√Membuat Belajar Angka Selalu Menyenangkan
Header catatantirta.com

Membuat Belajar Angka Selalu Menyenangkan

Belajar Angka Itu Menyenangkan Loh

Menginjak usia ke empat tahun, saya mulai mengenalkan  Nala pada ilmu berhitung. Sebenarnya bisa saja Nala belajar di institusi formal, tetapi saya belum memasukkannya ke jenjang sekolah. Alhamdulillah saya masih bisa mengajarkan bermacam ilmu pengetahuan dan kegiatan di dalam rumah. Rumah menjadi sarana utama Nala untuk belajar, bermain, dan berpetualang. Walaupun kondisi rumah jarang sekali rapi, namun Nala masih bisa beraktifitas dengan nyaman.

Sebelumnya Nala sudah mengenal bilangan nol (0) sampai sepuluh (10). Media yang saya gunakan yaitu melalui lagu, puzzle angka, magnet angka, dan buku untuk PAUD. Setelah mengenal bilangan nol (0) sampai sepuluh (10), saya mulai menuju pada bilangan belasan hingga puluhan. Caranya masih menggunakan media yang telah saya sebutkan sebelumnya. Setiap kali merangkai angka, saya menyimak dan sesekali membenarkan apabila ada kekeliruan. Terutama untuk blilangan tiga puluh ke atas. Masih seringkali muncul kebingungan ketika Nala menyebutkan nama dari angka tersebut.

Saat ini Nala sudah bisa membaca angka sampai lima puluh. Semua saya kenalkan dengan metode bermain yang menyenangkan. Ketika Nala enggan melakukannya permainan berhitung, maka saya pun berhenti dan mencari aktifitas lain. Hal ini membuat Nala merasa senang dan tidak tertekan karena harus belajar. Bagi Nala, mengenal angka adalah bagian dari permainan yang menyenangkan. Saya selalu berusaha agar Nala tidak bosan dan selalu semangat ketika belajar angka.

Beberapa Media Untuk Belajar Angka

Menginjak proses selanjutnya, saya mencoba mengajak Nala untuk belajar penjumlahah. Ada beberapa buku yang saya jadikan modal pengenalan angka dan berhitung. Saya sengaja  mengajak Nala untuk berpartisipasi ketika membeli buku tersebut. Merekomendasikannya pada Nala dan meminta pendapatnya yang kemudian di-Amini olehnya. Jadilah kami meminang buku tersebut ke rumah dan siap untuk belajar. Nala bersemangat membuka lembar demi lembar halaman yang dipenuhi gambar. Menurut saya buku ini cukup bagus untuk mengenalkan angka dan berhitung pada anak-anak. Ada banyak gambar yang mewakili lambang angka sehingga mudah dipahami.

Pengenalan penjumlah dalam buku tersebut pun diwakili oleh gambar-gambar yang menarik. Selain itu ada perintah untuk menuliskan ulang angka sehingga anak akan semakin mengenalnya dan tertanam dalam pikiran. Ketika anak melihat contoh, membaca petunjuk kemudian menuliskan lambang bilangan maka akan semakin mudah memahami angka-angka tersebut.

Pada lain kesempatan, saya juga menggunakan media lain untuk belajar penjumlahan. Semua yang ada di sekitar rumah, misalnya boneka, bola, kertas, dan mainan lainnya. Apapun bisa digunakan sebagai sarana belajar asalkan dapat memanfaatkannya dengan baik. Hasilnya cukup bagus dan membuat Nala mulai dapat berhitung di bawah angka belasan. Meskipun masih mengunakan metode jari tangan (bukan jarimatika), Nala sudah nampak mengerti konsep penjumlahan. Dia mengeti bahwa penjumlahan membuat sesuatu atau barang akan bertambah banyak. Jadi ketika memiliki sesuatu dan bertambah, maka Nala akan senang karena miliknya semakin banyak.

Setiap kali mengajak Nala bermain, saya selalu berusaha menyertakan unsur edukasi di dalamnya. Walaupun sedikit maupun sebentar saja yang terpenting dalam keseharian Nala ada ilmu yang didapatkan. Dengan pendekatan yang menyenangkan dalam setiap aktifitas, maka Nala melakukannya dengan gembira tanpa merasa ada paksaan.

Bagi para bunda yang tengah mendampingi putra-putri di rumah, lakukan berbagai aktifitas belajar menyenangkan sehingga anak antusias melakukannya. Buat anak senang sehingga apapun ilmu yang didapat akan terserap dengan mudah dan akan terus bersemangat ketika melakukannya lagi. Terlebih lagi saat anak mulai mendapat pekerjaan rumah dari sekolahnya nanti. Apabila anak sudah mencintai ilmu maka seterusnya akan belajar dengan hati gembira. Tanpa ada teriakan atau ancaman yang akan membuat anak jadi malas untuk belajar.

Selamat mendampingi putra-putri kesayangan bunda.





#BelajarAngka
#Odopfor99days


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta