√Pohon Sejuta Manfaat
Header catatantirta.com

Pohon Sejuta Manfaat

Hai, kawan. Perkenalkan namaku kelapa. Aku adalah tumbuhan sejuta manfaat. Kenapa aku disebut demikian? Ya, karena seluruh bagian tubuhku memiliki manfaat bagi kehidupan. 
Tempat hidupku pun bisa di mana saja. Aku bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Tubuhku tinggi menjulang dengan daun panjang bersusun. Daun-daun muda pada tangkaiku bisa digunakan sebagai pembungkus dalam membuat ketupat. Selain daun hijauku, ketika sudah tua pun bagian dari daunku masih bisa dimanfaatkan. Tepatnya batang kecil dari kerangka daunku. Batang yang kering dibersihkan dari daun lalu digunakan sebagai sapu lidi. Sapu ini sangat berguna untuk para ibu membersihkan halaman. Selanjutnya adalah buah yang aku hasilkan. Air dari buahku terasa sangat segar ketika masih muda. Selain segar, juga bisa berguna sebagai penawar racun. Jadi, kalau teman-teman sedang demam, bisa juga loh minum airku yang masih muda. 
Buahku yang telah tua juga punya manfaat, loh. Kupas saja daging buahku, lalu bisa dijadikan sebagai pelengkap sajian masakan berupa santan yang lezat.
Berpindah ke batang utama dari tubuhku. Batangku yang kuat dan luruh menjulang, bisa dijadikan jembatan ataupun sebagai kayu bakar.
Nah, teman-teman. Itulah manfaat dari semua bagian tubuhku. 
Cintai dan jaga kelestarianku ya, supaya aku bisa terus bermanfaat bagi kehidupan.

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta