√BaBuBa (Baca Buku Bareng) #2
Header catatantirta.com

BaBuBa (Baca Buku Bareng) #2



BaBiBu Seru, Loh
Baca Buku Bareng (BaBuBa) di hari kedua mengalami penambahan personil. Alhamdulillah beberapa teman Nala ikut bergabung dan cukup antusias melihat buku bergambar. Persiapan BaBuBa masih sama seperti hari kemarin. Nala menyusun buku dan beberapa puzzle di atas meja kecil. Nala juga membantu saya menggelar karpet motif apel warna-warni. Semua sudah siap sekitar pukul 16:30 WIB.

Semangat Nala melakukan BaBuBa membuatnya bangun tidur siang tanpa drama. Mandi sore pun berlangsung mulus. Sedari pagi Nala sudah menyebarkan informasi tentang BaBuBa pada beberapa teman mengajinya. Saya juga mengajak para ibu yang kebetulan menemani anandanya saat mengaji. Sejujurnya masih ada keraguan dan rasa minder pada diri saya pribadi tetang BaBuBa ini. Saya masih gamang untuk mengumumkan di beberapa grup online di sekitar rumah. Ada rasa malu karena memang belum ada hal seperti ini di lingkungan tempat saya tinggal. Kekhawatiran tentang berbagai respon membuat saya masih urung untuk menyebarluaskan family project kami. Namun, perlahan saya akan mencoba membuktikan dan melakukan yang terbaik agar bisa menularkan kebaikan pada lingkungan terdekat.

Kita Baca Buku Bareng, Yuk.

Tempat yang sama yaitu di depan pintu rumah masih menjadi pilihan kami. Setelah semua persiapan selesai, Nala ke luar rumah dan menanti kehadiran teman-temannya. Lama Nala menunggu dan dia mulai terlihat gusar. Lebih dari 30 menit barulah satu teman yang sebelumnya sudah hadir berlari mendekati Nala. Mereka bersorak ketika saling bertemu sambil melompat girang.
Awalnya puzzle menjadi pilihan teman Nala, namun kemudian mereka beralih pada tumpukan buku. Saya kembali terkagum dengan cara Nala mengajak temannya untuk mau membaca.

"Mba Ica, kita baca dulu. Ini namanya BaBuBa. Kita baca buku bersama-sama." Begitu penjelasan Nala pada temannya.

Saya tersenyum bangga dan mengacungkan jempol ke arah mereka yang disambut dengan tawa khas anak-anak. Sepuluh menit kemudian, hadir beberapa teman lain yang kebetulan sedang berlari-lari di luar rumah. Suara riuh mereka membuat Nala bangkit dari duduknya dan mengaka mereka untuk bergabung.

"Teman-teman, sini. Kita baca buku bareng-bareng, yuk." Nala berteriak sambil melambaikan tangan pada teman-temannya.

Ayok, dipilih mana aja yang suka.

Satu persatu mendekat dan nampak malu-malu untuk bergabung. Saya pun membantu Nala dan mengajak mereka untuk ikut BaBuBa. Saya sodorkan beberapa buku bergambar binatang yang sudah umum mereka kenal. Usia mereka masih di bawah Nala, sekitar dua sampai tiga tahun. Gambar berwarna lebih menarik bagi mereka dari pada barisan huruf yang membentuk makna. Permainan tebak gambar saya ajukan pada mereka dan hasilnya cukup bagus. Tangan-tangan mungil itu perlahan meraih buku-buku lain dan mencari gambar pilihan mereka. Saya memberi apresiasi berupa acungan jempol, senyum semanis madu, dan wajah secerah mentari. Semua sebagai tanda bahwa apa yang mereka lakukan adalah hal yang bagus.

Proses baca buku bareng cukup seru meski lebih dominan pada tebak gambar dari pada membaca. Tetapi ini sudah menjadi sebuah potensi bahwa ada ketertarikan tentang buku pada diri mereka. Tinggal bagaimana mengasah dan memfasilitasi agar rasa tertarik itu menjadi semakin berkembang dan berbuah kebaikan. Hingga senja menjelang mereka masih asik membolak-balik buku. Namun, saya mengingatkan bahwa sudah waktunya untuk pulang. Mereka pun setuju dan saling membantu merapikan buku yang telah dibaca.

Berdasar kegiatan BaBuBa hari ini, saya mendapatkan beberapa kecerdasan yang didapat oleh Nala.
1.      Kecerdasan Emosional
Kesabaran Nala menyusun buku-buku, menanti kehadiran teman-teman, dan bersedia membantu teman-temannya membaca merupakan bagian dari meningkatkan kecerdasan emosional.
2.      Kecerdasan Intelektual
Ketika Nala mengajak teman-temannya untuk mau membaca, maka kecerdasan intelektualnya terasah. Ada unsur persuasif yang lahir secara alami dalam diri Nala.
3.      Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Menghadapi Tantangan
Saya mengajak Nala untuk bersyukur atas kedatangan teman-temannya yang cukup banyak hari ini. Membuktikan bahwa usahanya berbagi dan membaca telah menunjukkan hasil. Semangat untuk terus mau baca buku bareng pun saya sematkan agar Nala semakin termotivasi mengahadapi kegiatan BaBuBa selanjutnya.

Semangat BaBuBa !!!



#Harike2
#Tantangan10Hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
#OdopNovemberChallenge


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta