√Lima Tips Menyambut Persalinan
Header catatantirta.com

Lima Tips Menyambut Persalinan

Sebuah kabar yang dinanti bagi para pasangan suami istri adalah kehadiran buah hati dalam kehidupan mereka. Betapa bahagia saat pagi hari mendapati dua garis merah muda pada sebatang alat uji urin. Masa yang ditunggu pun tiba. Kehamilan menjadi rezeki yang dinanti. Seorang wanita yang tengah mendapati dirinya berbadan dua biasanya akan mengalami banyak hal. Bermacam sensasi kehamilan yang terjadi setiap waktu. Banyak perubahan yang akan terjadi pada wanita hamil. Baik itu secara fisik maupun psikis. Semua perubahan itu tidak selalu sama pada tiap wanita. Terkadang ada yang dapat beraktifitas biasa saja. Tetapi ada pula yang harus berbaring di tempat tidur sepanjang hari. Segala proses perubahan selama kehamilan adalah wajar selama tidak membahayakan. Semuanya akan berlalu seiring bertambahnya usia kehamilan. Maka, nikmatilah setiap detiknya. Upayakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh demi pertumbuhan janin yang sehat.
Setelah menjalani hari-hari penuh bahagia dalam kehamilan. Maka menjelang bulan ke sembilan usia kehamilan perlu persiapan menyambut proses persalinan. Bagi para wanita yang menjalani kehamilan pertama, biasanya akan muncul banyak kekhawatiran. Namun, rasa khawatir ini juga bisa hinggap pada kehamilan kedua, ketiga, maupun selanjutnya. Berikut beberapa tips bagi para wanita hamil yang tengah menjelang persalinan :
  1. Kumpulkan energi positif sebagai bekal persalinan. Hal ini dapat dilakukan dengan mendengarkan cerita-cerita persalinan yang mudah, lancar, dan membahagiakan. Cerita persalinan yang menyenangkan akan menenangkan hati dan pikiran sehingga lebih optimis menghadapi persalinan.
  2. Hindari mendengarkisah persalinan yang sulit. Ketika menjelang persalinan, jauhi cerita persalinan yang menyusahkan atau penuh dengan drama yang tidak menyenangkan. Hal demi menjaga diri dari ketakutan dan agar selalu yakin bahwa persalinan adalah jalan menyambut hadirnya sang buah hati. Buang jauh-jauh pikiran buruk karena dapat mempengaruhi mental menjelang persalinan.
  3. Lakukan aktivitas ringan secara rutin. Memasuki bulan kesembilan, biasanya dianjurkan untuk banyak berjalan kaki. Ini bertujuan agar jalan lahir lebih elastis dan posisi bayi siap untuk lahir. Selain berjalan kaki juga bisa melakukan  aktivitas harian lain seperti menyapu, mengepel, mencuci, dan lain-lain. Hindari kegiatan yang terlalu berat dan melelahkan karena dapat mempengaruhi kesehatan janin.
  4. Rutin melakukan senam hamil. Sebagai salah satu cara untuk mempermudah proses melahirkan yaitu dengan rutin melakukan senam hamil. Bisa dilakukan secara bersama-sama dengan instruktur senam yang berpengalaman. Bisa juga dilakukan sendiri di rumah melalui video senam hamil yang banyak dibagikan di media sosial.
  5. Konsumsi makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih. Ketika persalinan dibutuhkan tenaga yang besar agar kuat menjalani setiap tahapannya. Maka dari itu, mengonsumsi makanan bergizi sangatlah penting. Selain itu memperbanyak air putih juga dapat menjaga volume air ketuban agar tetap jernih dan cukup hingga hari persalinan tiba. Apabila diperlukan, meminum air kelapa muda pun bisa menjadi cara agar air ketuban tetap bagus dan bersih.
Beberapa tips di atas bisa dilakukan sebagai persiapan persalinan. Selain itu yang paling utama adalah memohon pertolongan dan kemudahan pada Allah SWT agar persalinan dapat berjalan dengan baik tanpa kesulitan apa pun.




#SehariSatuTulisan

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta