√Tahapan Telur-Telur Merah Kelas Bunda Cekatan
Header catatantirta.com

Tahapan Telur-Telur Merah Kelas Bunda Cekatan

Setelah mengisi telur-telur hijau dengan 4 kuadran kebahagiaan, maka kali ini mengisi telur berwarna merah.

Apa itu telur merah?

Materi ke dua dalam kelas bunda cekatan yaitu menuliskan berbagai keterampilan yang mendukung tercapainya aktifitas yang membuat mata berbinar. Nah, pada telur-telur merah inilah keterampilan itu terpampang. Semua untuk mempermudah aktifitas bisa dan suka.

Sebelumnya, saya mau bercerita sedikit tentang penulisan jurnal ini. Qodarullah, saat materi kedua berlangsung, saya sedang berada di luar kota. Alhamdulillah bisa mengikuti siaran langsung saat bu Septi menyampaikan materi secara langsung di grup facebook.
Namun, keesokan harinya saya tidak dapat menyimak nara sumber hebat yang juga menantu dari bu Septi yaitu mas Pandu. Hal ini dikarenakan anak sulung demam dan panas tinggi. Ternyata demam tersebut adalah gejala awal dari penyakit cacar. Saya mencari celah waktu di tengah merawat anal sulung dan sang adik untuk memutar ulang materi metakognisi yang disampaikan mas Pandu.
Hingga ketika ibu Septi melakukan sesi tanya-jawab, saya pun belum bisa hadir langsung. Hanya bisa memutar ulang videonya dan membaca komentar para peserta bunda cekatan.

Dua hari berselang, adik kecil mulai rewel. Panas badannya mencapai 38°C dan tidak turun meski sudah minum paracetamol. Dua hari lebih kondisi demam adik tidak turun hingga muncul efek lain yaitu tidak mau makan dan minum. Adik menangis setiap kali makanan ataupun minuman masuk ke mulutnya. Saya pun melihat ada beberapa titik sariawan di langit-langit mulutnya.
Melihat kondisi adik yang tak kunjung membaik, kami pun memutuskan membawanya ke dokter spesialis anak. Kami khawatir adik akan dehidrasi karena asuoan makan dan minumnya sangat sedikit.
Hampir tiga hari adik selalu ada di gendongan. Bahkan tidurpun berada dalam pangkuan. Sepertinya ia lapar namun sakit hingga mencari kenyamanan.

Puncaknya malam ini. Dengan sisa waktu yang ada, saya berusaha membuat jurnal sederhana tentang materi kedua di kelas telur-telur bunda cekatan. Saya tahu jurnal ini belum maksimal. Tetapi saya bersyukur karena masih ada waktu untuk menyelesaikannya.

Berikut gambar telur-telur yang mewakili beberapa keterampilan yang saya perlukan untung menunjang aktifitas bisa dam suka.

1. Gambar pertama berisi berbagai keterampilan yang sekiranya saya butuhkan untuk membantu pencapaian kuadran kebahagiaan.
Gambar 1


2. Gambar kedua berisi keterampilan yang paling dibutuhkan untuk menemukan binar kebahagiaan.



#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta