√Curhat Sehat Membawa Manfaat
Header catatantirta.com

Curhat Sehat Membawa Manfaat

Jamu Sehat Alami dan Segar

Mommy mana yang kalau ngumpul tidak suka cas cis cus ngalor ngidul? 
Saya rasa semua senang curhat apapun, tentang apapun juga.
Nah kali ini saya mau berbagi curhatan ala mommy yang berdampak positif dan menguntungkan.

Ceritanya seperti biasa saya sedang nongkis (nongkrong manis) bareng mommy lain pengantar anak mengaji. Waktu yang selalu kami siapkan setiap pagi di hari senin sampai dengan jum'at. Mulai pukul 09:00 - 11:30 WIB, kami menemani anak-anak mengaji sambil ngobrol apa saja. Alhamdulillah celotehan kami lebih banyak obrolan yang manfaat dari pada yang kurangnya.

Kali ini kami ngobrol cantik seputar dunia kesehatan. Mengeluarkan bermacam keluhan yang memang sering dialami oleh ibu-ibu seperti kami. Kami mengungkapkan gejala yang hampir sama seputar kesehatan wanita. Kemudian kami curhat santai sambil mencari solusi yang sekiranya cocok dan baik untuk menjaga kesehatan.

Salah satu alternatif mengatasi keluhan-keluhan tersebut adalah dengan meminum jamu tradisional. Diantaranya jamu kunyit asem, sirih, jahe, beras kencur dan lain-lain. Kesemua jenis jamu tersebut bisa didapat dengan mudah pada pedagang jamu di sekitar komplek tempat kami tinggal.

Satu demi satu dari kami menceritakan pengalaman selama mengonsumsi jamu yang dijajakan oleh beberapa tukang jamu. Masing-masing dari kami menjabarkan kelebihan dan kekurangan produk dari para tukang jamu tersebut.
Maafkan ya, bude-bude dan mbak-mbak penjual jamu. Mungkin telinganya agak panas atau berdengung gara-gara kami jadikan bahan pembicaraan. Namun jangan salah pengertian ya, kami bukan bergunjing. Kami hanya mengutarakan apa yang kami rasakan selama menjadi konsumen para pedagang jamu. Kami tujuannya saling share pengalaman saja, tanpa ada maksud menjelekkan atau menjatuhkan. Semua kami diskusikan sebagai bahan solusi atas permasalahan yang sedang kami alami.

Bermacam pendapat mulai bermunculan. Masing-masing dari kami saling menghargai dan menghormati. Karena setiap orang tentu punya impak yang berbeda meski menggunakan satu produk yang sama.
Setelah mengumpulkan bermacam pendapat, tibalah pada sebuah kesimpulan bahwa solusi yang paling mudah dan tentu dijamin lebih sehat adalah membuat jamu sendiri. Meracik bahan-bahan jamu kemudian mengolahnya sendiri. Tentu hasilnya lebih higienis, jauh dari bahan pengawet, serbuk instan dan pewarna makanan.
Solusi ini di-Amini oleh kami dengan catatan buang jauh rasa malas dan mau bejibaku di dapur. Bersiap menghias jemari tangan dengan warna kuning kunyit yang cantik dan semerbak harumnya jahe.


Berikut resep sederhana dari seorang mommy yang rajin membuat jamu sendiri.
Resep jamu kunyit asem oleh Bunda Nadia.


Bahan-bahan :
~        3 ruas kunyit sebesar jari telunjuk
~        3 buah jahe ukuran 2cm
~        3 lembar daun Binahong
~        Asam jawa ( secukupnya )
~        Gula jawa atau gula meras ( secukupnya )
~        Garam ( secukupnya )
~        Air secukupnya

Cara membuat :
Bersihkan kunyit dan jahe, kemudian digeprek. Cuci daun Binahong dengan air mengalir. Masukkan kunyit, jahe, daun Binahong, gula jawa, garam, asam jawa, dan air ke dalam wadah. Rebus dengan api sedang hingga mendidih. Matikan api dan diamkan beberapa saat. Lalu saring hasil rebusan dan simpan dalam wadah. Jamu sehat siap diminum baik dalam kondisi hangat ataupun dingin. Apabila ingin dikonsumsi beberapa kali, masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas. Jamu sehat, mudah, cepat, dan praktis.

Jamu yang dibuat sendiri ini lebih terjamin bahan dan kebersihannya. Jamu sehat ini juga memiliki banyak khasiat.
1.      Kunyit
Tumbuhan herbal ini mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu mengurangi rasa sakit saat haid, membantu melancarkan ASI, mengurangi gejala keputihan, melancarkan haid, membuat kulit lebih bersih, mengurangi jerawat, dan lain-lain.
2.      Daun Binahong
Banyak orang yang tidak mengenal tanaman herbal ini. Daun binahong memang sudah susah didapatkan. Padahal khasiatnya cukup banyaak bagi kesehatan. Manfaat daun binahong yaitu mengobati penyakit kanker, magg, paru-paru, mengobati luka, melancarkan haid, dan menambah stamina.
3.      Jahe
Jahe merupakan tanaman multifungsi. Selain sebagai bumbu rempah-rempah, jahe juga merupakan tanaman obat kaya manfaat. Mengkonsumsi rebusan jahe dapat mengurangi peradangan, menghangatkan badan, membantu menghilangkan jerawat, mengatasi perut mulas, menurunkan berat badan, dan lain-lain.
4.      Asan Jawa
Layaknya jahe, asam jawa juga merupakan tanaman rempah dan juga herbal. Khasiat asam jawa diantaranya yaitu mengatasi darah rendah, mengobati nyeri haid, mengobati batuk kering, dan mengurangi asma.
5.      Gula jawa / gula merah
Sebagai pelengkap dan penyeimbang rebusan berbagai tanaman herbal, maka gula jawa sangatlah cocok karena rasa manisnya dapat menambahkan rasa manis sehingga jamu terasa lebih enak

Nah, itu tadi beberapa manfaat dari komposisi jamu sehat yang dapat dibuat sendiri di rumah. Jamu sehat ini dijamin lebih higienis, segar, sehat, dan paling penting tanpa pewarna maupun pemanis buatan.

Perlu diperhatikan bahwa takaran bahan-bahannya bisa diubah sesuai selera. Terutama apabila tidak memiliki daun binahong, maka dapat diganti dengan daun sirih. Tanpa daun binahong maupun daun sirih pun jamu sehat tetap memiliki banyak manfaat.

Silahkan mencoba.


Sumber tambahan :
~        http://khasiatdaun.com/10-manfaat-dan-khasiat-daun-binahong/
~        https://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2017/03/khasiat-air-jahe.html
~        https://manfaat.co.id/35-manfaat-asam-jawa-bagi-kesehatan-yang-teruji


Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta