√Aqiqah Sebagai Wujud Syukur Atas Kehadiranmu
Header catatantirta.com

Aqiqah Sebagai Wujud Syukur Atas Kehadiranmu

Prosesi Pemotongan Rambut oleh Pak Ustad



Lima hari berlalu begitu cepat sejak ada kamu dalam keluarga ini. Ayahmu sedang sibuk mempersiapkan acara aqiqah sebagai rasa syukur atas hadirmu diantara kami. Rencananya aqiqah akan kami laksanakan tujuh hari setelah kelahiranmu ke dunia. Sebuah catering jasa penyediaan aqiqah telah dihubungi dan bersedia membantu pengadaan segala keperluan aqiqah.

Aqiqah merupakan penyembelihan kambing sebagai rasa syukur dan terima kasih pada Allah SWT. Peraturannya yaitu satu ekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing jika anaknya adalah seorang bayi laki-laki. Aqiqah tidak diwajibkan, akan tetapi alangkah baiknya jika dilaksanakan oleh para orang tua atas anugerah seorang anak.

Hari minggu malam acara aqiqah dilaksanakan secara sederhana. Kami mengundang tetangga terdekat untuk hadir dan mendo'akanmu. Setelah prosesi aqiqah selesai, kami membagikan paket nasi pada para tetangga. Semua kami lakukan sebagai hamba yang mengikuti ajaran agama dan bersyukur atas hadirnya dirimu.

Dalam acara aqiqah ada moment pemotongan rambut bayi yang kemudian rambut tersebut ditimbang. Hasil timbangan dari berat rambutn tersebut merupakan nilai sedekah yang sebaiknya dikeluarkan oleh orang tua. Selama aqiqah berlangsung, kamu begitu tenang bahkan sampai tertidur.

Hai, Nak. Saat itu kamu terlahir dengan rambut tipis dan halus. Jumlahnya tidak mampu menutupi besarnya lingkar kepalamu. Pasca pemotongan rambut di acara aqiqah, kepalamu nampak polos dan kemerahan. Hingga usia dua tahun barulah nampak agak tebal dan hitam serta mampu menutupi bagian luar dari kepalamu.




#30DWCjilid13
#Day5

Posting Komentar

Terima kasih sudah main ke Catatan Tirta