√Tahapan Telur-Telur Oren Kelas Bunda Cekatan
Header catatantirta.com

Tahapan Telur-Telur Oren Kelas Bunda Cekatan

Materi kelas bunda cekatan menapaki minggu ketiga. Bertepatan dengan tahun baru 2020 Masehi. Namun, ada sedikit cerita sedih karena beberapa tempat di jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) mengalami musibah banjir. Bahkan ibu Septi yang saat itu berada di sekitar Jakarta pun merasakan dampak dari banjir tersebut.
Semoga teman-teman yang mengalami kebanjiran diberi kesabaran dalam menghadapi ujian tersebut.
Aamiin.

Kembali pada materi ketiga kelas bunda cekatan.
Materi ketiga ini berisi tentang ilmu apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung keterampilan-keterampilan yang telah dipersiapkan di telur merah. Ilmu ini akan dipelajari, dilatih, diasah, dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian ditutup dengan evaluasi hasil dari aplikasi ilmu-ilmu tersebut. Apakah ada dampak positif yang dihasilkan? Atau justru lebih cenderung menambah dampak yang kurang pas sehingga binar bahagia belum menampakkan sinarnya.

Ilmu yang akan dipelajari dipilih berdasarkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai bahagianya diri dari apa yang suka dan bisa.
Ilmu yang dibutuhkan untuk membantu keterampilan semakin apik dan menjadi bunda yanh cekatan.

Dalam telur merah ada beberapa keterampilan yang ingin saya dapatkan. Namun, satu yang paling mendesak dan perlu diprioritaskan adalah keterampilan manjemen waktu. Saya masih kavau dalam membagi waktu. Rasanya 24jam dalam sehari selalu kurang. Banyak pekerjaan rumah yang tidak selesai bahkan tidak sempat dipegang. Seringkali pekerjaan-pekerjaan itu menimbulkan kegelisahan. Rasanya gemas ingin menyelesaikan semua tapi tak mampu karena kehabisan waktu.
Merujuk pada keterampilan manajemen waktu yang telah saya tuliskan di telur-telur merah, maka ilmu-ilmu yang kiranya saya butuhkan adalah sebagai berikut :


1. Ilmu tata ruang
Rumah yang rapi dengan letak dan susunan yang apik tentu saja idaman setiap penghuni rumah. Melihat benda sesuai tempatnya akan menimbulkan rasa nyaman dan tentram. Semua aktifitas rumah pun bisa dilakukan dengan bebas dan nyaman. Ilmu tata ruang atau tata letak ini akan membantu saya meraih kenyamanan di dalam rumah. Hingga bjnar bahagia pun akan mekar setiap waktu.
2. Ilmu kebersihan
Keterampilan manajemen waktu yang saya butuhkam sangat erat kaitannya dengan kegiatan bersih-bersih rumah. Dua malaikat kecil yang selalu aktif membutuhkan arena bermain yang bersih. Kebersihan rumah sebagai arena bermain sangat berpengaruh pada kesehatan anak-anak, saya, dan suami. Maka dari itu saya membutuhkan ilmu terkait kebersihan di dalam rumah demi menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.
3. Ilmu pengaturan waktu
Seperti yang saya tuangkan sebelumnya bahwa 24jam sehari itu rasanya kurang. Ada saja pekerjaan yang belum selesai. Dengan mempelajari ilmu pengaturan waktu, saya berharap bisa lebih terampil dalam mengerjakan semua pekerjaan rumah tepat waktu.
4. Ilmu fotografi
Hobi memotret disetiap momen dengan objek apapun membuat saya perlu mempelajari ilmu fotografi. Agar keterampilan fotografi saya semakin bagis, maka perlu ilmu fotogtafi lebih jauh lagi. Namun, fotografi ini bukan hal prioritas. Meski selalu ada binar bahagia di setiap hasil jepretan kamera, fotografi menjadi penghibur terbaik.
5. Ilmu mengolah emosi
Emosi saya masih sangat sensitif. Begitu mudah naik untuk hal yang mungkin semestinya tidak perlu dipermasalan. Maka dari itu, saya sangat perlu untuk mendapatkan ilmu terkait cara mengolah emosi.

Semua ilmu yang ingin saya dapatkan tersebut, bisa diperoleh melalui banyak media. Diantaranya yaitu :
1. Buku
2. Kelas belajar online
3. Kelas belajar offline
4. Media sosial
5. Pengalaman orang lain.


Saya senang belajar dengan banyak media, terutama  melalui buku. Dari buku, saya bisa memperoleh banyak informasi dan juga ilmu yang bisa dipertanggungjawabkan isinya. Tetapi, tidak menutup manfaat dari pembelaharan menggunakan media lain.
Berikut gambar yang mewakili telur oren dimateri ketiga :


#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta