√BaBuBa (Baca Buku Bareng) #17
Header catatantirta.com

BaBuBa (Baca Buku Bareng) #17



Semangat BaBuBa (Baca Buku Bareng)
Alhamdulillah.

Segala puji bagi Allah SWT, atas segala karunia dan pemberianNya yang tak terhingga. Sebuah family project sederhana yang saya angkat sebagai tantangan di game level 3 kelas Bunda Sayang, Ibu Profesional, hari ini memasuki titik akhir. Bukan berhenti kegiatannya, tetapi berhenti membuat laporan yang disetor setiap harinya. Insya Allah akan terus dilakukan pada hari-hari berikutnya, meskipun tanpa adanya laporan. Cukup sebagai porto folio pribadi keluarga kami.

BaBuBa atau yang diperpanjang menjadi Baca Buku Bareng adalah aktifitas yang saya pilih sebagai kegiatan yang melibatkan Nala (anak), suami, dan lingkungan sekitar. Tujuan utama dari kegiatan baca buku bareng ini adalah sebagai sarana bagi Nala untuk meningkatkan kecerdasan yang ada pada dirinya. Ada empat kecerdasan yang perlu diasah dan diberdayakan sebagai bekal masa depan seorang anak. Kecerdasan emosioan, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan menghadapi tantangan.

Bersumber dari kemampuan Nala yang sudah bisa membaca dan kegemarannya pada buku, saya pun mengajaknya untuk menularkan kebiasaan baik ini pada teman-temannya. Sebelum tantangan dimulai, saya sudah berdiskusi dengan suami dan Nala terkait tujuan, manfaat, dan ruang lingkup kegiatan BaBuBa (Baca Buku  Bareng). Bermodal buku bergambar yang dimiliki Nala, kami memulai baca buku bareng dengan menggelar sebuah karpet kecil di depan rumah. Satu per satu teman sebaya Nala datang dan melihat serta berperan akif dalam aktifitas BaBuBa. Sebagian besar memang belum bisa membaca dengan lancar. Tetapi setidaknya telah ada rasa ingin belajar dan rasa suka terhadap buku.

Hari-hari berlalu dengan bermacam bumbu disetiap kegiatan BaBuBa (Baca Buku Bareng). Ada tawa, canda, dan diskusi sederhana ala anak-anak. Saya hanya sebagai pemerhati dan penengah jika ada perselisihan yang perlu diluruskan. Semua interaksi antara Nala dan teman-temannya memberi banyak manfaat bagi perkembangan kecerdasan Nala. Empat macam kecerdasan bisa dikatakan meningkat melalui kegiatan baca buku bareng ini.

Rasa  mau berbagi, sabar, memotivasi, memberi solusi, bersyukur, bertoleransi, lapang dada, empati, juga rasa peduli pada diri Nala mengalami perubahan. Berbagai macam manfaat bisa dirasakan dan terlihat efeknya pada diri Nala. Sikapnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bisa dibilang, Nala kini semakin dewasa. Usianya menginjak lima tahun dan bersiap memiliki seorang adik. Saya berharap, aktifitas apapun yang dilakukan bisa memberi banyak manfaat bagi Nala khususnya dan bagi teman-temannya juga.

Hari ke-17 di tantangan family project BaBuBa (Baca Buku Bareng) ditutup dengan moment yang snagat manis. Kerinduan Nala pada ayahnya yang tidak pulang selama 4 hari karena tuntutan pekerjaan menambah romatisme baca buku bareng. Masing-masing dari kami memilih buku dan membacanya bersama. Ayah membaca novel "Pulang" karya Tere Liye, saya membaca buku karangan chef Bara, dan Nala membaca buku bergambar tentang kelinci. Selama beberapa menit, kami larut dalam buku masing-masing. Lalu keriuhan muncul ketika Nala sudah menyelesaikan buku bacaannya.

Nala meminta sang ayah untuk membacakan kisah Nabi Allah. Kebetulan memang sudah 3 hari ini Nala selalu minta untuk dibacakan buku sebelum tidur. Sang ayah pun menuruti keinginan putri kecilnya itu. Baru mulai membaca, suara sang ayah tiba-tiba serak. Sepertinya kelelahan selepas bekerja mengusik tenggorokannya. Sang ayah pun meminta maaf atas suaranya yang parau dan meminta saya untuk melanjutkan baca kisah Nabi.

Baris demi baris kalimat terurai mengiringi lelapnya tidur Nala. Dua kisah nabi berhasil diselesaikan sebelum akhirnya Nala benar-benar tenggelam dalam mimpi indahnya. Begitu pula dengan saya dan sang ayah yang sudah mengantuk. Kami pun terlelap bersama diantara buku yang telah dibaca.

Semoga aktifitas BaBuBa (Baca Buku Bareng) tetap bisa berlanjut. Menebar virus gemar membaca dan cinta buku agar anak-anak memiliki kegiatan positif yang bermanfaat.

Semangat terus untuk BaBuBa.




#Harike17
#Tantangan10Hari
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
#OdopNovemberChallenge

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta