnya tidak masuk dalam ranah saya, kini sedikit demi sedikit menjadi perhatian. Meski hanya sekedar menyimak di meeting zoom, saya semakin mengenal cluster gabungan yang ternyata berisi orang-orang hebat.
Saya mengambil peran di tim desain sebagai dukungan dalam project cluster.

Hexagon City tempat kami belajar memiliki banyak aktifitas. Awalnya memang terasa berat mengikuti ritme aktifitas yang ada di Hexagon City. Banyak informasi dan perubahan yang disampaikan sehingga menimbulkan kebingungan prioritas atau tsunami informasi. Namun, setelah saling bertukar pikiran dan berdiskusi di Rujakan Cohousing, saya mulai menemukan ritme yang cocok dan membuat saya nyaman. Tak harus semua disimak dan diikuti karena saya bisa memilih informasi yang penting, suka, dan bermanfaat. Sebagai hexagonia, saya alan berusaha mendukung setiap aktifitas Hexagon City dengan hadir, menyimak, dan memberi like pada tayangan terbaru.

Ibu Profesional menjadi induk dari seluruh kelas dan tahap pembelajaran yang saya lakukan. Sebagai dukungan terhadap Ibu Profesional, saya memberikan waktu untuk hadir, menyimak, dan memberi like juga komentar pada informasi dan aktifitas di Ibu Profesional.

Tugas tambahan di tahap Growth ini adalah melampirkan katalog Cohousing. Berikut katalog dari Cohousing Gabungan 1





Semangat terus untuk para hexagonia, terutama teman-teman di Cohousing Gabungan 1.


#Hexagonia
#HexagonCity
#ZonaGrowth
#Pekan1
#BundaProduktif
#IbuProfesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta