√Tips Mengatasi Kejenuhan Anak-Anak Ketika Macet
Header catatantirta.com

Tips Mengatasi Kejenuhan Anak-Anak Ketika Macet


Berwisata menjadi obat ampuh setelah anak-anak menjalankan ujian semester ganjil. Ditambah lagi bersamaan dengan libur akhir tahun yang lumayan lama. Tepat sekali melakukan liburan yang cukup panjang. Biasanya para orangtua mengambil cuti tahunan demi menambah waktu bersama keluarga.
Nah, ketika semua keluarga memilih untuk berekreasi, tentu efeknya adalah kemacetan. Sudah tidak aneh jika liburan sama dengan macet. Ya, macet sepanjang jalan menjadi bagian dari berwisata. Rasanya memang tidak enak, tetapi mau tidak mau harus tetap dijalani.
Kesabaran para pengemudi juga penumpang diuji selama macet berlangsung. Terkadang banyak yang tersulut emosi karena ingin segera sampai ke tempat tujuan. Rasa lelah dan bosan membuat suasana memanas dan menjadi tidak kondusif. Apalagi jika ada balita dalam kendaraan, sudah pasti ada kerewelan dan gelisah karena jenuh dan penat. Anak-anak memang mudah sekali bosan dan berubah perasaannya. Jika kebosanan dan kepenatan sudah hinggap pada anak-anak, keributan bisa saja terjadi. Anak-anak menjadi mudah emosi dan perilakunya jadi serba salah. Maka dari itu perlu persiapan yang mumpuni demi menangai kebosanan dan kejenuhan anak-anak saat macet melanda.
Berikut beberapa tips untuk mengatask kebosanan anak-anak saat macet dalam perjalanan :
  1. Bawa mainan yang disukai anak
Tanyakan pada anak, mainan apa yang disukai dan ingin dibawa saat bepergian. Mainan bisa mengurangi kebosanan saat macet melanda.
  1. Siapkan makanan ringan
Makanan ringan bisa menjadi cemilan selama perjalanan. Jadi kejenuhan bisa teralihkan. Anak merasa cukup kenyang dan tenang. Hindari makanan yang bersifat asam karena bisa memicu mabuk atau muntah.
  1. Gunakan pakaian nyaman
Saat macet, biasanya anak akan gelisah dan mulai berkeringat. Maka gunakan pakaian yang menyerap keringat agar anak terus merasa nyaman.
  1. Bermain seru-seruan
Ketika wajah anak-anak mulai muram dan kusam, itu tandanya mereka mulai jenuh. Biasanya akan muncul kalimat-kalimat manja meminta perhatian. Ajak anak melakukan berbagai permainan sederhana yang bisa dilakukan di dalam kendaraan. Misalnya bermain tebak-tebakan.
  1. Berkomunikasi sekitar area
Ajak anak untuk mengenali lingkungan sekitar saat macet. Ceritakan keunikan atau hal-hal menarik yang ada di sekitat area macet. Misal tentang POM bensin, rumah makan, alun-alun, dan lain sebagainya.
  1. Beristirahat
Obat paling ampuh mengatasi kejenuhan ketika macet adalah berhenti sejenak. Meregangkan otot-otot yang kaku. Melemaskan persendian dan menghirup udara segar. Cari tempat istirahat terdekat lalu ajak anak untuk melpas penatnya. Ajak membeli sesuatu sambil beristirahat mengumpulkan semangat untuk kembali melakukan perjalanan.

Beberapa tips di atas cukup efektif mengatasi kejenuhan anak-anak kerika macet.
Selamat mencoba.
Selamat berlibur.




#SehariSatuTulisan

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta