√Bayi Tanpa Tanda Lahir
Header catatantirta.com

Bayi Tanpa Tanda Lahir


Selimut Berwarna Merah Muda mewakili Jenis Kelamin Anak Perempuan

Nalaheta
Nama yang kami persembahkan untuk putri pertama yang mewarnai kehidupan menjadi lebih indah. Seorang bayi perempuan yang lahir dengan berat badan 3.032kg dan panjang 49cm. Nala terlahir tanpa tanda lahir di tubuhnya. Eh, tapi jangan salah, sekarang di tubuhnya bermunculan tahi lalat di beberapa tempat.

Ketika Nala lahir, petugas medis menyampaikan jenis kelamin, berat bada, dan panjang panjang. Kemudian mereka memberitahukan tidak ada tanda lahir pada tubuh Nala. Mereka segera memberi gelang tanda pengenal sebagai identitas bayi. Kebetulan banyak bayi yang lahir sepekan terakhir. Gelang pada bayi mempermudah para orangtua mengenali anak mereka yang baru saja lahir. Percaya atau tidak, dalam satu ruangan terdiri dari bayi laki-laki dan perempuan yang semuanya nampak sama. Wajah mereka begitu mirip satu dengan lainnya. Pembeda antara bayi laki-laki dan perempuan sangat nampak dari warna selimut yang berbeda. Bayi laki-laki mengenakan selimut berwarna biru, sedangkan untuk bayi perempuan terbalut selimut merah muda. Nah ketika bayi dengan jenis kelamin sama disejajarkan, maka mereka seakan bayi kembar.

Gelang di tangan mereka yang menjadi identitas utama. Selain gelang, ada juga papan kecil di box bayi yang bertuliskan nama orang tua mereka. Ini berfungsi agar tidak tertukar sehingga para suster dapat mengembalikan bayi pada tempatnya masing-masing. Ketika ada pengunjung yang ingin melihat bayi saudara atau teman mereka, maka ada waktu khusus pergelaran bayi. Saya menamai moment ini dengan sebutan baby show.

Sebuah tirai besar dibuka setiap pukul sepuluh sampai sebelas pagi. Tirai ini menutupi kaca tembus pandang yang menjadi tempat bayi-bayi dipertunjukkan. Para pengunjung dapat mengenali bayi yang mereka lihat dari papan box maupun gelang pada bayi.  Seringkali para pengunjung sengaja datang untuk melihat baby show meskipun diantara mereka tidak ada bayi dari sanak saudara atau teman mereka. Melihat wajah-wajah bayi yang menggemaskan menjadi pemandangan yang menyenangkan.

Nala memang terlahir tanpa tanda khusus di tubuhnya. Namun demikian tidak membuatnya tertukar dengan bayi lain karena ada gelang dan papan box yang menjadi identitasnya bersama bayi-bayi lain. Kami sempat khawatir bayi kami akan tertukar, namun pihak rumah sakit memastikan bahwa setiap bayi aman dengan identitas mereka masing-masing. Lagi pula ketika lahir, setiap orangtua diberi kesempatan untuk melihat bayi mereka dan mengenali wajahnya dengan baik.


#30DWC
#Day 3
#Odopfor99Days

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta