√Aliran Rasa Quartal Pertama
Header catatantirta.com

Aliran Rasa Quartal Pertama



Bismillah,

Ketika selesai di kelas Bunda Cekatan, saya memutuskan untuk langsung lanjut ke Bunda Produktif. Setiap ada info terbaru, langsung menyimak karena tidak ingin terlewat informasi.


Alhamdulillah, bisa bergabung di Bunda Produktif tanpa hambatan, tanpa ragu, dan tanpa penundaan.

Saya tahu akan ada banyak keseruan di kelas Bunda Produktif. Ini sudah tergambarkan selama menapaki Bunda Cekatan. Ibu Septi selalu memberi kejutan disetiap sesi. Setiap tahapan selalu membuat kami (saya) tersenyum, berpikir, berbinar, lalu bahagia. Meski seringkali terseok di manajemen waktu, tetapi niat yang kuat membuat saya tetap berjuang. Semua karena saya yakin bahwa apa yang saya lakukan akan berdampak pada diri saya, keluarga, dan sekitar.


Pertemuan pertama di kelas Bunda Produktif dibuka oleh ibu Septi langsung. Beliau memakai pengikat kepala bertuliskan Integritas. Ikat kepala tersebut menandakan kesungguhan dan semangat. Aura yang dikirimkan oleh ibu Septi benar-benar mengena hingga saya pun merasakannya.


Keterkejutan kami dimulai ketika ibu Septi memberitahukan bahwa konsep Bunda Produktif adalah membangun sebuah kota yang diberi nama Hexagon City. Bentuk hexagonal menjadi ciri dari Hexagon City. Hal ini memiliki beberapa filosofi yang salah satunya adalah diambil dari sarang lebah yang berbentuk hexagonal. Bentuk hexagonal memiliki tingkat kerapatan dan kekuatan yang lebih baik daripada bentuk lain. Seperti sarang lebah yang kuat menyimpan madu di dalam sarang yang berbentuk hexagonal. Para peserta Bunda Produktif diberi nama hexagonia yaitu warga Hexagon City.

Setelah memberikan gambaran tentang Hexagon City, ibu Septi pun memperkenalkan Tim Formula yang hebat karena telah membuat konsep Hexagon City dengan sangat luar biasa. Tim formula bersama Ibu Septi bekerja sama membangun pondasi dan sistem yang hebat untuk Hexagon City.


Selain ibu Septi dan Tim formula, para hexagonia pun diwajibkan berkontribusi pada pembangunan Hexagon City. Kontribusi pertama yaitu membuat Hexahouse yang sebelumnya telah dibagi dalam CoHousing sesuai passion. Pembagian Cohousing diambil berdasarkan passion yang dipilih oleh para


Cohousing Gab.1


Alhamdulillah, saya masuk dalam Cohousing Gabungan 1. Cohousing ini terdiri dari passion fotografi, videografi, dan teknologi. Passion yang saya ambil adalah teknologi dengan spesifikasi pada editing video yang akan ditayangkan pada youtube channel.


Awalnya saya ragu, apakah passion yang saya pilih ini bisa berkembang. Mengingat dalam Cohousing ada beberapa passion. Lalu, saat ibu Septi menjelaskan tentang perbedaan passion yang disatukan karena ada batas jumlah hexagonia dalam satu Cohousing. Sehingga kelebihannya dijadikan satu dalam CH Gabungan dengan tingkat passion yang saling berkaitan. Antara fotografi dan videografi memang sangat berkaitan. Maka dari itu saya pun membuka mindset bahwa keberadaan saya di CH Gab.1 tentu bukanlah suatu kebetulan tetapi sebuah rejeki.


Benar saja. Saya dipertemukan dengan teman-teman yang baik, terutama leader yang bisa menjembatani kami di dalam Cohousing. Saya pun dipertemukan dengan teman-teman yang penuh energi, penuh semangat untuk berkembang dan berkarya.

Tahap membangun hexahouse pun berjalan lancar. Bahkan kami membuat nama jalan serta no rumah masing-masing. Keseruan selalu menemani setiap obrolan kami di WaG. 


Kejutan datang kembali dari Tim Formula dan Founding Mothers yaitu adanya Pemilu untuk memilih calon walikota Hexagon City. Euforianya melebihi pemilu yang pernah saya rasakan sebelumnya. Ada enam kandidat dengan kemenangan dipegang oleh mba Endang Prasdianti sebagai wali kota Hexagon City. Benar-benar Pemilu yang luar biasa.


Belum selesai dengan kemeriahan pemilihan walikota Hexagon City, kami di Cohousing sibuk berdiskusi membuat Project Passion yang ingin dijalankan. Diskusi di WaG berjalan baik. Kami saling memberi masukan, mencari jalan tengah, dan berbagi peran dalam pengerjaan Project Passion. Saya memberanikan diri untuk berkontribusi menjadi pimpinan Project Passion. 


Semesta dalam Lensa menjadi nama Project Passion kami. Dengan strong why yaitu bahwa produktivitas mendatangkan kebahagiaan dan kebahagiaan itu menular. Kami berharap dapat mengembangkan passion yang kami senangi, menjalankannya dengan bahagia, menularkan kebahagiaan yang kami rasakan, lalu menghasilkan karya yang bermanfaat. 

Saling memotivasi dan mendukung


Selama proses diskusi terkait Project Passion, kami melakukannya dengan bahagia, saling menghargai, dan saling memotivasi. Keberuntungan saya terus bertambah di Cohousing Gab.1 karena memiliki tim yang baik dan kompak.


Selain berbincang lewat WaG, kami juga berdiskusi menggunakan Zoom Meeting yang dilakukan setiap sabtu pukul 14:00 wib. Kami juga belajar dan berbagi ilmu melalui telegram agar tidak tumpang tindih dengan informasi terkait Hexagon City. Jadi, media pendukung kami dalam proses Project Passion adalah Zoom Meeting dan Telegram. Sedangkan WaG, kami gunakan untuk berdiskusi segala hal tentang Hexagon City.


Tahapan selanjutnya di Hexagon City adalah pembentukan Karakter Hexagonia dan penguatannya melalui Habit to Nation. Jadi, setiap hexagonia memilih satu karakter yang mewakili dirinya. Karakter tersebut adalah sikap yang ingin dicapai sebagai pendukung kemajuan passion yang ditekuni. Saya memilih Kreatif sebagai karakter karena sikap tersebutsangat dibutuhkan dalam passion yang saya dalamani. Saya menyadari tingkat kreativitas yang saya miliki masih sangat kurang. Seringkali pikiran buntu dan tidak muncul ide baru. Tanpa adanya ide tentu saja tidak akan ada karya yang bisa saya ciptakan. Maka dari itu saya memilih kreatif sebagai karakter dan bersungguh-sungguh untuk menjalankannya. Karakter ini diperkuat dalam zona Habit to Nation. Benar sekali bahwa habit atau kebiasaan yang diulang terus menerus akan membuat sebuah perubahan. Perubahan tersebut akan berkembang dan menghasilkan sesuatu. Saya pun terus berusaha meningkatkan kreativitas dalam editing video dengan target satu video setiap minggunya. Dua minggu pertama, saya berhasil membuat dua video. Namun sayang di minggu berikutnya saya terkendala karena fokus mengambil gambar alias fotografi. Berhubung saya bersama dengan teman-teman dengan passion fotografi, ada banyak  ilmu yang saya dapatkan karena masih bisa dipraktekkan ketika membuat video. Fotografi memang tak kalah menariknya dengan videografi. Sama-sama berkaitan dengan gambar, kamera, dan aplikasi editing.


Lagi-lagi beruntungnya saya berada diantara teman-teman yang baik. Setiap kali berbagi ilmu, mereka selalu memberi masukan yang membangun. Tidak ada menyalahkan, mengejek, apalagi menertawakan. Semua saling mendukung, memotivasi, dan mengingatkan. Bahkan setiap kali Zoom Meeting selalu ada tawa dan bahagia sehingga kami yang jauh terasa dekat dan hangat. Meskipun terseok dalam mengikuti ritme di Hexagon City dengan bermacam informasi dan aktivitas yang hadir,  kebersamaan di Cohousing Gab.1 membuat saya menjalani passion sebagai hexagonia dengan lebih mudah, nyaman, menyenangkan, dan dapat meningkatkan habit pada karakter yang ingin saya kuatkan. Begitu pula kontribusi di dalam Cohousing, bukan hanya saya tetapi kami merasakan hal yang sama selama bersama-sama. Kami senang, nyaman, dan bahagia ketika bisa saling support, saling memotivasi, mengingatkan dan berbagi ilmu. 


Terima kasih untuk mba Umi, teh Rani, mba Uli, mba Aries, mba Sri, mba Masriani, mba Nurna, dan mba Asih, atas kebersamaan kita di Cohousing Gab.1

Terima kasih sudah memberi banyak pembelajaran agar tetap bersemangat dan terus berkarya.

Semoga kita bisa selesai bersama.

Aamiin



#aliranrasa

#QuartalPertama

#BundaProduktif

#CohousingGab_1

#SemestadalamLensa


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta