√Respon Positif Sebagai Tanda Tumbuh Kembang yang Baik
Header catatantirta.com

Respon Positif Sebagai Tanda Tumbuh Kembang yang Baik



Belum Satu Bulan Sudah Banyak Polahnya

Ketika seorang bayi lahir, maka ada proses pemutusan tali pusar. Tali pusar pada bayi perlu dirawat dengan sangat hati-hati. Hal ini bertujuan agar tidak ada infeksi bakteri. Jika zaman dulu luka tali pusar diberi obat merah, maka lain halnya dengan sekarang. Berdasarkan anjuran dokter, tali pusat sebaiknya tidak diberi obat merah. Cukup dengan kasa yang mengandung alkohol. Bahkan sekarang sema serba mudah, jadi sudah tersedia semacam tisu basah berbentuk kemasan/sachet yang mudah dipakai. Tinggal dibuka kemudian diikatkan pada tali pusat.

Alhamdulillah, tali pusat Nala cepat kering dan lepas sendiri pada hari ke tujuh. Saya melihat tidak ada rasa sakit yang dialami oleh Nala. Semua berjalan normal tanpa ada drama yang mengkhawatirkan. Ini menandakan bahwa pelepasan tali pusar berlangsung sempurna. Hasilnya pun cukup bagus. Pusar Nala condong ke dalam alias tidak bodong.

Seminggu kelahiran Nala, banyak sanak saudara dan tetangga yang berkunjung. Saya bersyukur memiliki mereka yang peduli dan menyayangi kami. Hampir setiap hari, ada saja tetangga yang datang. Mereka membawa bermacam bingkisan sebagai ucapan selamat dan turut berbahagia. Ya, rumah kami banjir hadiah segala perlengkapan bayi. Mulai dari baju sampai peralatan MPASI pun sudah hadir di rumah kami. Lagi-lagi kami terus bersyukur dan bahagia.

Pertumbuhan Nala semakin hari mengalami banyak kemajuan. Saya melakukan beberapa uji sederhana untuk menguji keaktifan panca indra pada tubuhnya. Indra penglihatan Nala saya uji melalui daya tangkap pada sebuah sumber cahaya. Saat itu saya mematikan lampu kemudian menyalakannya. Kegiatan ini saya lakukan secara berulang-ulang. Nala merespon dengan mengedip-ngedipkan matanya setiap kali cahaya lampu muncul. Ini menandakan bahwa penglihatannya berfungsi dengan baik.

Dilain kesempatan saya menguji indra pendengarannya melalui panggilan dan mainan. Saya memanggil nama Nala dan mengajaknya berkomunikasi. Responnya pun baik, ia memandangi saya sambil menggerakkan mulutnya seakan membalas apa yang saya ucapkan. Selain mengajaknya berkomunikasi, saya juga membunyikan mainan bayi yang gemerincing. Nala juga menanggapi dengan menoleh ke arah sumber suara. Kepalanya bergerak mengikuti suara berisik yang dihasilkan dari mainan tersebut. Pengujian indra pendengaran berlangsung sempurna.

Pengujian selanjutnya yaitu pada indra peraba dan perasa. Dalam hal ini bukan lidah yang saya uji, tetapi tingkat sensitifitas kulit. Ketika saya menyentuh bagian tubuh Nala, seperti tangan, kaki, dan dahi, maka Nala akan meresponnya dengan menggerakkan bagian tubuh tersebut. Keaktifan ini mencerminkan bahwa tubuhnya merasakan sentuhan dan dapat merespon balik melaui gerakan.

Semua uji sederhana terhadap panca indra Nala saya lakukan sebagai wujud antisipasi fungsi anggota tubuhnya. Minimal saya tahu dan yakin bahwa anak saya memiliki fisik dan fungsi tubuh yang sempurna. Jika pun ditemukan kejanggalan atau kelainan, maka akan dapat diatasi sedini mungkin.

Alhamdulillah seluruh anggota tubuh Nala tumbuh dengan baik tanpa keurangan suatu apapun. Saya sebagai ibunya terus berusaha melakukan yang terbaik agar Nala dapat tumbuh sehat. Menjaga dan mengawasi tumbuh kembang Nala adalah kewajiban saya sebagai orang tuanya. Semua saya lakukan untuk memberi yang terbaik.

Bagi para ibu dan calon ibu, perbanyak informasi seputar tumbuh kembang bayi. Bergabunglah dengan komunitas yang memberi banyak ilmu seputar dunia anak. Jangan sungkan dan ragu untuk bertanya pada ibu yang sudah berpengalaman. Apabila ragu dan bingung dalam menangani anak, segera konsultasikan pada ahlinya. Hubungi dokter spesialis anak atau minimal bidan terdekat agar bayi mendapat penanganan yang baik dan tepat.

Semangat menemani tumbuh kembang anak. Jadikan mereka generasi yang sehat dan kuat.
Salam ibu bahagia.




#30DWCjilid13
#Day8
#Odopfor99days

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta