√Senangnya Menjadi Kakak
Header catatantirta.com

Senangnya Menjadi Kakak


Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasang suami istri. Masa bahagia setelah pernikahan yaitu hadirnya sang buah hati. Dunia menjadi sangat lengkap saat malaikat kecil lahir. Hari-hari menjadi begitu indah. Lengkap sudah rasanya menjadi orangtua yang penuh bahagia.
Lalu waktu pun berputar. Anak yang dulu kecil kini bertumbuh semakin besar. Segala sesuatu yang dulu dibantu, mulai berkurang. Peran orangtua sedikit bergeser, anak menjadi mandiri.
Kemudian datanglah berita sukacita lagi. Bahwa rumah akan menjadi semakin ramai dengan bertambahnya anggota keluarga. Kabar ini pun disampaikan pada anak sulung tentang adik kecil yang akan menjadi teman bermainnya. Banyak respon yang akan diberikan oleh anak sulung. Ada yang melonjak senang dan bahagia. Ada yang menanggapi datar tanpa ekspresi. Namun, ada pula yang kurang nyaman dengan kabar menyenangkan itu.
Ketika calon kakak senang menyambut kehadiran seorang adik, maka hati orang tua akan tenang dan juga senang. Namun kebalikan dari itu, apabila si calon kakak merasa gelisah dengan hadirnya adik baru, maka para orang tua perlu mempersiapkan diri. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah terkait perasaan dan batinnya yaitu memberi sounding atau perkataan-perkataan baik tentang hadirnya seorang adik. Bisa dengan menceritakan tentang sosok seorang adik. Adik akan menjadi teman yang menyenangkan. Tingkah polahnya pun menggemaskan dan banyak hal yang bisa dilakukan bersama. Ungkapkan bahwa kehadiran adik tidak akan mengurangi kasih sayang ibu dan bapak. Justru dengan hadirnya seorang adik, maka kasih sayang akan bertambah dan terus mengalir. Selain memberi gambaran yang menyenangkan tentang kehadiran adik, libatkan calon kakak dalam menyambut sang adik. Ajak anak membantu segala keperluan adik. Misalnya dengan ikut berbelanja keperluan bayi, memberi kesempatan untuk memilih pakaian adiknya, mengajaknya setiap kali ke dokter kandungan, dan lain sebagainya.
Dengan melakukan sounding dan melibatkan sang kakak dalam persiapan menyambut calon adik, maka akan muncul empati dan kasih sayang. Secara batin, anak sulung akan siap menerima kehadiran adiknya. Rasa bahagia dan menyenangkan akan tumbuh di hatinya sehingga tidak ada kecemburuan maupun kesedihan dalam dirinya. Anak akan berpikir bahwa menjadibseoranf kakak begitu menyenangkan.
.
#SehariSatuTulisan
#KLIPMei2019

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta