√BaBuBa (Baca Buku Bareng) #6
Header catatantirta.com

BaBuBa (Baca Buku Bareng) #6

Tebak Gambar di Buku juga Seru, Loh.

Baca Buku Bareng atau yang saya singkat dengan BaBuBa, sudah memasuki hari ke enam. Awal dari target family project ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kecerdasan yang ada pada diri Nala. Kecerdasan tersebut mencakup empat sisi yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan menghadapi tantangan.

Berikut penjelasan singkat tentang kecerdasan yang perlu ditingkatkan pada anak.

1. Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence)
Kecerdasan emosional mencakup kemampuan untuk mengenali berbagai emosi atau perasaan yang ada pada diri, kemudian mengelola emosi, mengenali emosi yang ada pada orang lain, memotivasi diri, dan keterampilan ketika berinteraksi dengan orang lain.
Pada kegiatan BaBuBa (Baca Buku Bareng) ini, Nala diasah kemampuan emosionalnya ketika berinteraksi dengan teman-temannya. Nala juga memberi motivasi pada teman-temannya untuk gemar membaca dan menyukai buku. Selain itu, ketika buku-bukunya dipegang dan dibaca oleh teman-temannya , maka perlu keihklasan untuk berbagi. Jadi Nala dilatih untuk mengelola rasa rela bahwa bukunya dibaca dan digunakan oleh teman-temannya.

2. Kecerdasan Intelektual (Intellectual Quotient)
Kecerdasan intelektual meliputi kemampuan untuk menalar, perencanaan sesuatu, kemampuan memecahkan masalah, memahami sebuah gagasan, berpikir, penggunaan bahasa dan lain-lain.
Melalui BaBuBa (Baca Buku Bareng), Nala berlatih membuat perencanan beruba proyek membaca buku bersama. Lalu menyampaikannya pada teman-teman di sekitar rumah. Ketika ada teman yang belum dapat membaca, maka Nala memberi solusi untuk membacakan buku tersebut. Terkadang Nala juga membantu tebak gambar yanga ada pada buku bagi temannya yang belum mengenal huruf. Ini sudah menunjukkan bahwa kecerdasan intelektualnya mulai terasah dan mengalami peningkatan yang cukup baik.

3. Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence)
Kemampuan seseorang mengenal Tuhannya, memahami keberadaannya sebagai seorang hamba, mengenal prinsip kebenaran, keadilan, dan kebaikan, merupakan inti dari kecerdasan spiritual. Selama proses BaBuBa berlangsung, saya melakukan beberapa aktifitas berdo'a yaitu sebelum dan sesudah kegiatan membaca selesai. Mengajak Nala untuk selalu bersyukur atas rejeki yang diberikan berupa buku-buku serta teman-teman yang baik. Nala mengenal dan belajar bahwa semua yang dimiliki adalah pemberian dari Allah SWT yang harus selalu disyukuri. Dengan bersyukur, maka rejeki akan bertambah dan semakin berkah.

4. Kecerdasan Menghadapi Tantangan (Adversity Intellegence)
Sebuah kemampuan yang mampu mengubah tantangan atau hambatan menjadi solusi dan jalan ke luar atau peluang, merupakan ruang lingkup dari kecerdasan dalam menghadapi tantangan. Ada beberapa tantangan yang kami hadapi ketika hendak mengawali family project BaBuBa ini. Diantaranya yaitu waktu, keterbatasan buku, dan lingkungan. Dengan kemampuan membaca yang telah  dimiliki Nala, saya menggunakannya sebagai salah satu solusi untuk merangkul teman sebayanya. Memotivasi bahwa siapapun bisa melakukan baca seperti Nala. Dimulai dengan diri sendiri, mengajak teman sekitar, memposting di media sosial, maka perlahan informasi tentang BaBuBa ini dapat diketahui oleh orang lain. Meski sempat pesimis terkait jumlah kehadiran, tetapi semangat Nala menunggu dan memanggil temannya, membuat kegiatan ini bisa dirasakan oleh banyak orang.
 
Baca Buku Bareng, yuk.
Setelah enam hari melakukan BaBuBa (Baca Buku Bareng) dengan segala keterbatasan yang kami miliki, maka manfaat yang ada di balik itu semua menumbuhkan semangat yang semakin menyala. Tidak berpatokan dengan seberapa banyak yang hadir, tetapi lebih pada niat untuk berbagi dan mengajak serta menebar sebuah kebaikan yang bermanfaat. Bermanfaat bagi keluarga kami dan orang-orang sekitar.

Membaca membuka jendela dunia. Banyak hal terungkap ketika lembar demi lembar kertas disingkap.
Semoga hari-hari selanjutnya bisa semakin baik.

Semangat BaBuBa.



#Harike6
#Tantangan10Hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
#OdopNovemberChallenge

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta